Apa Saja Yang Termasuk Dalam Harga Tiket Anda Dan Biaya Penerbangan

Apa Saja Yang Termasuk Dalam Harga Tiket Anda Dan Biaya Penerbangan

Bepergian dengan pesawat, saat ini, bisa dilakukan oleh hampir semua kalangan. Karena makin banyak yang maskapai yang menyediakan penerbangan Low Cost Carrier (LCC) yang terjangkau oleh banyak orang di Indonesia.

Namun dari harga tiket yang murah ini, bukan berarti tidak ada biaya lain yang harus Anda antisipasi. Kali ini kami mencoba memberikan Anda informasi mengenai apa saja biaya penerbangan yang harus Anda ketahui. Juga bagaimana caranya mengantisipasi biaya yang tidak diinginkan.

Apa saja yang termasuk dalam biaya penerbangan?

Kalau Anda ingin mengetahui apa saja biaya yang termasuk dalam biaya penerbangan Anda, maka kami akan merincikan apa saja yang termasuk dalam harga tiket Anda. Selain itu, biaya tambahan apa saja yang dikenakan pada penumpang.

Yang ada dalam biaya tiket Anda

Dalam tiket yang Anda bayarkan, di dalamnya sudah mencakup tarif dasar, pajak pertambahan nilai (PPN) 10%, biaya administrasi, asuransi, dan biaya tambahan bahan bakar (Fuel Surcharge (FS)).

Misalnya, tarif dasar sebuah maskapai untuk penerbangan dari Jakarta (CGK) ke Bali (DPS) adalah Rp 600.000. Biaya administrasi biasanya sudah ada pada tarif dasar tiket pesawat. Lalu biaya FS adalah Rp 250.000. Maka biaya tiket yang harus dibayar oleh calon penumpang adalah:

Tarif dasar + PPN + asuransi + tarif FS

Rp 600.000 + Rp 60.000 + Rp 6.000 + Rp 250.000

= Rp 916.000

Maka harga tiket yang tertera di tiket Anda adalah Rp 916.000.

Oleh karenanya, jangan heran juga kalau ada beberapa kejadian dimana harga promo tidak sesuai dengan yang dibayarkan. Contoh, ada promo tiket penerbangan dari Jakarta ke Bali yaitu Rp 300.000, namun nyatanya total biaya yang harus dibayarkan, misalnya, adalah Rp 650.000. Itu artinya, Rp 300.000 adalah tarif dasar penerbangan. Kemudian total tarif FS, asuransi, dan PPN adalah Rp 350.000.

Biaya tambahan

Adapun biaya tambahan pada penerbangan adalah pajak bandara dan biaya reservasi. Pajak bandara ini dibagi menjadi dua yaitu Passenger Service Charge (PSC) dan pajak yang dikenakan untuk barang-barang yang dibawa penumpang dari luar negeri. Kemudian biaya reservasi dikenakan saat Anda melakukan booking tiket pesawat.

Besaran biaya PSC berbeda tiap bandara, juga berbeda tergantung destinasinya. Misalnya, Bandara Soeta menetapkan PSC Rp 40.000 sampai Rp 50.000 untuk penerbangan domestik, dan Rp 200.000 untuk penerbangan internasional. Sedangkan pajak untuk barang yang dibawa dari luar negeri akan dicharge jika nilainya melebihi 250 dollar AS untuk individu dan 1.000 dollar AS untuk kelompok.

Adapun biaya reservasi bisa jadi berbeda untuk tiap maskapainya. Berikut rata-rata biaya reservasi yang berlaku.

Rute penerbanganKisaran biaya reservasi
Domestik (sekali jalan)Rp 20.000 – Rp 25.000
Domestik (pulang pergi)Rp 30.000 – Rp 35.000
Internasional (sekali jalan)Rp 25.000 – Rp 50.000
Internasional (pulang pergi)Rp 37.500 – Rp 75.000

Biaya penerbangan apa saja yang dikenakan pada penumpang untuk kondisi khusus?

Selain biaya yang sudah umum kita bayarkan seperti tiket pesawat, adapun biaya-biaya tambahan lainnnya yang dikenakan jika Anda memiliki permintaan khusus. Misalnya, Anda membutuhkan tambahan bagasi, atau Anda harus merubah nama atau jadwal penerbangan.

Kondisi lain yang mengharuskan Anda membayar biaya tambahan adalah saat Anda membeli makanan di pesawat. Karena tidak semua maskapai menyediakan makanan, terutama maskapai Low Cost Carrier (LCC).

Makanan di pesawat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penerbangan menggunakan LCC tidak menyediakan makanan dan minuman. Oleh karenanya, jika Anda ingin pihak maskapai menyediakan makanan, Anda harus membelinya saat berada di pesawat.

Untuk penerbangan dengan jarak yang cukup jauh, tidak ada salahnya menyiapkan uang tambahan untuk membeli makanan di pesawat.  Anda bisa memesan makanan 24 jam sebelum waktu keberangkatan. Harga makanan di pesawat adalah mulai dari Rp 45.000 sampai Rp 220.000 tergantung pada menunya.  Maskapai juga menerima pembelian langsung di atas pesawat. Namun, kemungkinan Anda tidak mendapatkan menu yang diinginkan. Selain makanan berat, maskapai juga menyediakan makanan ringan untuk dibeli langsung selama penerbangan.

Sedangkan untuk penerbangan dengan maskapai non LCC, maka makanan sudah termasuk dalam harga tiket.

Tambahan bagasi

Jika Anda memesan tiket pesawat, baik online maupun offline, pastikan Anda menanyakan kebijakan tentang tambahan bagasi ini. Karena umumnya, setiap maskapai menggratiskan 20 kg muatan bagasi untuk setiap penumpang. Selebihnya, akan dikenakan tambahan biaya. Baik tambahan biaya ini akan dihitung per kilogramnya atau disesuaikan dengan waktu tempuh penerbangan.

