Solusi Efektif Menabung dan Memaksimalkan Hasil Saldo Anda

Solusi Efektif Menabung dan Memaksimalkan Hasil Saldo Anda

Tabungan tidak pernah cukup? Mungkin cara Anda dalam mengelola uang harus diubah.

Menabung memang terasa memberatkan, jika Anda merasa jumlah tabungan terus berkurang dan butuh waktu lama untuk mencapai jumlah yang diinginkan. Anda harus menahan diri dengan ekstra, jika ingin mengambil tabungan Anda karena jumlah saldo terus berkurang akibat biaya administrasi dari bank. Belum lagi nilai saldo Anda menurun karena pengaruh inflasi.

Kondisi inilah yang membuat menabung terasa memberatkan. Tidak heran kalau banyak yang kesulitan menabung dan memilih kartu kredit untuk mencukupi keinginan dan kebutuhannya. Hal ini malah menyebabkan menumpuknya kewajiban membayar tagihan. Apalagi, kedisiplinan Anda dalam membayar tagihan kartu kredit berpengaruh pada nilai kredit di Bank Indonesia.

Lalu produk tabungan seperti apa yang Anda butuhkan? Kemudian sebenarnya apa saja produk tabungan yang tersedia dan apa perbedaannya? Berikut akan kami jelaskan mengenai pertanyaan-pertanyaan ini, berikut dengan solusi untuk membuat saldo Anda maksimal.

Produk perbankan untuk menyimpan uang

Kami yakin Anda sudah mengenal produk-produk perbankan yang berfungsi untuk mengamankan dana nasabah. Dalam kesempatan ini, Anda akan diajak mengenal lebih dalam tentang produk perbankan ini. Mengapa produk ini kurang efektif jika Anda ingin produk keuangan yang bisa memaksimalkan nilai saldo Anda, serta fleksibel.

  • Tabungan

Tabungan merupakan produk perbankan yang paling umum. Cara memilikinya sangat mudah, cukup membuat rekening dan Anda bisa langsung menabung di bank tersebut.

Kemudahan lain dari rekening tabungan biasa adalah saldo minimal tidak terlalu besar biasanya Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Selain itu, Anda bisa menarik dana dan melakukan transfer ke rekening lain kapan saja dari tabungan.

Di sisi lain, adanya fasilitas internet banking dan kartu debit yang melengkapi tabungan Anda seringkali membuat Anda kesulitan untuk disiplin dan tidak menggunakan uang dari tabungan. Apalagi jika ada promo menarik dari bank dan merchant maka penggunaan kartu debit secara impulsif dapat terjadi. Pertimbangan lainnya yang perlu Anda pikirkan saat menabung menggunakan rekening tabungan biasa adalah uang yang Anda tabung akan dipotong untuk biaya administrasi. Potongan ini akan membuat saldo Anda berkurang.

Dengan potongan administrasi nilai saldo tidak bertambah kecuali Anda isi. Adapun untuk biaya administrasi ini berbeda di tiap banknya. Kisaran biaya administrasi tabungan adalah dari Rp 7.500 sampai Rp 20.000 per bulan.

Dengan demikian, Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki produk keuangan lainnya agar memiliki jumlah dana yang diinginkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Tentunya, yang tidak ada biaya administrasinya.

  • Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka bisa dibilang merupakan solusi yang memaksa Anda untuk disiplin dalam menabung. Bagaimana tidak, Anda tidak bisa menggunakan uang yang ada di dalam tabungan berjangka kecuali masa kontraknya sudah habis.

Yang menguntungkan dari tabungan berjangka adalah saldo Anda bisa mendapatkan bunga sebesar 3% sampai 7% per tahunnya. Artinya, jika Anda mengambil tabungan berjangka, maka saldo akhir tabungan Anda akan bertambah dan jumlah yang diinginkan pun bisa terkumpul.

Namun karena jenis tabungan ini tidak dapat diambil kapan saja maka Anda harus memiliki dua akun tabungan atau rekening. Yaitu rekening tabungan yang bisa dipergunakan uangnya kapan saja dan tabungan berjangka. Terdengar kurang praktis memang, akan lebih baik lagi jika ada produk keuangan dengan manfaat layaknya tabungan berjangka, tapi liquid dan fleksibel seperti tabungan biasa. Dengan demikian, Anda cukup menggunakan satu akun untuk semua keperluan.

  • E-Wallet

Pernah dengar tentang e-wallet? E-wallet atau dompet elektronik merupakan sebuah sistem pembayaran yang cukup menggunakan akun di sebuah aplikasi atau platform.

E-wallet dibuat untuk memudahkan Anda dalam melakukan transaksi atau membayar tagihan. Pihak pengembang e-wallet akan bekerjasama dengan merchant atau penjual tertentu. Jadi, Anda bisa berbelanja atau menggunakan saldo Anda di merchant yang sudah ada.

Cara untuk memiliki e-wallet cukup mudah, hanya dengan daftar, lalu transfer melalui ATM. Biasanya, saat transfer yang dipilih adalah virtual account. Setiap platform e-wallet memiliki kode uniknya masing-masing.

