Kartu Kredit Digital Menjawab Keinginan Banyak Konsumen di Indonesia

Kartu Kredit Digital Menjawab Keinginan Banyak Konsumen di Indonesia

Pernah mendengar istilah digital credit card?

Pemegang kartu kredit di Indonesia tidak sampai 10% dari total jumlah penduduknya. Ada banyak alasan kenapa kartu kredit dirasa “menakutkan” bagi orang Indonesia. Dua alasan yang paling sering kita dengar adalah proses persetujuannya dan kepercayaan bahwa kartu kredit membuat boros.

Oleh karena itu, muncul layanan keuangan serupa kartu kredit namun berbentuk aplikasi yang disebut digital credit card atau kartu kredit digital.

Ada dua pemain utama dalam layanan digital credit card di Indonesia. Pertama adalah Kredivo, dan yang kedua adalah OVO.

Kredivo

Dalam hal pemberian kredit, Kredivo memang merupakan pemain lama. Perusahaan ini menyediakan layanan yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati kredit belanja layaknya memiliki kartu kredit.

Mereka telah bekerjasama dengan sekitar 250 merchant untuk memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk berbelanja.

Adapun cara kerja dari Kredivo sama dengan kartu kredit umumnya. Di mana pengguna memiliki limit kredit sesuai dengan hasil penilaian pihak Kredivo. Pengguna bisa berbelanja sesuai limitnya, dan harus membayar tagihan kredit tepat waktu.

Fasilitas cicilan 0% juga tersedia bagi pengguna Kredivo. Jadi tidak mengherankan kalau banyak yang mulai melirik fasilitas digital credit card ini.

Persyaratan

Bagi Anda yang ingin menggunakan Kredivo, berikut ini adalah persyaratannya.

  1. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Berusia di atas 18 tahun
  3. Minimal gaji Rp 3 juta
  4. Domisili di area layanan Kredivo (Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Pulau Bali, Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, Sukabumi)

Sedangkan untuk memperbesar peluang pengajuan Anda disetujui, baiknya Anda tersambung dengan internet banking untuk penerimaan gaji. Serta pastikan aliran keuangan Anda sehat. Idealnya, total utang atau kredit tidak lebih dari 30% gaji bulanan.

Kredivo

Kredivo

Aplikasi pinjaman tanpa bunga dalam 30 hari.

OVO PayLater

Dengan memiliki ribuan merchant rekanan, OVO menjadi salah satu e-wallet dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Dalam penyediaan kartu kredit digital, atau digital credit card, OVO hadir dengan fitur PayLater.

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berbelanja dulu, lalu membayar nanti sebagaimana menggunakan kartu kredit. OVO PayLater juga menyediakan layanan cicilan dengan pilihan tenor 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Sebagaimana sistem yang digunakan pada kartu kredit, OVO PayLater juga memberikan limit kredit bagi setiap penggunanya. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal klik tombol PayLater pada merchant tempat Anda berbelanja.

Persyaratan

  1. Umur akun OVO minimal 4 bulan
  2. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Medan, Palembang, Makassar, Pekanbaru, Semarang, Surakarta, dan Malang
  3. Upgrade ke OVO Premier
  4. Upload KTP dan isi identitas diri

Adapun lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses pendaftaran adalah 5 menit. Kemudian, persetujuan aktivasi membutuhkan waktu 1 jam.

Mengapa menggunakan kartu kredit digital?

Tentu ada berbagai alasan kenapa banyak yang lebih menyukai penggunaan kartu kredit digital. Berikut adalah beberapa alasan yang kami himpun dari berbagai sumber seperti surat kabar dan situs penyedia layanan ini.

Mudah dan praktis

Di zaman digital ini, faktor kepraktisan selalu menjadi nilai lebih setiap layanan, begitupun dengan layanan keuangan.

Penggunaan kartu kredit digital ini dianggap lebih praktis dibandingkan dengan kartu kredit konvensional. Hal ini karena pengguna cukup klik pada tombol yang sudah ada, mengingat merchant sudah terkoneksi dengan sistem penyedia kartu kredit digital.

Selain itu, karena fitur kartu kredit digital merupakan bagian dari e-wallet, para pengguna tidak perlu membuat banyak akun untuk menggunakan layanan keuangan ini.

Pendaftaran lebih mudah

Pendaftaran yang dilakukan secara online tanpa perlu perantara atau agen menjadikan prosesnya lebih praktis. Cukup menunggu dalam hitungan jam untuk mendapatkan persetujuan aktifasi akun.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi yang diinginkan, lalu upload foto KTP dan mengisi formulir dengan lengkap. Selanjutnya, tunggu persetujuan untuk mengaktivasi kartu kredit digital Anda.

Limit yang cukup

Walaupun online, bukan berarti para penyedia kartu kredit digital ini memberikan limit yang sedikit.

Pada awal pemilikan akun, limit Anda bisa saja hanya sekitar Rp 1 juta. Namun, sesuai dengan riwayat kredit nantinya, Anda bisa mengajukan kenaikan limit.

Bunga rendah

Perlu diingat bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi semua layanan keuangan baik online maupun offline.

Oleh karenanya, ketentuan bunga dan denda harus sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh OJK. Di mana bunga tidak boleh lebih dari 1% per hari. Kartu Kredit digital menerapkan bunga cicilan yang jauh lebih rendah dari pinjaman online karena disesuaikan dengan barang yang dibeli. Biasanya antara 2% sampai 3% per bulan.

Mereka juga sering bekerjasama dengan merchant untuk mengadakan promo seperti bunga cicilan 0%. Jadi pada dasarnya, menggunakan, kartu kredit digital, bisa dikatakan, lebih praktis dibandingkan dengan kartu kredit konvensional.

Mengenai fasilitas ini, kami juga pernah mewawancarai pihak Kredivo untuk memberikan keterangan lebih mendalam mengenai produk mereka.

Komentar