Kota-Kota yang Paling Aman dan Nyaman untuk Liburannya Para Introvert / Solo Traveler

Kota-Kota yang Paling Aman dan Nyaman untuk Liburannya Para Introvert / Solo Traveler

Tidak semua orang suka bepergian secara berkelompok. Banyak juga yang lebih senang menikmati liburannya dengan berpetualang sendirian. Apalagi menjelang tahun baru ini, melakukan refleksi dengan liburan sendirian bisa menjadi pilihan yang nyaman dan tepat.

Hanya saja, tidak semua tempat nyaman dan aman untuk dikunjungi sendirian, apalagi untuk wisatawan perempuan. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi tempat-tempat liburan untuk solo traveler di Indonesia. Tidak lupa juga ada beberapa tips yang akan kami sajikan agar liburan Anda tetap lancar walaupun sendirian.

Destinasi wisata untuk solo traveler

Berikut ini adalah beberapa tujuan wisata di Indonesia yang aman bahkan jika Anda pergi sendirian.

Makassar, Sulawesi Selatan

Kota ini memang tujuan yang tepat jika Anda berniat melakukan wisata kuliner. Selain itu, keindahan alamnya juga menarik banyak wisatawan.

Makassar juga dikenal sebagai kota yang aman dan nyaman bagi para solo traveler. Hal ini karena Makassar memiliki fasilitas transportasi dan akomodasi yang memadai. Bahkan, area-area wisatanya pun cenderung ramai.

Jadi jangan khawatir untuk menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata Anda. Jangan lupa juga untuk mencicipi hidangan khas Makassar seperti es pisang ijo, sop konro, dan coto.

Jika dikalkulasikan, berlibur ke Makassar membutuhkan dana antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta rupiah untuk liburan 3 hari 2 malam. Angka ini, bisa termasuk tiket pesawat jika Anda menggunakan penerbangan Low Cost Carrier (LCC).

Malang, Jawa Timur

Tentu saja Malang masuk ke dalam daftar kota di Indonesia yang nyaman dan aman untuk dikunjungi sendirian. Apalagi kalau Anda memang ingin bersantai sembari menikmati suasana kota yang unik.

Sarana transportasi dan akomodasi di kota ini sudah lengkap. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata, baik itu di dalam kota Malang maupun di area Batu.

Biaya liburan di Malang juga relatif murah, karena kota ini merupakan kota pelajar. Sehingga harga-harganya pun disesuaikan dengan kemampuan mereka.

Bagi Anda yang ingin ke Malang, bisa menyiapkan uang antara Rp 750 ribu sampai Rp 1 jutaan, tergantung gaya liburan Anda. Di kota ini masih ada penginapan seharga Rp 100 ribu per malam, sedangkan hotel ada yang tarifnya di bawah Rp 300 ribu. Jangan takut kelaparan, karena dengan Rp 20 ribu, Anda sudah bisa menikmati makanan lengkap seporsi.

Karena aman dan murah, maka Malang merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk Anda yang suka berpetualang sendirian.

Solo, Jawa Tengah

Satu lagi kota di Indonesia yang terkenal dengan harga-harga murahnya. Kota Solo dikenal sebagai destinasi wisata yang murah, serta aman dan nyaman bagi solo traveler. Bahkan, bagi wisatawan perempuan yang bepergian sendiri.

Sarana transportasi di kota ini sudah lengkap. Destinasi wisatanya pun beragam, baik itu wisata budaya maupun wisata alam. Salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi adalah air terjun Grojogan Sewu.

Sebenarnya jika Anda bepergian sendiri ke Solo ala backpacker, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Kalau Anda ke pasar Gede, ada banyak makanan dengan kisaran harga Rp 10 ribu. Artinya dengan uang Rp 1 juta, tidak termasuk pesawat, Anda sudah bisa leiburan di kota Solo selama 3 hari 2 malam.

Yogyakarta

Yogyakarta menjadi kota yang banyak dituju para wisatawan karena potensi wisata budaya dan alamnya. Kota ini pun merupakan kota yang aman dan nyaman untuk Anda yang ingin bepergian sendiri.

Bisa dikatakan Yogyakarta adalah area strategis ke beberapa objek wisata, seperti Borobudur, berbagai area pantai, hingga air terjun Sri Gethuk. Jadi wisatawan bisa menghabiskan lima hari di kota ini dan bisa mengunjungi beberapa objek wisata sekaligus. Apalagi sudah banyak sarana transportasi umum yang bisa membawa Anda berkeliling Yogyakarta.

Untuk belanja dan makan-makan, Yogyakarta dikenal menawarkan harga yang terjangkau. Jadi tidak mengherankan kalau kota ini terpilih menjadi kota yang nyaman dan aman bahkan jika Anda bepergian sendiri.

Yogyakarta masih memiliki hotel yang tarifnya Rp 200 ribuan untuk dua malam. Anda bisa menyiapkan Rp 1 juta untuk berlibur ke sini, dengan durasi 3 hari 2 malam.