Berikut adalah biaya kelebihan bagasi menurut harga yang berlaku pada Citilink (LCC) dan Garuda (non-LCC). Harga bagasi ini bisa saja berbeda untuk tiap maskapai.

Tambahan BagasiHarga per kilogram (non-LCC)Harga (LCC)
penerbangan 1 jam – 3,59 jam 1,5% dari harga tiket kelas ekonomiRp 15.000 – Rp 45.000/ kg

Rp 65.000-Rp 202.500/ 5 kg (pemesanan lewat website)
Penerbangan lebih dari 4 jam1,5% dari harga tiket kelas ekonomiRp 50.000
Rp 222.500/ 5 kg (pemesanan lewat website)
Contoh di atas diambil dari maskapai Garuda Indonesia dan Citilink. Harga di maskapai lain mungkin berbeda.

Perubahan nama

Kesalahan dalam penulisan nama di tiket terkadang tidak dapat dihindari. Namun jika Anda ingin memperbaiki kesalahan nama ini, Anda harus membayar biaya tambahan.

MaskapaiBiaya perubahan nama
Sriwijaya Air (maksimal 3 huruf) (non LCC)Rp 200.000 per penumpang
Citilink (LCC)Rp 300.000 – Rp 500.000 per penumpang

Angka biaya perubahan nama ini bisa jadi berbeda di tiap maskapai. Oleh karenanya, sebaiknya Anda berhati-hati dalam pengisian nama penumpang saat memesan tiket pesawat. Pastikan nama penumpang sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas.

Perubahan jadwal penerbangan

Maskapai menyediakan layanan perubahan jadwal penerbangan. Anda bisa meminta pihak maskapai mengubah waktu penerbangan pada tiket Anda dengan membayar biaya administrasi untuk perubahan jadwal.

Jika Anda memesan agen tiket pesawat online, biasanya mereka memiliki fitur penjadwalan ulang atau resechedule. Misalnya, di Traveloka, biaya perubahan jadwal ini adalah Rp 15.000 per rute untuk penerbangan domestik, dan Rp 50.000 per rute untuk penerbangan internasional.

Jika agen tiket pesawat Anda tidak memiliki fitur seperti ini, maka Anda harus menelpon pusat layanan konsumen milik maskapai secara langsung. Di sini Anda bisa mendapatkan informasi mengenai cara pembayaran biaya perubahan jadwal.

Bagaimana caranya mengantisipasi biaya tambahan yang tidak diinginkan?

Setelah mengetahui biaya-biaya penerbangan di atas, Anda pasti ingin mengetahui caranya menghindari biaya tambahan yang dikarenakan kebutuhan khusus.

Pastikan Anda mengisi informasi penumpang dengan benar

Kesalahan penulisan nama ini bukan hal yang jarang terjadi. Apalagi jika Anda memesankan tiket pesawat untuk orang lain. Karena itu, jika Anda menuliskan nama untuk orang lain, mintalah foto kartu identitas yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan nama.

Sebelum Anda melakukan checkout, periksalah kembali informasi pemesanan Anda. Karena jika Anda sudah melakukan proses checkout pada pembelian tiket maka akan sulit untuk melakukan perubahan di kemudian hari. Pastikan jadwal dan bandara keberangkatan juga ditulis dengan benar.

Tidak membawa barang yang tidak diperlukan

Membawa pulang banyak oleh-oleh memang tidak bisa dihindari saat liburan. Namun bukan berarti Anda harus melebihi muatan bagasi gratis yang disediakan. Bawalah barang secukupnya untuk menghindari biaya kelebihan bagasi. Jika Anda bisa bepergian dengan lebih mudah, kenapa harus repot dengan membawa banyak barang?

Hindari berbelanja barang mahal di luar negeri

Sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, bahwa barang impor yang mencapai batas nilai tertentu akan dikenakan pajak. Oleh karenanya, kalau sekiranya Anda bisa menemukan barang yang sama di Indonesia, tidak perlu membelinya di luar negeri.

Di satu sisi, keinginan untuk memiliki barang unik yang tidak tersedia di dalam negeri kadang tidak bisa ditahan. Untuk itu, buatlah budget belanja agar Anda bisa memperhitungkan berapa pajak yang harus Anda bayar saat di bandara nanti.

Gunakan kemudahan promo

Selain menawarkan tiket pesawat yang murah, adapula promo penerbangan yang menyediakan gratis tambahan muatan bagasi atau bebas biaya reservasi.

Carilah penawaran yang menguntungkan untuk mengurangi pengeluaran Anda saat bepergian. Terkadang promo yang menarik bukan hanya pengurangan harga tiket pesawat, melainkan juga diskon untuk biaya-biaya lainnya.

Nah sekarang Anda sudah mengetahui komponen apa saja yang ada dalam harga tiket Anda serta biaya penerbangan lainnya yang penting untuk diperhatikan. Jika Anda memilih maskapai untuk bepergian antara maskapai LCC dan non-LCC maka bisa dibandingkan budgetnya sebagai berikut:

Komponen biayaMaskapai LCC (contoh: Citilink)Maskapai non-LCC (contoh: Garuda)
TotalRp 645.300Rp 1.877.850
Harga tiket (CGK-DPS)+ pajak+ reservasiRp 580.300Rp 1.851.000
Kelebihan bagasiRp 15.000Rp 26.850
Makan di pesawatRp 50.000Gratis

Sekarang saatnya liburan tanpa rasa takut karena Anda sudah menyiapkannya. Rencanakan liburan impian Anda dengan cerdas untuk menghemat biaya perjalanan.

Komentar