Kesalahan Umum Pengaturan Keuangan Yang Dilakukan Wanita

Kesalahan Umum Pengaturan Keuangan Yang Dilakukan Wanita

Dikutip dari Forbes, Minggu (3/2/2019), terdapat beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan yang umum dilakukan oleh wanita. Contohnya adalah sebagai berikut.

Tidak Memiliki Investasi

Dibandingkan dengan pria, wanita memang lebih rajin menabung. Namun jumlah tabungan wanita umumnya lebih kecil dari yang dimiliki pria.

National Institute on Retirement Security menyatakan bahwa sekitar 80 persen wanita tidak memiliki jaminan hari tua.

Kondisi ini menunjukkan bahwa investasi perlu dilakukan oleh wanita. Dengan memiliki investasi, uang yang disimpan akan bertambah. Investasi bisa berupa usaha, properti, atau jenis investasi lainnya.

Wanita sebenarnya adalah investor natural

Wanita sering merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri jika sudah berurusan dengan investasi.

Annamaria Lusardi, seorang ahli finansial dan ekonomi dari George Washington School of Business menyatakan bahwa dari riset yang mereka lakukan, wanita cenderung tidak memiliki wawasan finansial sebagaimana pria.

Padahal, sebenarnya wanita lebih baik dari pria dalam berinvestasi. Studi Fidelity Investments pada 2017 juga menyatakan bahwa wanita menghasilkan lebih banyak saat investasi daripada pria, yaitu sebesar 0,4%.

Wanita cenderung tidak terburu-buru dalam berinvestasi sehingga hasilnya lebih baik daripada pria.

Berinvestasi memang selalu ada risiko, namun tidak berinvestasi justru lebih merugikan. Jika hanya disimpan, uang bisa saja berkurang dan hilang karena membeli keperluan dan lainnya.

Investasi terlalu rumit

Ada banyak strategi investasi yang bisa dipelajari para wanita agar berhasil, asalkan mau belajar dan sabar dalam melihat peluang.

Salah satu cara investasi misalnya dengan menginvestasikan dana ke program pengembangan sosial dan komunitas. Investasi seperti ini tak hanya sehat secara finansial namun juga secara sosial.

 

[Source]

Komentar