Kemenhub Menggelar Mudik Gratis Untuk Pengendara Motor

Kemenhub Menggelar Mudik Gratis Untuk Pengendara Motor

Bagi mereka yang akan mudik Lebaran tahun ini dapat melakukan perjalanan dengan lebih tenang karena Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan akan mengadakan mudik gratis. Mudik gratis ini dikhususkan bagi masyarakat pengguna sepeda motor, dimana akan disediakan kapal untuk memuat ribuan penumpang dan sepeda motor.

Hal ini dijelaskan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, A Tonny Budiono. Tonny menjelaskan bahwa Kemenhub sudah menyiapkan tiga kapal dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Tanjung Emas, Semarang.

Mudik gratis untuk pengendara motor ini dilakukan untuk mencegah meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan arus baliku, terutama di jalur Pantura. Mengingat masih banyak orang yang memilih mudik menggunakan sepeda motor ke kampung halamannya.

“Jumlah armada yang disiapkan tiga kapal dengan total kapasitas angkut 16 ribu sepeda motor dan 32 ribu penumpang,” jelas Tonny.

Jadwal keberangkatan dari mudik gratis ini dimulai dari tanggal 16 Juni hingga 23 Juni 2017. Sedangkan arus balik akan dimulai pada 27 Juni sampai 4 Juli 2017.

Tonny juga menambahkan bahwa satu kapal nantinya akan memuat 1.000 sepeda motor dan 2.000 orang penumpang. Kemudian ada dua unit kapal tambahan dengan kapasitas 500 sepeda motor dan 1.000 penumpang.

Saat ini sedang dilakukan proses pelelangan kapal yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang mudik gratis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai mudik gratis periode 2017 ini, masyarakat dapat menghubungi media sosial milik Kementrian Perhubungan juga Facebook milik Ditjen Perhubungan Laut dengan. Selain itu, masyarakat juga dapat menghubungi melalui akun twitter @djplkemenhub151, Instagram @djplkemenhub151, portal hubla.dephub.go.id, dan contact center Kemenhub di 151.

Langkah ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan. Di tahun 2016 lalu, terjadi 231 kecelakaan lalu lintas di jalur Pantura. Dari jumlah tersebut diketahui bahwa ada 15 orang yang meninggal dan 53 orang yang mengalami luka berat. Kebanyakan korban meninggal merupakan pengguna sepeda motor. Apalagi banyak pemudik yang membawa keluarganya dengan sepeda motor, dan membahayakan nyawa anak-anak yang dibawanya.

Pada arus mudik 2016 juga diketahui bahwa jumlah kecelakaan yang terjadi di jalur Selatan lebih banyak jumlahnya.

[source]

Image source id.wikipedia.org

Komentar