3 Kota Wisata yang Murah Meriah untuk Menikah Selain Bali

3 Kota Wisata yang Murah Meriah untuk Menikah Selain Bali

Sebagai momen “sekali seumur hidup”, tentunya setiap pasangan ingin pernikahannya terasa istimewa. Namun, untuk melangsungkan prosesi pernikahan sendiri bukanlah hal yang murah.

Oleh karenanya, selain menabung untuk pernikahan, ada baiknya Anda juga mencari alternatif tempat pernikahan yang lebih murah. Mulai dari mencari gedung yang murah, atau menikah di kota yang murah.

Banyak pasangan yang memilih Bali sebagai tempat pelaksanaan resepsi pernikahan karena dianggap sebagai tempat yang istimewa dan indah untuk momen pernikahan.

Bagaimana kalau kali ini kami mengajak Anda untuk melirik kota lain sebagai alternatif tempat pernikahan yang unik selain Bali.

Solo

Solo masih menjadi pilihan utama untuk para pasangan yang menginginkan biaya prosesi pernikahan murah.

Kota yang ramah layaknya kota wisata, serta konsep area pernikahan yang bernuansa Jawa menjadikan momen pernikahan lebih istimewa. Walaupun, mempelai tidak menggunakan runtutan upacara pernikahan adat Jawa yang lengkap.

Tahun lalu, Rizal, vokalis dari band Armada, melangsungkan pernikahannya di Solo. Selain karena calon istrinya berasal dari Solo, ia pun mengakui bahwa biaya pernikahan di kota ini lebih murah.

Dengan Rp 31 juta, Anda sudah bisa menyediakan tempat untuk 300 orang. Angka ini sudah termasuk fasilitas katering untuk 300 orang, gedung, dekorasi, bahkan tata rias pengantin yang semuanya diurus oleh wedding organizer (WO).

Sedangkan di Jakarta, biaya pernikahan tanpa WO untuk 200 orang tamu adalah sekitar Rp 48 juta.

Bahkan jika Anda ingin melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa Tengah lengkap seklipun, maka paketnya sekitar Rp 13 juta. Angka ini bisa lebih murah lagi kalau proses sebelum akad, seperti widodareni dan siraman, diselenggarakan oleh keluarga sendiri.

Selain murah untuk melangsungkan pernikahan, Solo juga bisa dijadikan tujuan bulan madu yang murah meriah.

Malang

Selain kota dengan biaya hidup murah, Malang juga bisa menjadi kota alternatif untuk melangsungkan pesta pernikahan yang istimewa, dengan harga yang ramah.

Tahun lalu ada pasangan pengantin yang mengeluarkan biaya Rp 35 juta untuk pesta pernikahan outdoor bertema bohemian. Biaya ini sudah termasuk arena resepsi pernikahan, baju pengantin, kostum untuk orang tua mempelai, katering, bahkan band pengisi acara.

Salah satu strategi penghematan adalah menjadikan anggota keluarga dan sahabat sebagai panitia. Sehingga mereka tidak perlu membayar jasa WO.

Tidak hanya berkesan bagi pengantin, pesta pernikahan dengan tema yang unik ini juga bisa menjadi pengalaman berkesa bagi para tamu yang datang.

Setelah pesta pernikahan selesai, Anda dan keluarga bisa langsung berwisata menikmati kota apel ini.

Bandung

Tidak hanya menjadi pusat fashion yang unik dan terjangkau, menikah di kota kembang juga biayanya cukup terjangkau. Triknya adalah dengan menggunakan restoran sebagai tempat resepsinya.

Ada beberapa rekomendasi restoran dengan budget di bawah Rp 10 juta untuk kebutuhan resepsi pernikahan. Jika tamu Anda tidak lebih dari 150 orang, maka angka ini sudah cukup untuk pernikahan Anda. Hal ini juga karena ada restoran yang menawarkan paket katering Rp 150.000 per orang.

Anda juga bisa leluasa menentukan konsep yang diinginkan, apakah ingin pernikahan di dalam gedung atau di luar.

Pihak restoran juga akan menyediakan perlengkapan pesta seperti dekorasi dan panggung pelaminan. Cukup murah kan?

Sedangkan untuk paket 300 orang tamu dengan katering prasmanan seharga Rp 35 juta. Angka ini sudah termasuk biaya dekorasi, sewa gedung, dan kebutuhan pesta lainnya.

married couple

Bagaimana membuat pesta pernikahan murah meriah?

Tidak lengkap rasanya kalau kami hanya memberikan rekomendasi tanpa adanya tips dan trik untuk mempermudah perencanaan pernikahan Anda.

Contek pasangan lain

Tiga kota di atas merupakan destinasi liburan murah meriah bagi masyarakat Indonesia, sehingga tidak mengherankan kalau pantas untuk dilirik menjadi tempat proses pernikahan selain Bali.

Lebih bagus lagi, sebelum memulai persiapan pernikahan, baca cerita prosesi pernikahan dari pasangan-pasangan lain. Anda bisa mendapatkan referensi tempat resepsi pernikahan yang murah, serta tema pesta pernikahan yang unik.

Bahkan untuk membuat artikel ini pun, kami menyontek cerita beberapa pasangan yang menyelenggarakan pernikahannya secara murah meriah.

Gunakan momen hari raya

Kenapa banyak pasangan yang menikah setelah Lebaran? Karena pada momen Lebaran, seluruh keluarga berkumpul. Dengan demikian, calon pengantin bisa mengenalkan pasangan mereka ke keluarga besar sekaligus membicarakan kepanitiaan pernikahan.

Cara ini juga efisien karena Anda tidak perlu bersusah payah menyocokkan waktu untuk mengumpulkan anggota keluarga.

Tidak perlu konvensional

Jadilah pasangan kreatif! Jangan terpaku dengan cara konvensional dalam menyelenggarakan pernikahan.

Adakan pernikahan dengan cara sederhana di rumah. Hanya undang keluarga inti dari kedua pihak keluarga bersama orang-orang terdekat. Lalu kirimkan makanan, di Indonesia disebut bancaan, ke tetangga sekitar dan orang-orang di luar keluarga inti sebagai pengumuman bahwa Anda sudah menikah.

Nah, bagaimana dengan Anda? Jangan takut menikah karena biaya pernikahan yang mahal. Ada banyak cara untuk membuat resepsi pernikahan Anda hemat dan tetap berkesan. Yang perlu menjadi prioritas adalah persiapan keuangan rumah tangga setelah pernikahan.

Agar Anda lebih mudah dalam mengatur keuangan untuk berbagai kebutuhan, simak rangkaian panduan keuangan ini.

Komentar