Kota Dengan Pesta Pergantian Tahun Paling Meriah Di Indonesia

Kota Dengan Pesta Pergantian Tahun Paling Meriah Di Indonesia

Menjelang akhir tahun, acara terbesar yang menjadi agenda di beberapa kota adalah festival pergantian tahun.

Festival ini ditunggu oleh penduduk di kota-kota besar Indonesia karena kemeriahannya. Apalagi pada festival akhir tahun biasanya diadakan pesta kembang api dan berbagai pertunjukan. Selain itu, ada pula berbagai kedai makanan yang menawarkan ragam makanan khas kota setempat. Jadi bagi mereka yang tidak sempat jalan-jalan ke daerah lain, bisa menikmati pesta akhir tahun ini.

Selain meriah, semua festival tahun baru ini gratis. Anda hanya perlu membayar jika membeli pernak-pernik untuk perayaan tahun baru, seperti terompet atau lampion.

Jika Anda ingin menikmati suasana meriah pergantian akhir tahun, maka kota-kota ini adalah tempatnya!

Jakarta

tahun baru jakarta

Sumber : okezone.com

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, pastinya pergantian tahun menjadi momen yang paling meriah.

Pada malam tahun baru, jalan di seputaran Bundaran HI akan ditutup karena dijadikan tempat rangkaian acara festival tahun baru. Ribuan orang tumpah ruah di sini untuk menikmati berbagai suguhan hiburan.

Akan ada pertunjukan musik yang diisi oleh banyak musisi ibu kota. Jadi sembari menunggu acara puncak, yaitu detik-detik pergantian tahun, Anda bisa jalan-jalan sambil menikmati pertunjukan.

Momen puncak dari festival ini adalah pesta kembang api tepat saat detik pergantian tahun. Langit Jakarta akan terlihat terang dengan kembang api berbagai warna. Suasana pun akan meriah karena semua orang membunyikan terompet sembari menikmati pesta kembang api.

Adapun tempat-tempat lain yang sering dijadikan arena festival akhir tahun di Jakarta adalah Ancol, Monas, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Bandung

tahun baru bandung

Sumber : jabar.tribunnews.com

Bandung merupakan kota tujuan favorit orang Jakarta saat liburan atau akhir pekan. Jadi tidak mengherankan kalau Bandung merupakan salah satu kota dengan festival tahun baru yang paling meriah.

Biasanya area Lembang dan Dago akan menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi, terutama oleh wisatawan. Sedangkan pusat perayaan tahun baru sendiri, diadakan di area Gedung Sate dan Alun-Alun Bandung.

Sebagai pusat kegiatan masyarakat Bandung pada umumnya, dua pemerintah daerah Bandung akan memberikan suguhan meriah di sini. Pada area Alun-Alun, seperti tahun lalu, akan dijadikan area bebas kendaraan bermotor. Sehingga masyarakat yang datang bisa dengan leluasa berjalan kaki.

Pada pergantian tahun 2018, pejabat daerah Bandung juga ikut menghadiri perayaan tahun baru ini.

Yogyakarta

tahun baru jogja

Sumber : epistemik.com

Siapa bilang Yogyakarta bukan tempat yang asyik untuk pesta tahun baru?

Pada malam pergantian tahun, area Malioboro akan dipadati pengunjung. Baik itu warga lokal, wistawan domestik, maupun mancanegara. Selain itu, area-area seperti candi Prambanan dan tugu Jogja juga tidak kalah ramainya.

Sebagaimana pesta tahun baru lainnya, Anda akan disuguhi dengan pertunjukan kembang api. Apalagi di seputaran Tugu Jogja, akan ada banyak orang. Sehingga tepat pukul 00:00, Anda akan mendengar suara letusan kembang api dan terompet saling bersahutan.

Tentunya pengalaman ini tidak akan terlupakan, apalagi jika Anda datang ke sini dengan teman atau keluarga.

Makassar

tahun baru makassar

Sumber : arsip2.kabar.news

Ternyata Makassar tidak hanya terkenal dengan kulinernya, kota ini pun mampu menyuguhkan perayaan tahun baru yang berkesan.

Pantai Losari menjadi tempat favorit perayaan tahun baru. Objek wisata ini akan dipadati pengunjung untuk menikmati pesta kembang api dan keindahan pantai di malam hari.

Untuk membuat momen ini menjadi lebih mengesankan, sebaiknya setelah detik-detik pergantian tahun berakhir, jangan langsung pulang. Tunggulah momen matahari terbit tiba di pinggir pantai.

Suasana tenang setelah riuh pesta tahun baru akan memberikan kesan tersendiri yang tidak terlupakan.

Semarang

tahun baru semarang

Sumber : sembrani.com

Bicara soal festival akhir tahun, tidak lengkap rasanya tanpa Semarang. Kota ini menyuguhkan acara tahun baru yang meriah dengan suasana kota tua di Simpang Lima.

Perayaan di Semarang tidak hanya memberikan suguhan pertunjukan seni dan kembang api, Anda pun bisa membeli lampion untuk nantinya diterbangkan.

Jika Anda datang ke Semarang, area Waduk Jatibarang tepatnya, maka Anda bisa membeli lampion untuk diterbangkan di malam tahun baru. Tarif untuk membeli lampion kartas ini adalah Rp 25.000. Menyaksikan lampion-lampion terbang di malam tahun baru bisa menjadi pengalaman mengesankan bagi pengunjung.

Anda bisa menuliskan harapan mereka pada lampion sebelum diterbangkan. Hal ini merupakan bentuk doa agar semua harapan yang Anda inginkan di tahun yang baru bisa tercapai.

Medan

tahun baru medan

Sumber : medanbang.blogspot

Kota Medan dikenal sebagai kota dengan objek wisata alam dan kuliner. Kota ini juga menyuguhkan perayaan tahun baru.

Kota ini menyelenggarakan pesta kembang api dan suguhan pertunjukan khas Sumatera Utara. Pada saat pergantian tahun, Anda bisa mendengar suara terompet bergema di mana-mana.

Yang menarik dari kota ini adalah tidak hanya kemeriahan pesta tahun baru yang Anda temukan di sini, sisi relijius Medan juga bisa Anda disaksikan. Pihak penyelenggara juga mengadakan dzikir bersama.

Pada saat ini, masyarakat Medan berdoa agar harapan dan cita-cita mereka di tahun yang baru dapat terwujud.

Perlu diingat bahwa festival atau pesta akhir tahun akan dipadati ribuan orang. Oleh karenanya, acara seperti ini tidak aman untuk anak-anak karena Anda akan berdesak-desakan dengan banyak orang lainnya. Belum lagi saat pesta kembang api, suara ledakan kembang api bisa sangat nyaring dan menyebabkan anak-anak untuk kaget atau takut.

Bagi Anda yang lebih suka dengan suasana yang tenang atau ingin bepergian sendiri, kota-kota solo traveler ini adalah yang paling sering direkomendasikan untuk solo traveler.

Komentar