Resep Sukses Sri Mulyani Agar Tetap Optimis di Masa Darurat Corona

Resep Sukses Sri Mulyani Agar Tetap Optimis di Masa Darurat Corona

Di masa darurat wabah Corona ini, semua orang bahkan media menyampaikan informasi-informasi yang, seringkali, membuat panik. Oleh karena itu, kami ingin menyajikan selingan informasi yang ringan dan penuh inspirasi.

Inspirasi kali ini datangnya dari Sri Mulyani, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia. Wanita kelahiran Bandar Lampung ini memiliki sejumlah prestasi bahkan sebelum menjabat Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Berikut ini beberapa kata bijak dari Sri Mulyani sebagai inspirasi Anda di akhir pekan.

Menghadapi kekecewaan

“Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.”

Dalam menggapai impian kita, baik itu berupa karir atau impian finansial, rintangan bahkan kegagalan terkadang tidak bisa dihindari. Semua kejadian di luar harapan ini pastinya menimbulkan rasa kecewa.

Ada yang menyerah, namun akan lebih baik jika Anda terus bekerja keras sehingga apa yang dicita-ditakan tercapai. Salurkan rasa kecewa Anda dengan bekerja lebih baik lagi. Pada akhirnya, keberhasilan akan terasa lebih manis setelah berhasil melewati rasa kecewa.

Apa itu keberhasilan?

“Untuk saya, definisi keberhasilan dan juga kemenangan ada 3, yakni: Selama saya berpegang teguh pada kejujuran dan tak menghianati kebenaran, selama saya tidak melakukan pengingkaran terhadap hati nurani saya, dan selama saya bisa menjaga martabat serta harga diri saya dengan baik.”

Tentu saja ada banyak cara menuju keberhasilan. Namun, tidak semua cara bisa membuat Anda puas akan keberhasilan yang dicapai. Misalnya, Anda berhasil tapi tidak dengan cara yang jujur.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin Anda pernah melihat apa yang umum disebut sebagai politik kantor. Di mana rekan-rekan kerja berebut kedekatan dengan atasan, bukan dari hasil karyanya. Bahkan, tidak jarang hal ini menyingkirkan para karyawan yang baik.

Lalu apakah mereka bisa disebut berhasil, jika perusahaan mengalami kemunduran pelan-pelan? Mungkin mereka akhirnya menduduki posisi yang lebih tinggi, tapi tinggal menunggu waktu untuk perusahaannya hancur.

Nah, berkaca dari kata bijak ini, kejujuran dan etika kerja yang benar mungkin tidak membuat Anda menuai banyak pujian. Namun, Anda akan menang pada akhirnya, atau setidaknya selamat dari kehancuran.

Mengatur keuangan

“Pengelolaan anggaran yang dilakukan dengan baik bukan hanya menunjukkan kualitas ekonomi yang baik saja, namun hal ini juga akan menunjukkan martabat dan juga kualitas sebuah bangsa yang baik.”

Kutipan ini bisa kita jadikan inspirasi untuk kehidupan finansial sehari-hari. Alsannya, jika Anda memiliki manajemen keuangan yang baik, bukan hanya Anda menunjukkan kualitas kehidupan finansial yang baik. Lebih dari itu, Anda menunjukkan kepribadian yang baik pula kepada orang-orang sekitar.

Mengapa demikian? Karena untuk mampu mengatur keuangan dengan baik, Anda harus memiliki pengetahuan dan sikap disiplin yang mendukung. Misalnya, Anda memilih hidup sederhana dan berinvestasi untuk masa depan. Contoh lain, Anda membeli mobil bekas, namun membeli rumah di area strategis karena nilainya akan terus meningkat.

Nah, untuk bisa melakukan keputusan finansial yang tepat seperti di atas, Anda juga harus memiliki pola pikir yang benar. Salah satunya adalah tidak gengsi.

Layanan untuk semua orang

“Lakukan apa yang terbaik untuk kebanyakan orang, bukan hanya beberapa.”

Sebenarnya arti dalam kalimat ini adalah, membuat kebijakan atau keputusan ekonomi yang baik untuk masyarakat luas, bukan hanya elit atau segelintir orang kaya.

Pada implementasi pada kehidupan kita sehari-hari, kita bisa mengartikan Sri Mulyani ini untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama. Memang, pekerjaan apapun yang kita lakukan tujuannya adalah untuk mendapatkan uang. Hanya saja jika uang adalah satu-satunya tujuan utama, maka kita tidak bisa berkembang.

Menjalankan usaha atau pekerjaan yang didasarkan pada pelayanan bagi sesama dapat memotivasi Anda stiap hari untuk bekerja labih baik lagi. Juga dapat menjadi motivasi agar Anda dapat mengembangkan karir, sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

Menikmati pekerjaan

“Saya selalu menikmati setiap pekerjaan yang saya lakukan, karena kondisi seperti inilah yang saya inginkan ketika saya menerima pekerjaan apapun di dalam hidup saja.”

Jika Anda bekerja, pasti suatu saat akan merasa lelah. Namun, jika Anda lelah tapi tetap bersemangat untuk bekerja lagi keesokan harinya, artinya Anda menikmati pekerjaan.

Menikmati pekerjaan juga bisa membuat Anda tumbuh dan berkembang. Ketertarikan Anda pada bidang pekerjaan, bisa menjadi motivasi untuk memperdalam skill, atau menambah pengetahuan baru yang bisa diimplementasikan dalam pekerjaan.

Hal ini akan berpengaruh positif pada kinerja pekerjaan Anda, yang akhirnya bisa meningkatkan karir Anda. Jadi, jangan lupa untuk menikmati pekerjaan Anda sehari-hari.

Dari 5 kata bijak atau quotes di atas, mana yang paling berkesan untuk Anda? Tentunya juga masih banyak hal lain yang dapat kita teladani dari sosok Sri Mulyani.

Simak juga resep dari Tanah Minang tentang pengaturan keuangan agar kehidupan finansial Anda terus meningkat.

 

Sumber image : commons.wikimedia

Komentar