Ada 5 Tips Sederhana Untuk Jadikan Kerja Lebih Efisien dan Produktif

Ada 5 Tips Sederhana Untuk Jadikan Kerja Lebih Efisien dan Produktif

Kita semua harus bekerja, namum kita juga ingin menghabiskan waktu untuk mengurus diri sendiri serta berkumpul bersama orang yang dicintai. Cara terbaik untuk mewujudkan hal ini adalah dengan bekerja seefisien mungkin.

Dikutip dari Forbes, Kamis (1/11/2018), ada 5 tips cara bekerja yang efisien dan produktif.

  1. Mulailah lebih dini

Di saat pagi hari, rumah Anda masih tenang. Bangun pada subuh hari juga memungkinkan Anda untuk merasakan udara yang masih segar. Manfaatkan waktu ini untuk memulai bekerja dan prioritaskan pada yang paling mendesak untuk hari itu. Gunakan kopi atau teh dan mulai bekerja.

  1. Selalu prioritaskan tugas Anda

Buatlah daftar prioritas pekerjaan untuk hari itu. Terkadang memang ada tugas dadakan, namun jangan sampai hal ini mengganggu prioritas Anda. Jangan lupa juga untuk rehat 2-3 menit setiap menyelesaikan satu tugas.

  1. Jangan menunda

Memulai pekerjaan dengan segera adalah hal sulit. Apalgi jika Anda berada dalam kondisi stress, maka menunda pekerjaan merupakan reaksi natural untuk menghadapi stress. Oleh karenanya, rehat 2-3 menit sebelum memulai poin tugas yang baru sangat penting. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari menunda.

  1. Buat jadwal yang fleksibel

Jika sesuatu yang tidak terduga muncul, seperti pertemuan dadakan atau ada seseorang di kantor Anda membutuhkan lebih banyak perhatian daripada yang Anda perkirakan, persiapkanlah. Walaupun daftar prioritas sudah dibuat, namun jadikan jadwal Anda fleksibel. Kalau tugas tambahan bisa ditunda, kerjakanlah di sela-sela tugas utama.

  1. Jadilah praktis

Kalau bisa mencari cara untuk mengerjakan tugas dengan baik dan praktis kenapa tidak? Jika ada kendala saat mengerjakan tugas, maka kenalilah kendala itu. Hal ini penting agar Anda tidak kecewa jika target dalam sehari itu tidak tercapai.

Bijaklah dalam menggunakan waktu, jangan menerima tawaran untuk minum kopi atau makan siang dengan rekan kerja, atau menjadi sukarelawan untuk mengerjakan sesuatu. Perilaku ini bisa membuat Anda lebih tertekan.

Namun, jika memang masih punya waktu untuk melakukan kegiatan prioritas kecil Anda, selamat Anda hebat! Tetapi jangan sampai Anda kewalahan, bisa saja hal itu membuat Anda tidak kondusif untuk produktif.

 

[Source]

Komentar