Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Menjual Rumah

Kesalahan yang sering terjadi ketika menjual rumahJika Anda belum pernah menjual rumah sebelumnya, hal tersebut akanlah memakan waktu yang lama dan menguras emosi Anda. Orang asing akan memasuki rumah Anda, mengacak-acak dan mengkritik kondisi rumah yang bersejarah bagi Anda, dan pada akhirnya akan menawar dengan harga yang sangat murah. Dengan pengalaman yang tidak ada sama sekali, beberapa kesalahan mungkin akan terjadi kepada Anda ketika akan menjual rumah. Untuk menghindari hal tersebut, ikutilah tips-tips mengenai kesalahan yang harus dihindari ketika menjual rumah berikut ini agar rumah kesayangan Anda tidak terjual dengan harga yang di bawah standar.

Menjauhkan Perasaan Emosional

Kesalahan yang harus dihindari ketika menjual rumah pertama kali adalah menjauhkan perasaan emosional. Ketika berniat menjual rumah pribadi Anda, posisikan diri Anda sebagai penjual profesional, bukan sebagai pemilik rumah. Sebab, jika tidak demikian, Anda akan terikat secara emosi dengan rumah yang sudah Anda tempati selama berpuluh-puluh tahun, dan berakibat memberikan penilaian yang kurang memuaskan di mata pembeli. Berilah penilaian dari sudut finansial dan investasi properti sehingga Anda akan mendapatkan harga jual yang layak. Selain itu, lakukanlah sedikit perbaikan terhadap kerusakan-kerusakan kecil yang ada sehingga nilai jual rumah Anda juga akan meningkat.

Tidak Menggunakan Agen

Jika Anda belum pernah menjual rumah sama sekali, menggunakan jasa agen penjual rumah adalah pilihan yang baik, walaupun komisi untuk agen tersebut cukuplah besar. Namun, agen tersebut akan memberikan harga yang bagus dan kompetitif untuk rumah Anda. Selain itu, agen juga akan berinteraksi langsung dengan pembeli sehingga ia dapat menyortir mana pembeli yang memang berniat membeli rumah atau hanya iseng bertanya-tanya. Agen juga akan melakukan negosiasi dengan sangat baik sehingga harga rumah Anda tidak terlalu murah. Seorang agen yang bagus juga akan membantu mengurus surat-surat yang diperlukan sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih ringan.

Menetapkan Harga Terlalu Mahal

Apakah Anda menjual rumah menggunakan jasa agen atau tidak, menetapkan harga jual yang tepat adalah kuncinya. Ketika dulu Anda membeli rumah, Anda juga pasti akan melakukan perbandingan harga-harga rumah yang setipe maupun yang ada di sekitar lokasi. Calon pembeli rumah Anda juga akan melakukan hal tersebut. Karena itu, Anda harus selangkah lebih maju dibandingkan mereka. Tetapkan harga yang kurang lebih sama dengan harga jual saat itu. Apabila Anda menetapkan harga terlalu tinggi, otomatis calon pembeli pun akan mundur dengan sendirinya.

Foto Kurang Menarik

Foto rumah yang kurang menarik juga merupakan kesalahan yang harus dihindari ketika menjual rumah. Banyak orang saat ini yang mencari rumah melalui Internet, dan banyak pula penjual yang memasarkan rumahnya di toko online. Jika Anda melakukan hal yang serupa, jangan sampai cara pemasaran Anda membuat orang-orang tidak berminat. Selain spesifikasi rumah Anda yang harus jelas, tampilkan juga foto-foto yang menarik. Visual rumah yang bagus akan membuat orang-orang tertarik untuk bertemu langsung dengan Anda sambil melihat-lihat rumah secara langsung. Gunakanlah lensa yang lebar agar calon pembeli dapat melihat secara keseluruhan rumah maupun ruang di dalam rumah.

Menyembunyikan Kerusakan

Segala jenis kerusakan yang ada di rumah Anda akan terungkap begitu pembeli menginspeksi rumah secara keseluruhan. Karena itu, tak ada gunanya untuk menyembunyikan kerusakan-kerusakan tersebut. Jika memang kerusakan yang ada terlalu besar dan Anda tidak sempat memperbaikinya, berikan harga jual yang sedikit di bawah harga pasar, sesuai dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan itu. Memeriksa secara keseluruhan rumah Anda sebelum menjual adalah keputusan yang tepat agar Anda tidak terkejut apabila ternyata ada kerusakan-kerusakan lain di rumah Anda.

Tidak Mempersiapkan Rumah untuk Dijual

Jika Anda memang berniat untuk menjual rumah Anda, bersihkan dan rapikanlah rumah Anda terlebih dahulu. Penjual yang tidak membersihkan dan merapikan rumahnya sama saja dengan membuang kesempatan pembeli untuk datang. Jika tidak mempersiapkan rumah Anda untuk dijual, bukan hanya dapat menurunkan harga jual rumah, tapi juga dapat membuat gagal laku rumah Anda. Mintalah teman atau saudara untuk melihat bagian mana yang perlu dirapikan, mengingat mungkin Anda tidak menganggap hal itu sebagai sesuatu yang berantakan. Yang terutama, hilangkan bau tidak sedap di ruang-ruang kamar, lalu cat ulang rumah Anda agar terlihat lebih segar.

Menjual di Saat Musim Hujan

Walaupun Anda terburu-buru untuk menjual rumah Anda, tapi memutuskan untuk menjual rumah ketika sedang musim hujan adalah keputusan yang kurang tepat. Sebab, pada saat itu mungkin orang-orang tidak banyak yang berniat untuk keluar rumah. Atau, bisa saja rumah Anda yang sudah dirapikan atau dicat ulang untuk dijual malah jadi terlihat kusam karena habis terkena hujan. Selain itu, jika ada pembeli yang tetap berniat untuk melihat-lihat rumah Anda, bisa jadi kesan yang timbul justru negatif apabila ternyata hari itu hujan dan halaman rumah Anda tergenang atau ada bocor di rumah yang tidak terduga.
Jika kesalahan-kesalahan yang harus dihindari ketika menjual rumah di atas sudah Anda hindari, Anda tinggal mempersiapkan mental Anda untuk menghadapi calon pembeli yang berbeda-beda karakternya. Anda juga perlu mempersiapkan mental karena belum tentu rumah Anda cepat terjualnya. Bersabarlah hingga menemukan pembeli yang tepat, jangan langsung putus asa dan menurunkan harga jual rumah Anda. Namun, apabila Anda telah mengikuti tips-tips di atas, semoga persiapan rumah Anda untuk dipindahtangankan akan selangkah lebih maju.

Membeli properti merupakan salah satu bentuk invetasi yang bagus. Inilah 5 alasan investasi properti semakin meningkat

Komentar