Bandung, Jawa Barat

Kota Kembang ini merupakan tujuan utama banyak warga Jakarta setiap akhir pekan. Area-area yang ramai dikunjungi wisatawan seperti Lembang selalu padat setiap minggunya.

Bandung merupakan kota yang aman untuk dikunjungi siapa saja, bahkan jika Anda ke sana sendirian. Fasilitas akomodasinya memadai, sarana transportasinya pun lengkap.

Untuk masalah belanja, jangan ditanya lagi. Bandung adalah surganya wisata kuliner dan souvenir menarik. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, dengan pilihan yang beragam.

Bahkan, menikmati pasar malam di area Dago saat akhir pekan pun aman dan menyenangkan. Di sini Anda bisa melihat orang-orang memakai kostum seram dan lucu. Ada banyak jajanan, hingga pertunjukan musik.

Jika Anda berada di Jakarta, ke Bandung merupakan pilihan yang murah. Ongkos transportasi dari Jakarta ke Bandung sekitar Rp 60 ribu sampai Rp 150 ribu, tergantung jenis kelasnya. penginapan di Bandung juga ada yang harganya dibawah Rp 100 ribu per malam. Jadi bisa dikatakan uang yang perlu disiapkan untuk liburan ke Bandung pun hanya di kisaran Rp 1 juta rupiah untuk 3 hari 2 malam.

Ada banyak pilihan untuk penginapan di kota-kota ini. Jadi, pastikan Anda sudah mencari penginapan secara online sebelum berangkat.

lembang

Siapkan beberapa hal ini sebelum berangkat!

Kalau Anda menyukai bepergian sendiri, kemungkinan besar Anda adalah tipe orang yang tidak ingin ribet. Namun jangan meremehkan persiapan yang matang untuk liburan Anda.

Pastikan beberapa hal ini ada dalam check list Anda.

Kotak Pertolongan Pertama (P3K)

Item ini sudah jelas dibutuhkan setiap saat. Setidaknya Anda memiliki perlengkapan P3K sederhana seperti plester luka, antiseptic, dan obat-obatan yang dibutuhkan.

Persiapan ini penting karena Anda harus bisa merawat bisa diri sendiri jika terjadi sesuatu. Apalagi jika Anda harus berjalan kaki dalam jarak yang cukup jauh, adanya P3K bisa menolong jika Anda mengalami lecet atau memar di tengah perjalanan.

Pertolongan saat darurat

Tidak ada yang merencanakan Simpan nomor darurat seperti asuransi, kantor polisi, dan keluarga dekat. Namun mengantisipasi merupakan langkah yang tepat, apalagi untuk situasi darurat.

Pastikan Anda menyimpan nomor-nomor darurat seperti nomor kontak asuransi, serta kantor polisi setempat. Anda juga sebaiknya memiliki aplikasi transportasi online untuk mempermudah perjalanan. Apalagi belum tentu Anda memahami rute angkutan umum di area liburan.

Rencana perjalanan yang jelas

Bepergian dengan spontan memang menyenangkan. Tapi jika Anda liburan sendirian, maka cara ini bisa berisiko.

Hal ini karena Anda tidak mengetahui kondisi dari tempat yang dituju. Apakah aman untuk pelancong yang datang sendirian atau tidak?

Oleh karenanya, pastikan Anda mencari informasi tentang tempat yang ingin dituju. Mulai dari jaraknya dengan penginapan, fasilitas, hingga kondisi keseluruhan. Informasi mengenai beberapa hal ini pun bisa didapatkan dari review yang ada di internet.

Jika ada kebutuhan tambahan, Anda bisa segera berbelanja agar tidak panik saat sampai di kota tujuan. Kebutuhan tambahan misalnya, jas hujan atau jaket karena kota tujuan sedang dalam masa cuaca dingin.

Kuota internet

Memang tidak semua tujuan wisata memiliki sambungan internet. Jika Anda tidak ingin terkoneksi dengan internet, pastikan tempat yang Anda tuju merupakan sebuah resort yang aman.

Beda halnya kalau tujuan liburan Anda merupakan area yang besa diakses internet. Anda harus memastikan bahwa kuota internet yang dimiliki cukup untuk keperluan selama liburan.

Selain agar tidak repot harus mengisi ulang kuota, adanya internet juga memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai informasi seperti transportasi, letak tempat wisata, harga tiket masuk, ketersediaan restoran, hingga memesan makanan kalau Anda tidak ingin keluar hotel di malam hari.

Asuransi perjalanan

Bisa dikatakan bahwa item satu ini seringkali dianggap tidak penting untuk dimiliki. Namun mengantisipasi selalu merupakan langkah terbaik.

Anda bisa apply polis asuransi perjalanan sebelum hari keberangkatan. Asuransi ini tidak hanya menjamin kebutuhan medis selama liburan, melainkan juga klaim kehilangan barang di bagasi. Jadi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan asuransi perjalanan.

Sekarang tinggal matangkan rencana Anda untuk solo traveling tahun depan. Jangan takut untuk berpetualang sendirian, karena banyak tempat yang aman dan nyaman di Indonesia.

Komentar