4 Manfaat Utama Jika Usaha Anda Memiliki Surat Izin yang Sah

4 Manfaat Utama Jika Usaha Anda Memiliki Surat Izin yang Sah

Memiliki usaha memang bukan hanya soal modal atau apa yang hendak dipasarkan. Lebih dari itu, Anda juga harus memikirkan bagaimana mengelolanya, termasuk mengrus izinnya yang disebut dengan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Memang tidak semua orang berkeinginan untuk segera mengurus izin saat membuka usahanya. Hal ini bisa dikarenakan beberapa alasan, seperti usaha dirasa belum cukup besar atau takut ditagih pihak pajak. Padahal memiliki izin usaha memberikan lebih banyak manfaat. Mulai manfaat dari segi hukum hingga manfaat pengembangan usaha.

Untuk lebih mempermudah pemahaman mengenai manfaat izin usaha, terutama bagi usaha kecil dan menengah (UKM), kami akan menjelaskan mulai dari definisi mengenai usaha seperti apa yang masuk dalam kategori UKM atau lebih tepatnya UMKMK (Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi).

Definisi usaha kecil dan usaha menengah

Anda pasti sering mendengar singkatan UKM yang sekarang menjadi UMKMK (Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi). Singkatan ini untuk mewakili berbagai jenis usaha sesuai dengan seberapa besar aset dan omzetnya. Pengkategorian jenis usaha ini juga nantinya bertujuan untuk mempermudah pencatatan statistic pemerintah, terkait usaha dan pekreditan.

Untuk mempermudah pembahasan, kami tidak akan menjelaskan tentang koperasi karena bentuk usahanya yang berbeda. Berikut adalah perbedaannya.

Usaha Mikro

Usaha mikro merupakan usaha yang memiliki aset Rp 50 juta atau kurang, dengan omzet Rp 300 juta atau kurang. Kemudian usaha mikro ini adalah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan dan/atau badan perorangan.

Usaha Kecil

Sedangkan usaha kecil adalah usaha yang memiliki aset antara Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, dengan omzet antara Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar.

Usaha kecil juga merupakan usaha produktif yang berdiri sendiri dan bukan merupakan cabang atau anak perusahaan.

Usaha Menengah

Usaha menengah merupakan usaha yang memiliki aset antara RP 500 juta sampai Rp 10 miliar, dengan omzet antara Rp 2,5 miliar sampai Rp 50 miliar.

Sebagaimana usaha kecil, yang dimaksud dengan usaha menengah bukanlah anak perusahaan atau cabang dari perusahaan lain. Melainkan usaha yang berdiri sendiri dan dimiliki oleh perorangan atau badan usaha.

Manfaat memiliki perizinan usaha

Setelah mengetahui definisi dari usaha mikro, kecil, dan menengah, kali ini kami ingin menjabarkan mengenai manfaat jika Anda memiliki perizinan usaha.

Perlindungan hukum

Pastinya memiliki izin yang sah akan memberikan perlindungan hukum bagi Anda dan usaha yang dijalankan.

Izin yang sah ini bisa memberikan perlindungan jika sewaktu-waktu pemilik usaha menghadapi sengketa hukum dengkan pihak lain. Pihak yang berwajib pasti akan meminta izin usaha sebagai bukti legalitas.

Contoh lain, jika terjadi pemeriksaan usaha liar, Anda bisa menunjukkan bukti perizinan ini. Dengan demikian usaha terlindungi dari tindakan pembongkaran petugas.

Mendapatkan kredit usaha

Saat usaha berjalan, Anda mungkin akan membutuhkan tambahan modal. Pihak pemerintah sebenarnya telah menyiapkan fasilitas kredit untuk usaha mikro, kecil, dan menengah melalui bank swasta dan pemerintah.

Untuk mendapatkan kredit usaha ini, Anda harus memiliki SIUP sebagai bukti bahwa usaha yang dijalankan sah dan tidak melanggar hukum. Sehingga pihak bank akan lebih percaya saat memberikan kredit.

Pengembangan usaha

Pasti Anda pernah mendengar program pameran UMKM yang diadakan pemerintah pusat maupun daerah. Program ini dimaksudkan agar masyarakat bisa mengenal dan membeli produk-produk lokal buatan UMKM.

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam program-program pemerintah ini, Anda harus memiliki izin usaha yang sah berupa SIUP.

Lebih lanjut lagi, jika usaha Anda menawarkan jasa yang ditawarkan untuk perusahaan lain, maka kepemilikian SIUP adalah hal yang wajib. Adanya SIUP ini merupakan syarat sebuah usaha bisa ikut dalam penawaran proyek.

Membangun kepercayaan publik

Tentunya dengan adanya izin usaha yang sah, Anda membangun kepercayaan berbagai pihak terhadap usaha yang dijalankan. Hal ini karena dalam bentuk kerjasama antar pemilik usaha, kepercayaan pemberi modal, kredit, bahkan konsumen akan meningkat jika usaha yang Anda jalankan sah.

Kepercayaan publik ini juga penting jika Anda ingin usaha ini kelak makin dikenal masyarakat lebih luas dan memasuki pasar eksport.

Setelah membaca semua manfaat dari izin usaha, jangan sampai enggan untuk mengurus semua keperluan administrasi usaha. Walaupun nantinya usaha Anda memang dikenakan pajak, namun manfaatnya lebih banyak.

Dapatkan juga informasi mengenai cara pembuatan SIUP yang kami sajikan lengkap dengan persyaratan serta langkahnya.

Komentar