Lima Langkah Sederhana Untuk Mendapatkan Pinjaman Pribadi

mendapatkan pinjaman

Perlu uang tunai untuk membeli mobil baru atau membayar paket wisata ke Eropa yang selalu Anda impikan

Perlu uang tunai untuk membeli mobil baru atau membayar paket wisata ke Eropa yang selalu Anda impikan, tetapi tak mau repot oleh proses membosankan untuk mengajukan permohonan pinjaman pribadi? Bersiaplah untuk terkejut. Walaupun mungkin tampak menakutkan, mengajukan permohonan pinjaman pribadi sebenarnya adalah sebuah proses yang sangat sederhana.

Berikut adalah lima langkah sederhana untuk memulai permohonan pinjaman pribadi Anda:

1. Telitilah dan Bandingkan Pilihan Anda

Mendapatkan pinjaman pribadi mirip dengan memilih mobil yang tepat untuk dibeli. Sebelum memilih, Anda harus terlebih dahulu melakukan penelitian menyeluruh. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan termasuk suku bunga, biaya & biaya, persyaratan pribadi Anda dan sebagainya.

Sebagai permulaan, gunakan situs perbandingan seperti AturDuit.com bila memungkinkan. Website seperti ini mengkompilasi informasi  dari berbagai sumber dan menyajikannya dengan format yang mudah dipahami, menghemat waktu dan tenaga untuk meneliti satu-satu. Seringkali, situs ini juga menyediakan panduan yang berguna dan tips tentang apa yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman uang.

2. Menilai Situasi Keuangan Pribadi Anda

Setelah mengumpulkan informasi ini, bandingkan pilihan terbaik yang tersedia untuk Anda dengan situasi pribadi Anda. Ukurlah seberapa banyak Anda perlu membayar secara bulanan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar melunasi pinjaman, dan apakah keuangan pribadi Anda memungkinkan untuk pinjaman tersebut. Pilihlah satu yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

3. Cari Formulir Aplikasi yang Tepat

Seringkali, bank menyediakan form aplikasi pinjaman di situs Web mereka. Atau, Anda bisa mengunjungi sendiri cabang, atau mengatur perwakilan bank untuk bertemu dengan Anda. Beberapa bank bahkan mungkin memungkinkan aplikasi telepon atau online, yang sangat menyederhanakan proses aplikasi.

4. Baca Baik-Baik Aturannya & Konfirmasilah Angka-Angkanya

Adalah bijaksana untuk mengkonfirmasi pembayaran bulanan Anda, jangka waktu pinjaman, dan biaya lain-lain bersama-sama dengan bank Anda sebelum penandatanganan perjanjian kredit. Lihatlah hati-hati persyaratan pinjaman karena kesalahan dapat terjadi. Juga dianjurkan untuk menghabiskan beberapa menit mereview lagi syarat-syaratnya untuk memastikan Anda tidak terjebak di masa depan.

5. Menyerahkan Dokumentasi Pinjaman Diperlukan

Akhirnya, siapkan semua dokumen yang dibutuhkan agar pinjaman Anda disetujui. Di bawah ini adalah daftar dokumen yang umumnya dibutuhkan oleh bank:

Jika Anda adalah karyawan

• Sebuah formulir yang telah diisi lengkap
• Salinan kartu identitas
• Salinan slip pembayaran bulan Anda saat ini atau sebelumnya ATAU laporan bank menunjukkan gaji dikreditkan ke rekening Anda

Jika Anda wiraswasta

• Sebuah formulir yang telah diisi lengkap
• Salinan kartu identitas atau dokumen penduduk tetap
• Salinan Berkas Pajak Penghasilan terbaru Anda dengan penerimaan pembayaran pajak
• Salinan Sertifikat pendaftaran usaha

Perhatikan bahwa ini adalah hanya dokumentasi umum yang dibutuhkan. Tergantung pada bank dan faktor-faktor lain, dokumen lebih mungkin diperlukan sebelum pinjaman disetujui.

Periode persetujuan pinjaman pribadi dapat berbeda antara bank, tergantung pada sejarah kredit peminjam dan jenis pinjaman terapan (dijamin atau yang dijamin).

Siap untuk mengajukan permohonan pinjaman uang? Cari tahu mana bank yang menawarkan tingkat suku bunga terendah untuk KTA di Indonesia.

Komentar