5 Bank Pilihan Untuk Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Terbaik

5 Bank Pilihan Untuk Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Terbaik

Menghadapi berbagai macam keperluan, tidak jarang mengajukan pinjaman pada bank menjadi pilihan. Pastinya banyak bank yang bersedia memberikan layanan pinjaman ini pada siapa saja yang memenuhi persyaratan.

Pada dasarnya ada dua jenis pinjaman pribadi yang bisa diajukan oleh masyarakat ke bank, pinjaman dengan agunan dan pinjaman tanpa agunan (KTA). Pinjaman dengan agunan mengharuskan Anda untuk menjadikan aset pribadi sebagai jaminan selama masa pelunasan cicilan. Sedangkan, KTA tidak mengharuskan Anda untuk menjaminkan aset senilai jumlah pinjaman.

Apa itu KTA?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan produk keuangan yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya dalam bentuk pinjaman tanpa agunan atau jaminan.

Proses pengajuan KTA sendiri bisa dilakukan dengan datang langsung ke bank, atau secara online. Karena KTA tidak memerlukan jaminan, jadi pihak kreditur (bank) tidak perlu memeriksa aset yang hendak dijaminkan. Itulah kenapa lama proses KTA dari pengajuan hingga pencairan dana cenderung cepat, yaitu antara tiga sampai tujuh hari.

Pinjaman jenis ini cocok untuk berbagai jenis keperluan, terutama untuk keperluan jangka pendek seperti perbaikan kendaraan atau renovasi rumah.

Untuk mendapatkan KTA, persyaratan mendasar yang wajib dipenuhi oleh calon debitur adalah:

  1. Minimal usia 21 tahun
  2. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  3. Memiliki rekening tabungan
  4. Memiliki penghasilan bulanan
  5. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Adapun persyaratan lain seperti minimum penghasilan bulanan dan kepemilikan kartu kredit, maupun kepemilikan pekerjaan berbeda pada tiap banknya.

Satu hal yang perlu Anda ingat saat mengajukan KTA adalah, walaupun tanpa jaminan, Anda tetap harus bisa menjaga catatan kredit di Bank Indonesia (BI) tetap bersih dengan disiplin membayar angsurannya. Karena jika Anda hendak mengajukan pinjaman lagi, pihak bank atau lembaga keuangan manapun pasti akan memeriksa kredibilitas Anda lewat BI checking.

Sebagai pertimbangan, berikut adalah lima bank dengan program KTA yang bisa Anda pertimbangkan. Kelima bank ini kami pilihkan karena fiturnya yang memudahkan dan besaran maksimum pinjaman yang bisa Anda miliki.

Proses persetujuan paling singkat – KTA cepat cair

Tidak ada yang bisa menyangka kapan kebutuhan mendadak datang. Misalnya, Anda harus merenovasi rumah karena musim yang tidak menentu atau ada anggota keluarga yang membutuhkan perawatan medis mendadak. Di saat-saat seperti inilah Anda membutuhkan pinjaman dana cepat.

Untuk mengatasi kebutuhan dana mendadak seperti contoh di atas, Anda membutuhkan layanan pinjaman dengan proses persetujuan cepat. Mungkin sudah mendengar program Tunaiku dari Amar Bank. Tunaiku merupakan produk keuangan berupa layanan pinjaman tanpa agunan ini sudah ada sejak tahun 2014.

Dalam pengoperasiannya, Tunaiku memanfaatkan teknologi digital untuk mempercepat proses pengumpulan, analisa, dan proses persetujuannya dalam waktu 24 jam. Sehingga produk keuangan ini cocok untuk Anda yang membutuhkan dana cepat dana aman.

Dalam proses pengajuannya, Anda tidak membutuhkan alasan yang muluk seperti membangun rumah atau untuk biaya sekolah. Anda bisa mengatakan bahwa Anda hanya ingin merenovasi rumah dan tetap mendapatkan persetujuan. Adapun wilayah yang dijangkau oleh layanan Tunaiku juga cukup luas, yaitu Jabodetabek, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Bandung, Kabupaten Bandung, Semarang, Kabupaten Semarang, Medan, Palembang, Padang, Pekanbaru, Bandar Lampung, dan Makassar.

Tunaiku 
Minimum PinjamanRp 2.000.000
Maksimal PinjamanRp 15.000.000
Lama Tenor6 – 15 bulan
Suku Bunga Flat 3% per bulan
Minimum PenghasilanRp 2.000.000
Tunaiku

Tunaiku

Proses approval hanya 24 jam

Bunga flat 3% per bulan

KTA bunga rendah terjangkau untuk cicilan yang ringan 

Jika Anda sedang mencari pinjaman bank berupa kredit tanpa agunan (KTA) dengan beban angsuran yang ringan, maka bank Dana Bantuan Sahabat (DBS) bisa menjadi pertimbangan Anda.

Bunga cicilan dari pinjaman DBS masih terjangkau yaitu 0,95% per bulan atau 11,40% per tahun. Dengan kemudahan ini, Anda tidak perlu takut dengan jumlah angsuran yang memberatkan.

Bank DBS menyediakan produk keuangan berupa pinjaman multiguna dengan tenor antara 12, 24, dan 36 bulan. Layanan ini memungkinkan Anda untuk memiliki dana dengan proses yang relatif singkat yaitu tiga hari.

Pengajuan pinjaman pribadi dari bank DBS sendiri bisa dilakukan secara online melalui website website keuangan seperti AturDuit yang bekerjasama dengan DBS. Setelah itu, Anda tinggal menunggu dihubungi oleh pihak bank untuk kelanjutan prosesnya.

