Pemerintah Merencanakan Kenaikan Gaji Pokok PNS Tahun 2019

Pemerintah Merencanakan Kenaikan Gaji Pokok PNS Tahun 2019

Pada tahun 2019 nanti, pemerintah berencana untuk menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok untuk para aparatur sipil negara (PNS).

Rencana ini akan tercantum dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2019.

“Pada 2019, pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara serta pensiunan sebesar rata-rata 5 persen,” kata Presiden Joko Widodo dalam Rapat Paripurna RAPBN 2019 di Gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta.

Rencana ini merupakan bentuk kelanjutan dari tren positif yang terjadi dalam birokrasi sepanjang tahun 2018.

Di tahun 2018, pemerintah melaksanakan percepatan reformasi pada 86 kementerian/lembaga negara dalam rangka penyediaan layanan publik yang lebih mudah, baik, transparan, dan cepat.

Dengan adanya kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok ini diharapkan Jokowi dapat meningkatkan kulitas birokrasi dalam negeri.

“Peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin professional, bersih, dan terjaga kesejahteraannya,” ujar Jokowi.

Sebagai informasi, gaji pokok untuk PNS belum mengalami kenaikan selama beberapa tahun terakhir ini. Gaji pokok PNS masih sama dengan tahun 2015 lalu. Kalaupun ada kenaikan hanyalah pada tunjangannya saja.

Perlu diketahui juga bahwa gaji pokok PNS tahun 2017 mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015. Dimana besarannya tergantung pada golongan dan Masa Kerja Golongan.

 

[Source]

Sumber image : liputan 6

Komentar