5 Kebiasaan Finansial Yang Lebih Penting Daripada Resolusi

5 Kebiasaan Finansial Yang Lebih Penting Daripada Resolusi

2018 sudah menyapa, pastinya banyak yang sudah membuat resolusi untuk tahun ini. Baik itu resolusi untuk kehidupan profesional, pribadi, maupun untuk kehidupan finansial Anda.

Berbicara tentang finansial, kira-kira resolusi apa yang Anda buat untuk keuangan Anda tahun ini?

Kita semua menyadari bahwa resolusi atau target finansial hanya akan tercapai dengan kedisiplinan dan kebiasaan sehat yang kita lakukan. Oleh karenanya, kali ini kami akan memberikan informasi tentang kebiasaan sehat yang membantu kehidupan finansial Anda di tahun 2018.

1. Menambah pengetahuan tentang finansial

Menambah pengetahuan tentang finansial harus menjadi kebiasaan di tahun 2018. Mulailah untuk mencari berbagai informasi tentang tips menabung, investasi, asuransi, atau informasi keuangan umum lainnya. Semua informasi ini bisa didapatkan lewat buku, seminar, atau website. Salah satu sumber yang menyediakan berbagai informasi mengenai pengetahuan keuangan adalah Pusat Pengetahuan di situs ini.

Dengan memiliki pengetahuan ini, Anda bisa membuat perencanaan dan target keuangan yang lebih realistis. Selain itu jika Anda berniat untuk meningkatkan penghasilan, maka Anda membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana caranya melihat peluang investasi yang ada di sekitar Anda. Baik itu investasi berupa property, emas, atau deposito.

Misalnya Anda ingin memiliki sejumlah dana yang bisa dikelola untuk menghasilkan keuntungan di masa depan. Maka Anda harus mencari tahu jenis bisnis atau investasi apa yang bisa Anda lakukan, seberapa besar risiko yang berani Anda tanggung, serta apakah jenis investasi yang aman dan bisa trus berjalan. Pengetahuan tentang pengaturan keuangan untuk untuk masa depan ini juga harus Anda miliki jika tidak ingin merugi karena lalai dalam mengantisipasi risiko atau mengatur keuangan.

Secara pribadi, pengetahuan finansial dibutuhkan untuk bisa mengatur uang yang Anda miliki untuk keperluan sehari-hari maupun jangka panjang. Banyak mencari informasi juga akan membantu dalam membentuk pola pikir Anda mengenai uang. Karena pada banyak kasus, kegagalan finansial seseorang tidak disebabkan oleh sedikitnya uang yang dimiliki, namun karena dia tidak tahu bagaimana mengelola uang yang dimiliki.

Biasakanlah untuk menyisihkan beberapa menit sebelum tidur untuk membaca. Kalau Anda sibuk, maka sisihkanlah akhir pekan untuk mencari berbagai informasi mengenai finansial.

2. Menjaga gaya hidup sehat

Jangan meremehkan kesehatan Anda. Memiliki kesehatan yang baik akan membantu Anda secara finansial. Hal ini karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan atau membeli asupan khusus karena kondisi penyakit tertentu.

Selain dapat menghindari biaya perawatan, menjaga kesehatan juga menjadikan Anda bisa melakukan banyak kegiatan produktif yang berkontribusi pada penghasilan Anda. Seperti menjalankan bisnis sampingan sepulang kerja, atau pergi ke seminar saat akhir pekan. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan lebih baik.

Di sisi lain, jika Anda memiliki kondisi badan yang tidak sehat, maka kesempatan Anda untuk menjadi lebih produktif akan berkurang. Sedangkan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari terus berjalan. Kondisi tubuh yang tidak sehat juga menyebabkan pengeluaran ekstra untuk biaya perawatan dan pengobatan. Tanpa persiapan untuk kondisi darurat yang baik, badan yang tidak sehat bisa mempengaruhi kehidupan finansial Anda. Jangan sampai tabungan Anda defisit karena Anda tidak menjaga kesehatan dengan baik.

Untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat, Anda harus mau meluangkan waktu untuk olahraga, melakukan hobi, dan membersihkan tempat tinggal. Dengan melakukan ketiga hal ini, Anda bisa mencegah datangnya penyakit sekaligus menghilangkan stres. Tiga kebiasaan sederhana ini juga bisa meningkatkan kualitas hidup Anda dalam jangka panjang jika rutin dilaksanakan.

3. Sisihkan uang untuk menabung di hari gajian

Apakah Anda termasuk dalam golongan yang menabung setelah jika ada uang sisa? Jika jawabannya “iya”, maka Anda harus merubah gaya hidup Anda.

Anda harus membiasakan diri untuk memasukkan beberapa persen dari penghasilan ke dalam tabungan tepat di hari pembayaran gaji. Jika tidak, uang ini kemungkinan akan terpakai dan akhirnya Anda tidak memiliki sisa uang untuk disimpan.

Selain untuk memastikan Anda memiliki tabungan, membiasakan diri untuk langsung menyisihkan uang untuk disimpan juga memiliki manfaat dalam melatih pola pikir Anda. Dengan memiliki kebiasaan ini, Anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakan sisa uang yang Ada dan tidak impulsif dalam berbelanja.

