Bahan Makanan Murah yang Mampu Mencegah Kanker

Bahan Makanan Murah yang Mampu Mencegah Kanker

Indonesia baru-baru ini mendapatkan kabar duka dari aktris senior Ria Irawan. Beliau meninggal dunia tanggal 6 Januari 2020 setelah berjuang melawan kanker.

Kita semua tahu bahwa kanker bisa menyerang siapa saja, bahkan seseorang yang tampak memiliki kebiasaan hidup sehat. Oleh karenanya, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah berusaha mencegah kanker dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Jika Anda berfikir bahwa bahan makanan yang bisa mencegah kanker mahal, maka sebaiknya Anda simak tips dan informasi yang akan kami jabarkan berikut ini.

Tempe

Makanan khas orang Indonesia ini ternyata memiliki potensi kesehatan yang besar. Menurut penelitian, tempe mengandung isoflavon yang berfungsi membantu perbaikan sel. Selain itu, zat ini juga bermanfaat melawan sel-sel kanker. Makanan ini bermanfaat untuk mencegah kanker payudara dan prostat.

Bumbu dapur

Bumbu seperti bawang putih, jahe, dan kunyit juga merupakan bahan makanan yang baik untuk melawan kanker.

Sebenarnya, sudah ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa bawang putih bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Di antaranya adalah kanker prostat, mulut, perut, ginjal, dan kolorektal. Namun, tentunya jumlah penelitian ini masih sedikit untuk mengatakan jenis bumbu ini bisa mengobati kanker. Oleh karenanya, bawang putih hanya bisa dikatakan sebagai makanan pencegah kanker bukan untuk mengobati.

Sedangkan jahe merupakan makanan yang dipercaya bisa mencegah perkembangan sel tumor. Ingat, mencegah dan bukan mengobati.

Pada kasus kanker, jahe digunakan untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan pasien dalam periode kemoterapi.

Dalam mengonsumsi jahe, sebaiknya memang untuk mengolah dalam bentuk jahenya langsung atau bukan bentuk ekstrak. Hal ini untuk menjaga khasiat jahe, karena kandungan jahe yang sudah diekstrak berbeda dengan yang masih utuh.

Makanan dengan lemak tak jenuh

Tipe lemak yang sehat justru akan melindungi Anda dari kanker. Contoh dari lemak yang sehat adalah lemak tak jenuh yang ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat.

Mengurangi konsumsi makanan dengan lemak jenuh yang tinggi seperti daging merah juga bisa menjadi strategi untuk mencegah kanker.

Sayuran dan buah-buahan

Ternyata sayuran dan buah-buahan tidak hanya bisa menjadi sajian yang enak, melainkan juga bisa membantu pencegahan kanker.

Sayur yang direkomendasikan untuk mencegah kanker adalah brokoli dan wortel. Brokoli memiliki kandungan sulfur yang bisa mencegah perkembangan sel kanker payudara hingga 75%. Selain itu, brokoli juga menurunkan risiko kanker kolon dan kolorektal, serta menurunkan volume tumor.

Kemudian, wortel dapat menurunkan risiko kanker perut hingga 24%. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa wortel dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, bahkan bagi para perokok.

Buah yang dianjurkan untuk mencegah kanker adalah raspberry dan bilberry. Raspberry terbukti bisa mencegah perkembangan kanker mulut dan tumor esofagus. Sedangkan bilberry bisa mencegah perkembangan kanker kolorektal.

Bahan-bahan makanan di atas bisa Anda temukan di supermarket atau pasar tradisional. Selain sehat, harganya pun tidak mahal sehingga bisa Anda beli walaupun sedang dalam masa penghematan.

memasak

Sumber image : Pexels.com

Cara menyajikan makanan untuk cegah kanker

Selain bahan makanannya, cara penyajiannya juga harus tepat. Berikut ini beberapa poin yang harus diingat saat menyajikan makanan.

Mencuci bahan makanan sebelum dimasak

Jangan anggap remeh proses mencuci bahan makanan sebelum dimasak. Langkah ini bisa mengurangi kadar pestisida pada bahan makanan.

Cuci sayuran, buah, bumbu, bahkan daging sebelum diproses. Untuk brokoli, rendam dalam air hangat yang dicampur garam untuk membersihkan serangga kecil dan kotoran di antara daunnya.

Jangan masak sayuran terlalu matang

Memasak sayuran terlalu lama bisa menghilangkan vitamin dan kandungan baik yang ada di dalamnya.

Hati-hati karsinogen

Terkadang kita tidak tahu bahwa cara pengolahan makanan sehari-hari bisa menjadi pemicu kanker. Karsinogen merupakan zat yang terdapat pada makanan dan bisa menyebabkan kanker. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah karsinogen pada makanan kita.

  • Jangan memasak minyak pada suhu yang terlalu panas dan waktu lama saat memasak.
  • Hindari makanan yang sudah bau atau berjamur, jangan berfikir bahwa membuang bagian yang berjamur menjadikan makanan aman untuk dikonsumsi.
  • Simpan minyak di tempat yang gelap dan kering, karena suhu panas dan cahaya bisa meningkatkan kadar karsinogen pada minyak.

Makan mentah-mentah

Setidaknya seminggu sekali, usahakan untuk makan sayuran mentah, baik itu berupa salad atau lalapan. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk pencegahan kanker lebih banyak terdapat pada sayuran yang mentah.

Nah, tidak mahal kan untuk mencegah kanker? Selain makanan yang sehat, gaya hidup sehat juga bisa membantu Anda mencegah kanker. Gaya hidup sehat yang dimaksud seperti berolah raga, menjaga berat badan, dan mengurangi stres. Melakukan pengecekan dini terhadap gejala kanker juga menjadi langkah penting.

Selain mahal, belum ada jaminan seseorang bisa 100% sembuh dari kanker. Jadi, mulailah hidup sehat dari sekarang. Jangan lupa juga untuk menyimak produk keuangan seperti apa yang bisa digunakan oleh orang yang mengidap penyakit kritis.

Komentar