Inilah Sebabnya Kenapa Anda Harus Punya Asuransi Sejak Masih Muda dan Sehat

Inilah Sebabnya Kenapa Anda Harus Punya Asuransi Sejak Masih Muda dan Sehat

Bukan berita baru lagi kalau masih banyak anak muda di Indonesia yang belum memiliki asuransi. Padahal, kalau dilihat dari gaya hidup, anak muda juga bisa rentan terhadap penyakit atau kecelakaan.

Salah satu contoh yang bisa menjadi pelajaran untuk kita semua adalah kejadian yang menimpa selebgram Laura Anna. Ia dan kekasihnya mengalami kecelakaan dan harus dirawat dirumah sakit. Namun, mereka mendapat kritikan dari masyarakat karena meminta donasi padahal mereka adalah selebgram. Sehingga akhirnya, mereka menutup laman donasi tersebut.

Terlepas dari setuju atau tidak atas tindakan mereka, kejadian ini merupakan pembelajaran bagi kita semua bahwa usia muda bukan berarti tidak rentan terhadap gangguan kesehatan.

Yuk simak beberapa alasan kenapa, justru, anak muda harus memiliki perlindungan kesehatan yang memadai.

Kesibukan yang menumpuk

Bukan hanya soal kesibukan pekerjaan, bersosialisasi secara online dan offline, juga melakukan kegiatan lain yang berkaitan dengan hobi dan pendidikan menjadikan para pemuda sekarang menjadi lebih sibuk.

Para milenial kelahiran 1981-1996, utamanya, tidak hanya memiliki kesibukan untuk mengejar karir yang diimpikan, melainkan juga aspek hidup lainnya. Di luar jam kerja mereka akan mengikuti kegiatan sosial, ikut kelas kebugaran, atau ikut berbagai pelatihan.

Hal ini tentunya baik bagi perkembangan seseorang, namun seiring waktu akan menguras tenaga. Semua kesibukan ini membuat mereka kelelahan, dan akhirnya rentan terhadap penyakit. Belum lagi stres karena urusan pekerjaan dan pribadi yang juga mempengaruhi penurunan daya tahan tubuh.

Pola makan tidak sehat

Gaya hidup pastinya akan mempengaruhi pola makan seseorang. Baik itu dari segi frekuansi atau keteraturan makannya, juga apa yang dimakan atau jenis makanannya.

Anak muda yang sibuk dan kelelahan seringkali malas untuk memasak. Apalagi, jika biaya memasak sendiri dengan membeli makanan di jalan sebenarnya tidak jauh berbeda. Mereka tidak akan memikirkan soal kebersihan makanan yang dibeli karena faktor terpenting adalah praktis.

Kesibukan juga akhirnya menimbulkan pola makan yang tidak sehat, dan berakibat pada timbulnya berbagai penyakit.

Penyakit yang timbul karena pola atau kebiasaan makan yang tidak sehat di antaranya adalah maag, tipes, dan keracunan makanan. Selain itu efek samping lainnya dari pola makan tidak sehat adalah berat badan yang sulit dikendalikan. Hal ini berbahaya karena kenaikan berat badan atau obesitas bisa memicu penyakit lain seperti penyakit jantung dan sesak nafas.

Hobi

Hobi yang banyak digemari anak muda adalah travelling atau jalan-jalan. Makin maraknya penggunaan media sosial membuat kegiatan seperti travelling atau olahraga yang dilakukan di luar ruangan makin trendi.

Hobi seperti ini memang paling menarik untuk diabadikan dalam foto kemudian dipublikasikan lewat media sosial, untuk menginspirasi orang lain mencoba hal yang sama.

Memang hobi, seperti jalan-jalan atau travelling dan olahraga outdoor, bukan hal yang berbahaya karena ada sistem pengamanan pada peralatan atau kendaraan yang digunakan. Namun, terkadang kecelakaan tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, apapun hobi Anda, sebaiknya memang selalu memperhatikan faktor keselamatan. Sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan bisa diperkecil.

Bagaimana memilih perlindungan bagi anak muda

asuransi cigna

Sumber: aturduit.com

Kebanyakan anak muda pada usia awal 20an hingga awal 30an masih dalam periode membangun karir dan bisnisnya. Memilih produk keuangan yang tepat pada masa ini sangat krusial, termasuk asuransi.

Setiap perusahaan asuransi memiliki ragam plan yang bisa dipilih oleh calon nasabah sesuai dengan kemampuan finansialnya. Range polis yang harus dibayarkan biasanya berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Contohnya pada asuransi Cigna, Anda bisa memilih 9 jenis plan sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kondisi keuangan. 9 plan yang bisa dipilih dari asuransi Cigna adalah:

PlanManfaat PembedahanManfaat Perawatan
Plan I (300.000)3.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan (100 hari kalender polis per tahun).
Plan II (400.000)4.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan (100 hari kalender polis per tahun).
Plan III (500.000)5.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan (100 hari kalender polis per tahun).
Plan IV (600.000)6.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan (100 hari kalender polis per tahun).
Plan V (700.000)7.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan (100 hari kalender polis per tahun).
Plan VI (800.000)8.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan.
Plan VII (900.000)9.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan.
Plan VIII (1.000.000)10.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan.
Plan IX (1.500.000)15.000.000Manfaat perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan.

Selain manfaat di atas, semua plan ini punya manfaat tambahan lainnya yang akan kami jabarkan di bawah ini.

Punya benefit tambahan

Tentu saja masih banyak orang yang ragu memiliki polis asuransi tambahan karena dianggap mahal, atau benefitnya tidak langsung terasa. Padahal, asuransi merupakan produk keuangan yang melindungi Anda saat kejadian darurat tiba, seperti sakit atau kecelakaan. Selain itu, banyak asuransi yang memberikan benefit atau manfaat tambahan yang menguntungkan secara finansial.

Sebagaimana sebelumnya, contoh kali ini kami ambil dari Cigna yang memberikan manfaat-manfaat berikut ini, apapun plan yang Anda pilih.

  • Bisa memilih apakah klaim mau dilakukan cashless atau reimburse.
  • Bisa melakukan double klaim dan double cover.
  • Diskon di beberapa merchant (toko) yang bekerjasama dengan Cigna.
  • Nonton gratis.
  • Layanan bantuan domestik.
  • Layanan ambulan lokal.
  • Dapat mengikutsertakan anak dan pasangan.
  • Bayar bisa setiap kuartal (3 bulan), semester (6 bulan), atau tahunan.
  • Pengembalian 50% dari total premi yang dibayarkan setelah 3 tahun, jika tidak pernah ada klaim.

Nah, jadi sebenarnya asuransi adalah kebutuhan finansial yang tidak mahal. Gunakan kalkulator dari Cigna, yang tercantum di atas, untuk menentukan plan asuransi terbaik.

Komentar