Kelebihan Teknologi Smart Home Untuk Rumah Masa Depan

teknologi smart homeTeknologi smart home (rumah pintar) makin digemari lantaran memberi kemudahan dan keamanan bagi rumah dan penghuninya. Cukup menggenggam ponsel pintar, pengguna bisa mengontrol semua peranti elektronik yang ada di rumah. Tak hanya bagi pengguna, pengembang properti pun menganggap teknologi smart home sebagai nilai tambah yang bisa ditawarkan untuk menggaet calon konsumen.

Desi Yuliana, Direktur Marketing PT Megapolitan Developments, Tbk., menuturkan, kehadiran perangkat smart home bukan sekadar tren, tapi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern saat ini. “Menerapkan konsep rumah pintar akan menjadi nilai plus bagi pengembang. Sebagai pionir yang mengedepankan konsep smart development, penerapan konsep ini tentu bakal membuat kami menjadi pengembang yang inovatif,” urainya dalam property talk show bertajuk “Tren Bisnis Properti dan Booming Smart Cluster di 2015” akhir pekan lalu.

Senada dengan Desi, Aviv Mustaghfirin, Direktur Riscon Realty mengatakan, penggunaan teknologi smart home pasti akan memberikan benefit bagi pengembang dan bagi konsumen. “Dengan menggunakan perangkat ini, penghuni pastinya merasa nyaman meninggalkan rumah, kenyamanan rumah mereka dapat terkontrol setiap saat,” ujar Aviv. “Penerapan konsep smart home akan mampu mengubah gaya hidup masyarakat modern saat ini.”

Pada kesempatan yang sama, Eric L. Pangkey, Komisaris Utama Smart Home Inside—penyedia jasa smart home—mengatakan, perangkat smart home mudah dipantau, diakses, dan dikendalikan dari jarak jauh setiap saat. “Perangkat ini dilengkapi dengan jaringan komunikasi yang menghubungkan berbagai layanan dan peralatan elektronik, memungkinkan untuk mengendalikan semua elektronik yang ada di rumah,” urai Eric.

Menurutnya, aplikasi smart home mampu mengendalikan semua peranti elektronik, termasuk lighting control, scene control, window control, appliances control, IP camera, intercom, alarm management, hingga smart gardening. “Pastinya, teknologi smart home akan memberikan kemudahan hidup, kenyamanan dan keamanan yang ekstra, ramah lingkungan, hemat energi dan memberikan added value bagi properti tersebut. Hal ini juga sangat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan,” tuturnya.

Penulis: Anto Erawan
Foto: icon.asid.org
Sumber: Rumah.com

Komentar