DJP Gandeng Aplikasi Transportasi Untuk Pembuatan NPWP

DJP Gandeng Aplikasi Transportasi Untuk Pembuatan NPWP

Direktur Peraturan Perpajakan, Arif Yanuar, mengatakan bahwa pihaknya akan mencoba menggandeng platform lain setelah berhasi bekerjasama dengan Go-Jek untuk layanan pembayaran pajak.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan Go-Jek telah membuat fasilitas untuk memudahkan pemilik merchant yang terdaftar di aplikasi untuk melakukan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara online.

“Pada saat aplikasi Go-Jek mampu, aplikasi lainnya seharusnya mampu. Kalau ini sudah, selanjutnya yang akan jadi diskusi ke depan adalah bagaimana kewajiban pajak dari member ini semua bisa lewat aplikasi seperti Go-Jek yang ditembakkan ke server kami,” jelas Arif dalam acara Media Gathering 2017 di Manado, Sulawesi Utara.

Dengan aplikasi pendaftaran NPWP di aplikasi Go-Jek, pemilik merchant bisa mendaftar NPWP dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang tervalidasi dan tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Setempat.

Arif juga menjelaskan bahwa rencana untuk mengundang aplikasi seperti Go-Jek dalam rangka membantu pendapatan pajak akan segera diterapkan. Dengan demikian, merchant yang belum memiliki NPWP akan segera mendaftarkan dirinya.

Nantinya, memang hanya pendaftaran NPWP saja yang bisa dilakukan di aplikasi ini. Kartu NPWP dapat diambil di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setelah pendaftaran selesai.

Setelah pendaftaran NPWP online, nantinya masyarakat juga bisa membayar pajak secara online lewat aplikasi ini.

[Source]

Komentar