KTA DBS 
Minimum PinjamanRp 5.000.000
Maksimal PinjamanRp 200.000.000
Lama Tenor12, 24, 36 bulan
Suku Bunga 0,95 % per bulan atau 11,40% per tahun
Minimum PenghasilanRp 5.000.000
DBS

DBS

Suku bunga yang ringan, hanya 0,95% per bulan

Proses persetujuan 3 sampai 5 hari kerja

KTA dengan maksimum pinjaman / limit kredit paling tinggi

Kebanyakan bank memberikan nilai maksimal untuk pinjaman KTA adalah Rp 200 juta, namun Standard Chartered berani memberikan maksimal pinjaman Rp 300 juta untuk nasabahnya. Jadi, kalau Anda membutuhkan dana dengan jumlah yang cukup besar, silakan untuk melirik bank yang satu ini.

KTA dari Standard Chartered menawarkan pinjaman dari Rp 5 juta hingga Rp 300 juta dengan tenor maksimal 30 bulan. Keuntungan lain dari program KTA ini adalah bunga cicilan nya yang terjangkau yaitu 11,76% sampai 19,08% per tahun.

Anda juga bisa mengajukan pinjaman berupa KTA Standard Chartered secara online. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu telpon dari petugas untuk melakukan pengisian data secara lengkap.

Waktu proses KTA Standard Chartered sama dengan bank lainnya, yaitu tiga sampai lima hari kerja. Jadi pada dasarnya, Anda bisa berkesempatan mendapatkan dana pinjaman yang lebih besar dengan persyaratan yang sama dengan bank lainnya.

KTA Standard Chartered 
Minimum PinjamanRp 5.000.000
Maksimal PinjamanRp 300.000.000
Lama Tenor12 – 60 bulan
Suku Bunga 11,76% sampai 19,08% per tahun
Minimum PenghasilanRp 8.000.000
Standard Chartered

Standard Chartered

Pinjaman sampai Rp 300 juta dengan bunga cicilan yang terjangkau

Tenor hingga 30 bulan

Pinjaman yang fleksibel dan bisa ditop-up

Pernah berfikir jika Anda mengajukan pinjaman ke bank, dan ternyata Anda membutuhkan dana lebih. Contohnya, Anda membutuhkan biaya pengobatan, dan ternyata biaya bertambah pada proses pengobatan. Untuk kondisi seperti ini, yang dibutuhkan adalah produk KTA yang fleksibel, dimana Anda bisa melakukan top-up pinjaman.

Dana Cinta memberikan layanan yang memungkinkan Anda mendapatkan pinjaman hingga delapan kali lipat dari gaji penghasilan. Dana Cinta juga cukup fleksibel dengan tenor hingga 60 bulan dan penawaran top-up.

Program ini cocok untuk mendukung kebutuhan keuangan Anda baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi baik Anda seorang karyawan, professional, maupun pengusaha, Dana Cinta harus menjadi pertimbangan Anda dalam mencari KTA.

Dana Cinta CTBC 
Minimum PinjamanRp 5.000.000
Maksimal PinjamanRp 200.000.000
Lama Tenor12 – 60 bulan
Suku Bunga 1,29% sampai 2,49%
Minimum PenghasilanRp 3.500.000
Dana Cinta CTBC

Dana Cinta CTBC

Pinjaman yang fleksibel, bisa top-up, dan bunga cicilan yang kompetitif

Minimum penghasilan rendah

KTA yang tidak mengharuskan Anda berpenghasilan besar

Anda masih ingin mencari referensi KTA yang terbaik? Salah satu faktor krusial yang harus diperhatikan adalah nominal minimum penghasilan. Jika Anda tidak memiliki penghasilan yang besar, maka coba telusuri Kredit Ringan BTN.

Keunggulan dari program kredit ini adalah, Anda bisa mengukan pinjaman dengan minimum penghasilan kasar bulanan Rp 3 juta. Oleh karenanya, pastikan Anda menjadikan Kredit Ringan BTN pertimbangan saat memilih KTA.

Sebagaimana produk KTA lainnya, Kredit Ringan BTN tidak meminta jaminan dari Anda. Anda hanya parlu memenuhi persyaratan administratif, lalu jika pengecekan kredit Anda berjalan lancar maka Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dari BTN.

Maksimal dana pinjaman yang bisa Anda dapatkan dari program KTA ini adalah Rp 100 juta. Bunga cicilan yang ditawarkan juga kompetitif, yaitu bunga pinjaman tetap 9,75% sampai 11,25%, dengan maksimal tenor lima tahun.

KTA BTN 
Minimum PinjamanRp 5.000.000
Maksimal PinjamanRp 100.000.000
Lama Tenor1 – 5 tahun
Suku Bunga 9,75% sampai 11,25%
Minimum PenghasilanRp 3.000.000
Kredit Ringan BTN

Kredit Ringan BTN

Cukup dengan minimal penghasilan kasar Rp 3.000.000

Waktu proses singkat (3 hari)

Dari lima rekomendasi di atas, mana yang paling Anda butuhkan? Perhatikan jenis kondisi atau situasi yang membuat Anda memerlukan tambahan dana. Jangan sampai Anda malah terbebani dengan pembayaran cicilan dan tenor yang terlalu lama.

Pastikan Anda tidak hanya menentukan benefit apa yang ingin Anda dapatkan dari KTA yang diajukan, melainkan juga rencana pembayarannya. Karena bagaimanapun, kedisiplinan Anda dalam melunasi pinjaman dari bank akan menjadi catatan Anda di BI. Jika catatan kredit Anda buruk, maka Anda akan kesulitan dalam mendapatkan pinjaman berikutnya dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

Komentar