Kereta Api Bandara Soetta Beroperasi Mulai 1 Desember 2017

Kereta Api Bandara Soetta Beroperasi Mulai 1 Desember 2017

Tepat pada hari Jumat, 1 Desember 2017, Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan mulai beroperasi. Hal ini akan memulai sejarah transportasi di Indonesia. Dimana kereta api ini akan dilengkapi dengan teknologi canggih seperti yang beroperasi di Eropa dan Jepang.

Meskipun fasilitas KA Bandara Soetta ini akan langsung beroperasi penuh dengan jarak perjalanan (headway) sekitar 30 menit.

Operasional KA Bandara Soetta ini menyusul kesuksesan KA Bandara Kualanamu-Medan sejak tahun 2013 lalu. Tahun 2018 nanti, KA Bandara Adisoemarmo-Stasiun Balapan, dan KA Bandara Internasional Minangkabau-Padang yang akan beroperasi. Setahun berikutnya, giliran KA Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA)-Yogyakarta yang beroperasi.

Di stasiun Sudirman Baru (BNI City) tampak para pekerja memasang vending machine, dan melakukan pekerjaan untuk mengejar target yang ditetapkan. Kemudian stasiun seperti Stasiun Duri (Tambora), Stasiun Batu Ceper (Tangerang), dan Stasiun Bandara Soetta juga sudah mulai disiapkan untuk beroperasnya KA Bandara ini.

Perluasan stasiun di Stasiun batu Ceper juga telah dilakukan untuk mengakomodasi jalur dan penumpang dua kereta.

Dengan semua persiapan yang sudah berjalan ini, Menteri BUMN Rini Soemarno optimis bahwa operasional KA Bandara Soetta tidak akan meleset. Rini yang juga ikut menguji coba KA Bandara Soetta hingga Sudirman ini mengatakan bahwa semuanya berjalan lancar.

Dalam rangka sosialisasi, tariff awal yang berlaku nanti adalah tariff promo yaitu Rp 20.000 sampai Rp 30.000 sekali jalan. Sedangkan mulai tanggal 1 Januari 2018, tariff yang berlaku adalah Rp 100.000.

[Source]

Komentar