Meningkatnya Kebutuhan Kartu Kredit Menjelang Ramadhan

Meningkatnya Kebutuhan Kartu Kredit Menjelang Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan momen yang istimewa, terutama bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Di bulan ini masyarakat cenderung meangeluarkan lebih banyak uang untuk keperluan selama Ramadhan dan tradisi mudik saat Lebaran.

Bank dan lembaga keuangan lainnya pun sudah mengambil langkah antisipasi untuk meningkatnya pembelanjaan di Bulan Ramadhan. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menawarkan kartu kredit pada nasabahnya.

Henky Prihatna, Kepala e-commerce Google Indonesia, mengatakan bahwa meningkatnya kebutuhan akan kartu kredit juga terlihat dari banyaknya pencarian informasi mengenai bagaimana mengajukan kertu kredit. Kenaikan pencarian ini terjadi dua minggu sebelum Ramadhan. Di saat ini pulalah banyak bank yang gencar mengeluarkan promo kartu kredit untuk mengantisipasi tingginya konsumsi masyarakat.

“Selama Bulan Ramadhan pengeluaran biasanya melampaui kemampuan bayar secara tunai. Orang mulai berfikir untuk menggunakan layanan kartu kredit. Survey kami menunjukkan peningkatan 60% untuk pembayaran menggunakan kartu kredit selama musim Ramadhan dan peningkatan 20% untuk promosi kartu kredit,” kata Henky.

Data terbaru dari Google menunjukkan data pencarian mendekati Ramadhan yang menunjukkan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia. Terdapat peningkatan hingga 28% pencarian mengenai perayaan terbesar di Indonesia ini, dan data yang menunjukkan mengenai pembelanjaan meningkat hingga 30%.

Kategori produk yang paling banyak dicari adalah fashion. Henky menjelaskan bahwa kategori ini penjualannya meningkat hingg 180%. Selanjutnya, kategori lainnya yang mengalami peningkatan penjualan adalah perangkat rumah tangga yang mencapai 100%. Lalu telepon selular penjualannya meningkat hingga 80%.

Angka ini tentunya menunjukkan kebiasaan masyarakat Indonesia untuk membeli baju baru dan mempercantik rumahnya untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Di momen speerti Ramadhan ini juga banyak promo yang ditawarkan untuk ketiga kategori produk di atas. Sehingga tidak mengherankan kalau penjualan fashion, perlengkapan rumah tangga, dan telepon selular meningkat pesat.

Henky juga menjelaskan bahwa yang mengejutkan adalah biasanya frekuensi belanja masyarakat akan menurun pada minggu terakhir Bulan Ramadhan. Namun belanja akan kembali meningkat pada minggu pertama dan kedua Lebaran. Biasanya mereka yang berbelanja pada minggu Lebaran ini kebanyakan berusia muda. Mereka akan menggunakan uang pemberian dari keluarga yang didapatkan saat Lebaran untuk membeli pakaian atau telepon selular baru.

[source]

Komentar