Mobil Yang Paling Tepat Untuk Keluarga

memilih mobilMobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) semakin marak menghiasi jalanan. Mobil jenis MPV atau yang sering disebut mobil keluarga ini menjadi primadona konsumen Indonesia. Ini bisa dibuktikan dari performa Avanza Cs yang memiliki kontribusi besar dalam penjualan mobil nasional.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, tentu lebih mengutamakan membeli mobil MPV. Bukan hanya kapasitasnya yang dapat menampung lebih dari 5 orang, melainkan harga mobil MPV ini bervariasi. Mulai dari yang berharga Rp 100 jutaan hingga mencapai Rp 1 miliar. Sering kali Anda bingung menentukan mobil yang paling tepat untuk keluarga, sebab menjamurnya tipe dan jenis mobil MPV saat ini tentulah menimbulkan banyak opsi. Kami akan mempermudah keputusan Anda dengan melihat kriteria mobil yang paling tepat untuk keluarga seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Kapasitas Besar

Ketika Anda hendak membeli mobil MPV, hal pertama yang terpikir adalah kenyamanan keluarga. Untuk itu, Anda akan memikirkan volume tempat duduk yang dapat menampung seluruh keluarga inti Anda. Biasanya mobil keluarga yang dicari mumpuni mengakomodasi  6-8 penumpang. Tujuannya agar saat bepergian semua anggota keluarga bisa ikut. Mobil yang berkapasitas besar tentu jadi pilihan utama Anda saat mencari mobil yang paling tepat untuk keluarga. Cobalah untuk mempertimbangkan beberapa jenis mobil keluarga yang sesuai dengan komoditas keluarga Anda. Bila Anda bingung, mobil-mobil dari Toyota yang telah banyak memproduksi mobil keluarga boleh menjadi salah satu dari sekian banyak pilihan Anda.

Aman dan Nyaman

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan dan kenyamanan. Memilih mobil yang tepat untuk keluarga berarti Anda akan berkendara bersama dengan pasangan dan juga anak-anak. Jangan hanya terjebak pada desain eksterior mobil yang tampil menawan. Perhatikan juga bagian interiornya. Apakah kabinnya luas, bagasinya dapat menampung kebutuhan barang-barang keluarga Anda, terdapat pengaturan kursi yang fleksibel, dilengkapi dengan head room , leg room  dan shoulder room  yang lega dan lainnya. Kenyamanan keluarga tentu akan menjadi prioritas, terutama saat bepergian dalam jarak jauh.

Selain nyaman, faktor keamanan turut jadi pertimbangan dalam membeli mobil keluarga. Lantaran mobil yang dibeli akan kerap dipergunakan bersama keluarga tersayang. Carilah mobil yang memiliki fitur-fitur keselamatan yang dapat diandalkan di dalamnya. Tanyakan pada dealer tentang uji keselamatan untuk mobil yang telah Anda tentukan. Mobil yang telah lulus uji keselamatan pastinya bakal jadi pilihan paling baik. Supaya lebih yakin, sebaiknya lakukan test drive terlebih dahulu.

Beberapa fitur keselamatan dasar yang sebaiknya Anda perhatikan adalah tersedianya kantong angin pengaman (Airbag), sabuk pengaman pada setiap tempat duduk, dan rem anti lock. Fitur keselamatan ini sangat penting dan berguna terlebih jika Anda dan keluarga hendak bepergian dalam jarak jauh. Untuk kebutuhan mudik misalnya.

Fitur Menarik

Mobil keluarga bisa diibaratkan sebagai rumah sementara. Mengapa demikian? Pasalnya, di ruangan mobil Anda dan keluarga dapat berkumpul sembari menikmati perjalanan. Baik meniti jarak jauh ataupun dekat. Ada kalanya selama perjalanan anak-anak Anda merasa jenuh karena harus duduk berlama-lama di dalam kendaraan. Anda dan pasangan juga terasa suntuk saat harus menghadapi kemacetan saat perjalanan.

Kehadiran fitur-fitur menarik dan hiburan dalam mobil keluarga akan jadi pertimbangan saat memilih mobil yang tepat untuk keluarga. Walau harus berlama-lama di dalam mobil, keluarga Anda tetap betah. Anak-anak pun tidak rewel saat dibawa berkendara hingga ke luar kota. Dengan adanya fitur hiburan seperti radio, televisi, MP3/WMA player, CD player hingga USB port yang berfungsi untuk koneksi ke gadget pasti membuat buah hati Anda tetap nyaman.

Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Di antara sekian banyak pilihan mobil keluarga yang beredar di pasaran, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan keluarga serta kemampuan finansial. Sebelum membuat keputusan, baiknya diskusikan dahulu bersama dengan anggota keluarga. Bagi pasar Indonesia ada banyak pilihan mobil keluarga yang dapat dipilih dari harga Rp 100 jutaan hingga Rp 1 miliar. Jangan memaksakan diri Anda untuk membeli mobil keluarga seharga Rp 500 juta jika hanya memiliki dana Rp 200 juta.

Irit Bahan Bakar

Isu BBM di Indonesia menjadi polemik tersendiri bagi pemilik kendaraan. Kadang naik, kadang turun. Untuk menyiasatinya Anda bisa membeli mobil keluarga yang hemat BBM. Kebutuhan konsumsi bahan bakar juga turut mendukung keputusan membeli mobil yang paling tepat untuk keluarga. Toyota berjenis Avanza bisa menjadi pilihan Anda jika butuh mobil keluarga yang irit.

Cocok Untuk Segala Kondisi Jalan

Mobil keluarga sejatinya bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendaranya. Untuk itu memilih mobil keluarga haruslah yang mumpuni melibas semua medan di jalan Indonesia baik saat menempuh jalanan perkotaan maupun di pedesaan. Baik medan yang berbatu-batu, jalanan bergelombang hingga tanjakan dan turunan. Hal ini disebabkan masyarakat Indonesia umumnya membeli mobil keluarga untuk perjalanan jarak jauh, seperti mudik ke kampung halaman misalnya.

Anda mau mencari mobil keluarga yang tepat dengan harga terjangkau? Temukan di sini!

Komentar