Manfaat Investasi Untuk Masa Depan Finansial Anda

Manfaat investasiApabila penghasilan bulanan Anda hanya habis untuk kebutuhan sehari-hari, maka salah satu cara untuk meningkatkan kekayaan Anda adalah dengan pandai-pandai memanfaatkan penghasilan tambahan yang tak terduga, seperti Tunjangan Hari Raya (THR) atau bonus dari perusahaan. Sebab, pada saat itulah Anda memiliki uang lebih yang dapat disimpan. Lalu, bagaimana memanfaatkannya agar uang itu tidak habis begitu saja? Mungkin yang pertama terpikir adalah dengan menyimpannya di tabungan bank atau deposito, dan Anda meneguhkan diri untuk tidak akan menggunakan tabungan tersebut. Padahal, salah satu instrumen lain yang patut dilirik adalah investasi. Belum banyak orang yang mengetahui manfaat investasi bagi masa depan. Namun, memang Anda tetap boleh menggunakan uang tersebut untuk keperluan mendadak, seperti untuk biaya rumah sakit atau lainnya. Namun, selain itu, ada baiknya penghasilan bulanan Anda juga disisihkan untuk ditabung, misalnya 70% untuk kebutuhan sehari-hari dan 30% untuk ditabung. Selain menyimpan uang di tabungan bank, Anda juga dapat menginvestasikan uang Anda.

Walaupun banyak orang awam yang menganggap bahwa investasi adalah berisiko tinggi sehingga justru akan menghilangkan uang Anda, tapi sebenarnya jika dijalankan dengan tepat, investasi sungguh membantu dalam melipatgandakan uang Anda. Padahal, yang tidak diketahui oleh mayoritas orang mengenai tabungan di bank adalah suku bunga per tahun yang sangat kecil. Hal itu tentu akan mengurangi nilai tabungan Anda karena tergerus oleh tingkat inflasi yang kenaikannya tiap tahun jauh di atas bunga yang diberikan oleh tabungan Anda. Untuk berinvestasi, tentunya investasi yang dipilih haruslah yang jangka panjang. Sebab, sesungguhnya manfaat investasi inilah yang sangat penting dan berpotensi untuk meningkatkan kekayaan Anda dan keluarga di masa depan. Melalui investasi yang tepat, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat di masa yang akan datang. Karena itulah, banyak orang-orang yang mulai mengalihkan tabungannya ke dalam bentuk investasi. Lalu, apa saja, sih, manfaat investasi? Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapat melalui investasi.

Melindungi uang atau aset Anda dari kenaikan inflasi

melindungi uangInflasi selalu terjadi setiap tahun di mana pun, termasuk di Indonesia. Data menunjukkan bahwa pada tahun 2013 lalu tingkat inflasi di Indonesia mencapai 8,38%. Sementara itu, dalam lima tahun terakhir (2009-2014), tingkat inflasi di Indonesia mencapai 29,52%. Karena itu, kalau Anda tidak menyimpan uang Anda di investasi, maka uang Anda akan tergerus nilainya sebesar tingkat inflasi tersebut. Contoh nyata dari inflasi tersebut adalah jika pada tahun 2000-an Anda bisa membeli dua buah bakwan goreng dengan uang Rp1.000, maka pada 2014 uang Anda yang Rp1.000 itu hanya sanggup membeli satu buah bakwan goreng. Jumlah uang Anda tetap, tetapi daya beli uang Anda melemah. Karena itulah Anda perlu menyimpan uang di sebuah investasi. Nilai uang yang Anda simpan di investasi akan meningkat sesuai dengan kenaikan inflasi, sebab nilai sebuah investasi juga akan meningkat seiring dengan kenaikan inflasi itu sendiri. Sementara itu, jika Anda menyimpan uang di tabungan, bisa jadi nilainya tergerus karena inflasi. Sebab, suku bunga yang diberikan tiap tahun dari bank tidak akan pernah bertambah walaupun inflasi yang terjadi sangat tinggi. Dengan demikian, ketika harga-harga kebutuhan pokok meningkat tinggi, jumlah tabungan Anda hanya meningkat sedikit sekali, tidak cukup untuk mengimbangi kenaikan inflasi.

Meningkatkan nilai aset atau kekayaan Anda

meningkatkan nilai uangSelain untuk menghindari tergerusnya nilai uang Anda, manfaat investasi lainnya adalah untuk meningkatkan nilai kekayaan Anda. Sebagai contoh, investasi di deposito akan menambah 33,82% dari uang Anda, dengan instrumen investasi emas akan meningkat 45,88%, lalu 79,62% keuntungan dari investasi obligasi, dan 180,94% bila menggunakan saham sebagai instrumen investasi. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa investasi bisa mengalahkan inflasi yang 29,52%. Dengan demikian, apabila Anda berencana untuk menabung di masa depan, maka investasi adalah sarana yang tepat. Anda dapat membeli murah sebuah investasi sekarang ini, kemudian menjualnya di masa depan dengan nilai yang diperoleh berkali-kali lipat dari harga belinya.

Memenuhi kebutuhan di masa depan

rumah masa depanAnda tentu tidak tahu kebutuhan di masa depan yang diperlukan apa saja. Untuk mencapai suatu target seperti itu, misalnya untuk membeli mobil, rumah, atau kebutuhan lainnya, Anda akan lebih cepat melakukannya dengan mengumpulkan uang melalui investasi, bukan dengan hanya menyimpan uang di bank. Sebagai bagian dari perencanaan keuangan untuk masa yang akan datang, seperti persiapan pensiun, pendidikan, dan sebagainya, investasi dengan keuntungan paling tinggi adalah investasi di bidang saham yang mencapai 180,95% atau 180,95 kali nilai investasi Anda. Pensiun adalah sesuatu yang dapat dipersiapkan jauh-jauh hari, dan itu sesuai dengan karakter investasi saham yang cenderung memberikan hasil maksimal bila dilakukan dalam jangka waktu panjang. Selain berinvestasi di saham, Anda juga perlu melakukan variasi investasi. Jangan menumpuk uang Anda hanya di satu jenis investasi. Hal itu untuk menghindari hilangnya seluruh uang Anda apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dari investasi Anda. Jika memiliki dana yang cukup, Anda juga dapat berinvestasi di properti, tanah, maupun emas. Manfaat investasi memang tidak terlihat langsung, tapi Anda akan merasakannya nanti di masa depan.

Ingin berinvestasi? Cari tahu mengenai jenis investasi yang berpotensi laris di tahun 2014.

Dalam berinvestasi, Anda pun harus bijak dalam memilih produk investasi.

Komentar