Kartu Debit: Fasilitas Mendasar dalam Transaksi Perbankan

fasilitas mendasar dalam transaksi perbankan

Jika Anda membuka rekening di bank, baik bank tingkat nasional maupun daerah, Anda pasti akan dibekali dengan kartu ATM. Namun, hanya beberapa bank bertaraf nasional saja yang kartu ATMnya berfungsi pula sebagai kartu debit. Di Indonesia sendiri, lebih banyak orang yang menggunakan kartu debit daripada kartu kredit. Walaupun di Indonesia kartu kredit sudah dikenal luas, kartu debit masih menjadi fasilitas perbankan yang paling digemari.

Alasan kartu debit menjadi pilihan nomor satu adalah karena prosesnya yang tidak rumit. Saat membuka rekening, Anda langsung diberi kartu debit yang juga berfungsi sebagai kartu ATM. Dokumen yang dibutuhkan pun sudah termasuk dalam dokumen yang Anda serahkan ke bank saat membuka rekening. Berikut faktor tambahan yang menjadikan kartu debit fasilitas primer bagi nasabah perbankan di Indonesia.

Alat Pembayaran Tanpa Hutang

Tidak perlu diragukan lagi bahwa bagi orang Indonesia, memiliki kartu debit adalah sebuah keharusan. Salah satu keunggulan kartu debit adalah dimungkinkannya nasabah untuk berbelanja tanpa berhutang. Saat proses belanja selesai, maka selesai pula masalah pembayaran. Anda tidak perlu lagi memikirkan cicilan seperti pembelanjaan menggunakan kartu kredit.

Dengan kartu debit, nasabah dipaksa untuk berbelanja sesuai saldo yang tersedia di dalam rekening. Meskipun nasabah tidak selalu ingat persis jumlah saldo dalam rekeningnya, kartu debit yang ia gunakan akan tertolak secara otomatis jika tidak mencukupi jumlah yang harus dibayarkan di kasir. Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan kartu debit, penting untuk memeriksa saldo di rekening Anda secara rutin.

Lebih Berhati-hati dalam Berbelanja

Melakukan pembelanjaan tanpa hutang artinya nasabah dipaksa untuk berbelanja sesuai saldo yang ada. Berbelanja dengan kartu debit juga menghindarkan nasabah dari sikap boros, karena transaksi yang dilakukan sama saja sistemnya seperti membayar tunai. Pengguna kartu debit juga dipaksa untuk menjadi pembeli yang selektif. Anda akan menghindari pembelian barang yang tidak penting atau yang terlampau mahal, karena Anda tidak dapat berhutang.

Pengguna kartu debit juga perlu lebih disiplin dalam menjaga keamanan PIN kartunya, terutama saat melakukan pembelanjaan. Kebanyakan orang melakukan hal ini dengan menutupi tombol PIN yang sedang ditekan. Jika tidak ingin repot memasukkan PIN, ada alternatif mudah lainnya yaitu menggunakan kartu Flazz. Banyak minimarket, supermarket, dan toko-toko lainnya yang kini dapat menerima pembayaran dengan kartu Flazz. Selain tidak perlu memasukkan PIN, Anda juga dapat melakukan top up saldo kartu Flazz Anda di merchant bertanda Flazz atau mesin ATM terdekat.

Penyelamat Saat Butuh Uang Tunai

Selain kemudahan dalam bertransaksi, kartu debit juga dibutuhkan untuk penarikan uang tunai di ATM atau merchant-merchant tertentu. Meskipun saat ini banyak tempat yang dapat menerima pembayaran menggunakan uang plastik seperti kartu debit dan kartu kredit , namun uang tunai tetap harus tersedia di dompet untuk membayar biaya-biaya yang sifatnya kecil, seperti jasa angkutan umum atau transaksi di pasar tradisional.

Saat ini makin banyak minimarket dan supermarket yang menyediakan jasa penarikan uang tunai. Galeri ATM pun makin marak, tidak hanya di pusat perbelanjaan seperti mal, melainkan juga di pasar tradisional dan kompleks perkantoran.

Alat untuk Mengakses Fasilitas Lain

Pengguna kartu debit juga dipermudah dengan menu-menu tambahan di mesin ATM. Selain berbagai macam fungsi di atas, kini Anda dapat juga membayar tagihan bulanan menggunakan kartu debit di ATM seperti tagihan listrik, air, telpon, dan iuran televisi kabel. Anda juga dapat melakukan pembayaran lain seperti sumbangan dan membeli pulsa untuk ponsel Anda.

Kartu debit juga memungkinkan Anda untuk mengakses ebanking. Internet banking harus dibuka dengan pendaftaran melalui ATM, yaitu dengan menggunakan kartu debit. Dengan layanan internet banking, Anda dapat berbelanja di dunia maya. Internet banking juga mempermudah kegiatan perbankan Anda tanpa harus pergi ke bank. Anda dapat memeriksa jumlah saldo rekening, mentransfer uang, membayar tagihan, dan lain-lain. Jika Anda ingin catatan keuangan dalam bentuk kertas, cukup cetak catatan transaksi perbankan Anda. Semuanya dapat Anda lakukan di mana pun Anda berada, asal Anda memiliki token yang bisa didapatkan di bagian customer service bank yang bersangkutan.

Kartu debit adalah kartu multifungsi yang harus Anda jaga baik-baik. Jika kartu debit Anda hilang, segeralah hubungi pusat pelayanan atau call center bank Anda untuk memblokir kartu tersebut. Anda juga disarankan untuk secara rutin mengganti PIN agar uang dalam tabungan Anda aman dari pembobolan di mesin ATM.

Jika Anda menyukai artikel di atas, baca Rahasia Memperoleh dan Mengelola Kartu Debit di situs kami.

Komentar