Dalam menabung, sebaiknya Anda membandingkan cara menabung mana yang lebih menguntungkan. Misalnya, daripada ditabung di rekening tabungan biasa Anda sebaiknya menggunakan layanan tabungan berjangka untuk mendapatkan hasil tabungan yang lebih baik. Serta pastikan jumlah yang ditabung tidak membebani. Ada banyak produk tabungan berjangka yang menawarkan minimal setoran yang rendah.

Ilustrasinya bisa Anda lihat pada table berikut. Namun ingat, perhitungan ini bisa saja berbeda sesuai ketentuan bank.

Simulasi Tabungan Berjangka

Setoran AwalRp 5.000.000
Setoran BulananRp 500.000
Jangka Waktu2 tahun
(24 bulan)
Bunga per Tahun6% per tahun
Total Uang Keluar
(total uang yang anda keluarkan selama ini)
Rp 17.000.000
Total Akumulasi BungaRp 1.415.356,39
Nilai Saat Jatuh Tempo
(total uang yang anda terima pada saat jatuh tempo)
Rp 18.415.356,39
Sumber : http://www.simulasideposito.com/simulasi_tabungan_rencana.php

Dari contoh tabel di atas, bisa dilihat bahwa tabungan berjangka merupakan salah satu cara efektif untuk memaksimalkan saldo Anda.

Pilihlah cara menabung yang efektif untuk Anda. Yang lebih penting lagi, Anda harus berkomitmen dalam menabung.

4. Gunakan internet dengan produktif

Penggunaan internet bukanlah sesuatu yang asing lagi sekarang. Bahkan di rumah pribadi pun sambungan internet sudah bisa didapatkan. Bahkan menggunakan internet sudah merupakan kebiasaan bagi sebagian orang. Kenyataan ini menunjukkan bahwa akses untuk melakukan banyak hal makin luas terbuka.

Jika menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi media sosial merupakan kebiasaan Anda, maka saatnya untuk memanfaatkan internet untuk hal yang lebih produktif. Misalnya dengan mengerjakan pekerjaan sampingan lewat internet atau mengakses situs-situs yang memberikan keuntungan untuk Anda.

Di internet banyak situs yang menyediakan peluang untuk Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan sebagai freelancer. Diantaranya ada Guru.com, freelancer.com, Upwork.com dan situs lainnya yang membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan sampingan.

Selain situs penyedia proyek untuk para freelancer, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan voucher. Ada beberapa situs survey online yang memberikan voucher sebagai hadiah, salah satunya adalah AIP Survey Online. Situs-situs ini menggunakan sistem poin, yang mana setiap survey memiliki nilai poinnya masing-masing. Jika jumlah poin Anda mencukupi, Anda bisa menukarkannya dengan voucher untuk berbagai kebutuhan seperti belanja bulanan atau makan.

Hal produktif lainnya yang bisa dilakukan menggunakan internet adalah mempelajari skill baru seperti kerajinan tangan, menjahit, atau memasak. Dimana kemampuan ini nantinya bisa digunakan untuk membantu kebutuhan finansial Anda.

5. Evaluasi harian secara rutin

Kebiasaan baik yang satu ini bisa dikatakan merupakan yang paling sulit dilakukan. Memang tidak semua orang bisa berkomitmen untuk menyisihkan beberapa menit di malam hari untuk melakukan evaluasi pengeluaran harian. Kalaupun ada yang memulai, kebanyakan orang hanya bertahan beberapa minggu lalu berhenti melakukan evaluasi lagi.

Mengevaluasi penggunaan dan pemasukan keuangan Anda secara harian memiliki banyak manfaat. Salah satunya, Anda dapat mengetahui pengeluaran mana yang seharusnya tidak dilakukan dalam hari itu. Jika Anda sudah terbiasa, maka Anda bisa menahan diri saat ingin membelanjakan uang Anda untuk hal yang tidak perlu.

Di tahun 2018, mulailah memperbaiki kehidupan finansial Anda dengan kebiasaan harian seperti evaluasi keuangan ini. Memperhatikan kondisi finansial Anda secara lebih dekat dengan cara ini juga membuat Anda memahami kemampuan finansial Anda dengan lebih baik. Pemahaman ini bisa menghindarkan Anda dari perilaku konsumsi yang jelek.

Untuk membuat evaluasi keuangan ini, Anda bisa menggunakan buku atau program seperti Microsoft Word dan Excel. Jika ingin lebih praktis, gunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti Money Manager Expense & Budgeting dan Wallet. Tidak perlu pencatatan yang rumit, yang penting Anda dapat mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran serta saldo akhir yang ada pada hari itu.

Kami telah menjabarkan lima kebiasaan sederhana yang bisa menyelamatkan kehidupan finansial Anda. Dengan kebiasaan ini juga Anda bisa mewujudkan resolusi finansial yang sudah dibuat untuk taun 2018.

Untuk membantu Anda dalam menabung, pilihlah produk tabungan yang bisa memaksimalkan saldo Anda.

 

Komentar