Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit

manfaat kartu kredit

Kartu kredit banyak manfaatnya.

Selain kenyamanan, ada beragam manfaat kartu kredit yang bisa Anda nikmati. Anda berhak dan sebaiknya memaksimalkan tiap manfaat kartu kredit yang ada di tangan Anda.

Berikut tips untuk membantu Anda memaksimalkan manfaat kartu kredit:

Perpanjang Garansi Produk

Banyak kartu kredit yang memperpanjang secara otomatis garansi produk, terutama produk elektronik, yang Anda beli dengan kartu kredit tersebut. Jadi, tanyakan pada bank atau penerbit kartu kredit Anda, apakah mereka menyediakan program serupa. Kalau iya, kali berikutnya Anda berencana membeli produk tersebut, lebih baik gunakan kartu kredit daripada uang tunai.

Tak Butuh Asuransi Kendaraan

Beberapa kartu kredit dilengkapi asuransi kecelakaan dan kehilangan mobil. Kalau kartu kredit yang Anda miliki ternyata menyediakan manfaat ini, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk tidak membeli polis asuransi mobil. Tapi, tentu saja, perhitungkan dulu untung ruginya. Belum tentu manfaat yang ditawarkan kartu kredit setara dengan manfaat asuransi mobil murni.

Lindungi Barang yang Anda Beli

Sesungguhnya ada begitu banyak produk yang, kalau Anda beli dengan kartu kredit, terjamin selama kurun waktu tertentu. Kalau produk itu rusak atau hilang dalam 30-90 hari sejak transaksi, Anda bisa saja memperoleh layanan reparasi gratis, atau bahkan penggantian produk.

Itu sebabnya, tanyakan pada penerbit kartu kredit Anda, manfaat tersebut–kalau ada–berlaku untuk produk apa saja yang dijual oleh merchant mana saja. Juga, tanyakan tiap kali Anda melakukan transaksi, adakah perlindungan serupa untuk barang-barang yang Anda beli.

Berburu Diskon dan Promosi Menarik Lainnya

Tiap penerbit kartu kredit tentunya sudah bekerja sama dengan merchant tertentu untuk memikat konsumen. Andalah yang mestinya menikmati manfaat ini sepenuhnya.

Cek produk apa saja, merchant mana saja, dan program promosi seperti apa yang bisa Anda peroleh dari kartu kredit yang Anda miliki. Yang paling terkenal, misalnya, penawaran “Buy 1 Get 1″ tiket bioskop. Atau, Tiket Points yang ditawarkan oleh Tiket.com untuk pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, booking hotel, dan lain-lain, yang akan memberi Anda diskon untuk pembelian berikutnya.

Bayar Tagihan Bulanan secara Otomatis

Anda perlu membayar tagihan rutin seperti air, listrik, internet, TV kabel, dan lain-lain. Kini dengan kartu kredit Anda bisa memilih untuk membayar tagihan itu tiap bulan, tanpa perlu repot-repot ke ATM pada tanggal-tanggal tertentu. Dengan fitur “autopay” yang ditawarkan sejumlah bank, tagihan akan dikenakan pada kartu kredit Anda secara otomatis.

Belanja Barang Impor di Internet

Daripada Anda menghamburkan uang untuk pergi ke luar negeri demi berburu barang-barang yang hanya ada di negara-negara tertentu, ada baiknya Anda memesan barang-barang itu lewat toko online yang melayani penjualan ke Indonesia. Toko semacam ini biasanya menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran.

Bepergian ke Luar Negeri Makin Nyaman

Tapi kalau Anda memang suka bepergian ke luar negeri, ada baiknya Anda memegang kartu kredit yang berlaku internasional. Tidak perlu lagi repot-repot menukar uang dalam jumlah besar di money changer. Selain itu, Anda juga bisa menekan kerugian yang muncul akibat perbedaan nilai mata uang.

Ubah Transaksi Jadi Cicilan 0%

Kalau memang kartu kredit di tangan Anda memungkinkan, bisa saja Anda mengubah tiap transaksi jadi cicilan 0%. Misalnya, produk elektronik seharga Rp 2.000.000, kalau bisa dicicil selama 10 bulan sehingga Anda hanya perlu membayar Rp 200.000 tiap bulannya, kenapa tidak? semua ini dapat dilakukan dengan fitur cicilan ringan kartu kredit.

Tapi jangan sampai terlambat membayar tagihan kartu kredit ya. Manfaat bebas bunga itu hanya berlaku kalau Anda melunasinya tepat waktu.

Manfaatkan Kartu Kredit untuk Bisnis Kecil-Kecilan

Nah, bagaimana kalau kemudian barang-barang yang Anda beli dengan mencicil bebas bunga itu Anda jual ke teman-teman atau kenalan tepercaya? Mereka yang melunasi tagihan tiap bulannya, dan Anda bisa mengenakan harga komisi sebagai profit kecil-kecilan. Sama juga berbisnis. Menambah sumber pemasukan lewat kartu kredit, tak ada salahnya bukan?

Komentar