Di sini uang Anda bisa digunakan kapan saja. Anda bisa menyimpan uang di e-wallet juga. Hanya saja, kelemahannya adalah dana yang sudah masuk ke ewallet tidak bisa ditarik kembali dan saldo yang ada dalam e-wallet tidak akan bertambah atau tetap. Saldo berkurang sesuai dengan jumlah nilai belanja Anda. Dana ini memang digunakan untuk keperluan berbelanja online lewat akun e-wallet.

Adakah alternatif lain?

Setelah Anda melihat bentuk-bentuk produk keuangan untuk menyimpan uang seperti di atas, Anda melihat kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun adakah produk keuangan alternatif yang menggabungkan sisi lebih dari tabungan, tabungan berjangka, bahkan e-wallet?

Apakah Anda pernah mendengar tentang IPOTPAY? IPOTPAY merupakan sebuah platform yang mamksimalkan hasil lebih dari tabungan, tabungan berjangka, dan e-wallet. Berikut cara kerja IPOTPAY dalam membantu Anda mengelola keuangan secara cerdas.

Pertama-tama Anda bisa mengunduh aplikasi IPOTPAY yang sudah tersedia untuk Android dan IOS. Setelah membuat akun, di sini Anda akan dibuatkan rekening dimana Anda bisa menyimpan uang. Uniknya, menyimpan uang di IPOTPAY tidak mengharuskan Anda untuk membayar biaya administrasi. IPOTPAY juga memberikan kebebasan dengan kebijakan tanpa minimal saldo, tanpa minimal limit transaksi. Kemudian jika Anda melakukan transaksi ke bank maka saldo Anda juga tidak akan dipotong biaya transaksi.

Sebagaimana tabungan berjangka, uang yang Anda masukkan di IPOTPAY nilai saldonya akan maksimal dengan revenue pada kisaran 7% sampai 9%  (gross) per tahunnya, tergantung yang didapatkan dari uang Anda. Misalnya, uang awal Anda adalah Rp 15.000.000 maka dalam satu tahun uang itu akan menjadi Rp 16.043.999. Menguntungkan bukan?

Di sisi lain, cara pengelolaan IPOTPAY yang berbeda menjadikan Anda tetap bisa menggunakan dana di saldo Anda, namun uang ini juga tetap bekerja hingga bisa memberikan keuntungan lebih pada nasabah.

Uang yang Anda masukkan di akun IPOTPAY ditempatkan secara otomatis di reksadana pasar uang. Inilah yang membuat uang Anda terus berkembang. Dengan demikian menabung tidak akan memberatkan lagi.

Selain itu, melalui platform IPOTPAY Anda juga bisa berbelanja, membayar tagihan, dan mengirimkan uang ke berbagai bank. Tentunya menggunakan saldo Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan semua benefit hanya dengan satu platform. Nah, menarik kan?

Jadi walaupun uang yang Anda masukkan dalam IPOTPAY dikelola untuk dikembangkan, uang itu tetap liquid dan fleksibel. Artinya Anda tetap bisa menggunakan uang Anda untuk berbagai keperluan kapan saja. Dan yang pasti dana Anda bisa Anda cairkan melalui ATM kapan saja.

Setelah membaca penjelasan ini, Anda pasti melihat bahwa mendapat keuntungan yang maksimal dari tabungan Anda adalah hal yang memungkinkan. Selain itu, sebuah produk keuangan yang menggabungkan benefit dari tabungan, tabungan berjangka, dan e-wallet sudah tersedia untuk Anda.

Kalau diringkas, maka perbedaan antara ketiga produk penyimpanan uang dengan IPotPay adalah sebagai berikut.

TabunganTabungan BerjangkaE-WalletIPotPay
Bunga kecil (berkisar 6% per tahun)Bunga antara 3% sampai 7%Tidak ada bungaRevenue pada kisaran 7% sampai 9% per tahun
Biaya admin (Rp 7.500 sampai Rp 20.000 per bulan)Ada asuransi jiwaTidak ada biaya adminTidak ada biaya bulanan
Ada pajak bunga (jumlah bunga gross dipotong pajak 20%)Ada pajak bunga (jumlah bunga gross dipotong pajak 20%)Tidak ada pajakTidak ada pajak
Dapat ditarik kapan sajaTidak dapat ditarik sebelum selesai jangka waktu menabungnyaTidak dapat ditarik/ dicairkanDapat ditarik kapan saja

Jangan takut untuk mencoba hal baru

Tips yang paling manjur untuk Anda dalam mengelola keuangan dengan efektif adalah jangan pernah takut untuk mencoba hal baru. Di era teknologi ini, kemudahan produk keuangan dalam bentuk fintech akan banyak membantu Anda karena praktis dan efisien.

Cobalah untuk mencari tahu lebih banyak tentang produk keuangan berbasis teknologi. Sehingga Anda bisa mengatur semuanya, mulai dari tabungan hingga pengeluaran, cukup dengan telepon seluler Anda. Tidak perlu juga Anda takut bahwa akan ada yang membobol data Anda karena teknologi ini memiliki sistem pelindung yang aman.

Setelah mengetahui produk-produk keuangan di atas maka sekarang waktunya untuk berinovasi dalam hal keuangan Anda. Ambil smartphone Anda, lalu unduh aplikasi keuangan yang efektif dan menguntungkan seperti IPOTPAY.

Komentar