Memilih Dan Berinvestasi Dalam Deposito Terbaik Di Indonesia

deposito terbaik

Karena keamanan investasi dan jaminan keuntungan, deposito kerap jadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.

Karena keamanan investasi dan jaminan keuntungan, deposito kerap jadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.

Kini, hampir semua bank menawarkan rekening deposito. Beberapa bank bahkan menawarkan beberapa produk deposito yang bervariasi fiturnya. Berarti Anda perlu jeli memilih sebelum memutuskan deposito terbaik untuk Anda.

Ketika memutuskan deposito terbaik dari beragam pilihan yang ada, berikut beberapa saran yang akan membantu Anda:

Memilih Jangka Investasi Yang Tepat

Dua ragam utama investasi deposito adalah jangka pendek dan jangka panjang:

Jangka pendek: Definisi tipikal deposito jangka pendek adalah investasi dengan periode kurang dari satu tahun, dan bisa juga bermula dari satu bulan.

Deposito jangka pendek cocok untuk Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka pendek, atau yang lebih suka fleksibilitas dan tidak ingin mengunci uang kelewat lama. Beberapa deposito jangka pendek adalah 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan.

Jangka panjang: Deposito berjangka lebih dari 12 bulan biasanya dikategorikan deposito jangka panjang, dan di Indonesia ada pula bank yang menawarkan deposito berjangka 2 tahun.

Kalau Anda tidak butuh mengakses uang Anda dalam waktu dekat dan ingin menikmati manfaat suku bunga lebih tinggi, deposito jangka panjang mungkin pilihan tepat untuk Anda.

Ketika mempertimbangkan jangka deposito, perhatikan bahwa banyak bank meminta jumlah minimal tergantung jangka waktunya. Juga, suku bunga deposito biasanya berjenjang. Makin banyak uang yang Anda investasikan dan makin lama jangka yang Anda pilih, makin tinggi suku bunga jadinya.

Biaya Deposito

Di Indonesia bank-bank biasanya tidak mengenakan biaya pembuatan rekening atau biaya administrasi bulanan untuk rekening deposito. Tapi, ada baiknya Anda tanyakan kepastiannya pada bank Anda sebelum menandatangani kontrak apa pun.

Tapi, Anda mungkin saja dikenai biaya penalti kalau memutuskan untuk mengakhiri perjanjian Anda dengan bank lebih cepat dari yang disepakati.

Penghitungan Penalti Deposito

Beda bank, beda pula penghitungan dendanya. Kebanyakan bank menghilangkan kesempatan Anda memperoleh bunga. Misalnya, kalau Anda menyimpan uang dalam deposito berjangka 1 tahun, yang bunganya dibayarkan per bulan, dan Anda mencairkan uang itu pada bulan ke-6, maka bunga untuk bulan-bulan selewat bulan ke-6 itu tidak akan Anda peroleh. Kalau Anda memilih deposito berjangka 1 bulan dan mencairkannya sebelum jatuh tempo, Anda bisa saja tidak memperoleh bunga sama sekali.

Beberapa bank juga mengenakan ”biaya pelanggaran”. Yaitu pembayaran sejumlah uang (satu kali) pada bank akibat Anda melanggar kesepakatan. Biaya pelanggaran, yang lazim disebut penalti, tergantung beberapa faktor, termasuk suku bunga bank saat ini (pada saat Anda mencairkan deposito), suku bunga yang disepakati dalam perjanjian deposito itu, dan jumlah uang yang Anda depositokan. Ada bank yang bahkan mengenakan denda 0,5% dari jumlah uang yang Anda depositokan!

Di Indonesia denda untuk pelanggaran kesepakatan deposito cukup signifikan, bahkan Anda bisa saja kehilangan bunga sekaligus membayar penalti, jadi pastikanlah Anda memang siap untuk mengunci uang Anda sepanjang jangka waktu yang disepakati sebelum Anda menandatangani kesepakatan itu. Kalau Anda tidak siap melakukannya, pilihlah jangka waktu lebih pendek.

Suku Bunga Deposito

Akhirnya, ketika Anda berinvestasi dalam deposito, yang terpenting adalah suku bunganya. Untuk jangka waktu tertentu, makin tinggi suku bunga yang ditawarkan, makin baik.

Bank bisa saja mencantumkan suku bunga spesial atau promosional selama waktu terbatas atau dengan syarat tertentu. Misalnya, beberapa bank menawarkan suku bunga tinggi hanya bila Anda juga menggunakan produk lain yang ditawarkannya, atau hanya bila Anda mendepositokan uang dalam jumlah sangat besar.

Ketika Anda membandingkan suku bunga deposito antara bank yang satu dengan bank lainnya, cermati syarat dan ketentuan unik ini.

Komentar