Kenali Faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga Kredit Mobil

faktor yang mempengaruhi suku bunga kredit

Secara umum, jika Anda hendak membeli mobil, biasanya Anda memiliki dua pilihan cara, yakni tunai dan kredit. Mereka yang membeli secara tunai cukup membayar langsung kepada dealer mobil. Sedangkan mereka yang memilih jalan kredit akan berurusan dengan pihak ketiga, yaitu perusahaan jasa keuangan atau pembiayaan.

Bagi Anda yang memilih jalan kredit untuk membeli mobil, perlu pemilihan secara selektif mengenai perusahaan jasa keuangan yang akan digandeng, mengingat pemilihan tersebut berkaitan dengan kemampuan Anda dalam menjalankan kewajiban sebagai nasabah. Pemilihan ini juga dilakukan untuk menemukan perusahaan jasa keuangan yang terpercaya.

Anda perlu melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memilih perusahaan atau lembaga jasa keuangan di Indonesia. Perusahaan atau lembaga ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu mengetahui perbedaan tersebut sebelum menggunakan jasanya. Namun, perbedaan karakteristik bisa Anda manfaatkan untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perusahaan jasa keuangan biasanya menerapkan aturan yang berbeda kepada para nasabahnya, termasuk penetapan tingkat suku bunga, tingkat pengembalian dana, sanksi yang diberikan bila menyalahi aturan, hingga proses pencairan dana. Anda yang selektif dalam memilih akan menjalani proses pelunasan hutang yang jauh lebih mudah.

Di Indonesia, cukup banyak perusahaan jasa keuangan yang membebani nasabah dengan tingkat pengembalian dana yang cukup besar ditambah dengan bunga. Tidak jarang kolektor perusahaan jasa keuangan mengambil kembali mobil nasabah karena mereka tidak mampu lagi memenuhi kewajiban yang telah disepakati.

Perusahaan jasa keuangan memiliki hak menyita kendaraan nasabah bila aturan-aturan dalam perjanjian tidak dijalankan dengan baik. Pengambilalihan mobil dari nasabah ini tentu saja didahului oleh beberapa tahapan, mulai dari memberi peringatan pada nasabah, memberi teguran secara tertulis, dan kemudian melakukan penyitaan.

Di Indonesia, terdapat dua perusahaan jasa keuangan yang mendominasi terkait kredit mobil, yaitu perusahaan pembiayaan dan perbankan. Penetrasi kedua institusi jasa keuangan ini boleh dikatakan cukup besar dan tentunya sebagian besar orang tidak asing lagi menggunakannya.

Anda harus benar-benar siap ketika mengakses perusahaan jasa keuangan, baik perbankan maupun perusahaan pembiayaan terutama kesiapan membayar kewajiban ditambah bunga yang naik turun akibat kondisi pasar tengah tidak menentu. Tingkat suku bunga yang berubah-ubah ini disebabkan oleh banyak faktor dan lembaga jasa keuangan mau tidak mau harus menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Suku bunga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada perusahaan jasa keuangan sesuai dengan kontrak perjanjian. Penentuan suku bunga dilakukan berdasarkan perhitungan dari bank atau perusahaan penyedia kredit dengan berlandaskan tujuan untuk meringankan beban Anda sebagai penerima kredit.

Faktor yang Memicu Perubahan Suku Bunga Kredit Mobil

Terdapat beberapa faktor yang membuat suku bunga kredit mobil berubah sewaktu-waktu.

  1. Suku bunga acuan atau BI Rate. Bank Indonesia (BI) biasanya mengubah suku bunga acuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi Indonesia dan ekonomi dunia. Perubahan suku bunga akan mempengaruhi suku bunga bank dan perusahaan pembiayaan, yang nantinya berdampak pada perubahan suku bunga kredit mobil.
  2. Inflasi. Tingginya permintaan akan barang impor di dalam negeri akan mempengaruhi tingkat inflasi. Bila inflasi naik tajam akibat suatu persoalan, maka BI dapat menaikkan suku bunga acuan ini berdasarkan tingkat inflasi.
  3. Kebijakan perusahaan jasa keuangan. Tiap perusahaan jasa keuangan memiliki tujuan yang berbeda-beda, sehingga penetapan suku bunga juga akan berbeda. Perusahaan jasa keuangan menetapkan suku bunga kredit mobil berdasarkan selisih antara kredit dengan pendapatan dana, yang nantinya berdampak pada keuntungan perusahaan.
  4. Kemampuan Anda. Perusahaan jasa keuangan akan mempertimbangkan kemampuan Anda membayar cicilan saat menetapkan tingkat suku bunga kredit mobil. Perusahaan jasa keuangan tidak akan mengenakan suku bunga terlalu tinggi karena nanti berdampak pada hilangnya nasabah yang beralih ke perusahaan jasa keuangan dengan suku bunga yang lebih rendah.
  5. Pasar Indonesia. Suku bunga kredit mobil biasanya menyesuaikan dengan kondisi pasar di Indonesia. Anda akan mendapatkan suku bunga yang kompetitif ketika pasar Indonesia berjalan dengan baik dan ada pengawasan ketat dari pemerintah.

Jika Anda tertarik dengan artikel mengenai kredit mobil, baca 3 Kekeliruan Umum Saat Mengajukan Aplikasi Kredit Mobil di situs kami.

Komentar