Mulai Jual-beli Saham Dalam 5 Langkah Mudah

jual-beli saham

Langkah untuk jual-beli saham

Anda memutuskan untuk melakukan jual-beli saham, tapi belum tahu bagaimana memulainya? Berikut lima langkah sederhana untuk membantu Anda:

Step 1: Kenali Bursa Anda

Ada banyak bursa saham di dunia. Yang paling terkenal antara lain Bursa Efek New York, Bursa Efek London, dan Bursa Efek Tokyo. Tergantung besarnya laba yang Anda inginkan dan risiko yang siap Anda tanggung, beberapa perusahaan yang terdaftar di bursa efek luar negeri boleh jadi lebih memikat.

Step 2: Pilih Pialang

Sebelum bisa mulai jual-beli saham di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Anda perlu terlebih dahulu memilih perusahaan sekuritas tepercaya, yang akan membantu Anda dalam eksekusi jual-beli saham. Perusahaan sekuritas itu diwakili agen yang bertugas di BEJ, dikenal sebagai ”pialang”. Pialang inilah yang, berdasarkan permintaan Anda, akan melakukan proses jual-beli saham untuk Anda.

Ada banyak layanan pialang yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas di Indonesia. Kalau Anda tertarik jual-beli saham luar negeri, cek apakah perusahaan sekuritas pilihan Anda menawarkan layanan tersebut.

Beda pialang, beda pula komisi, biaya-biaya, dan pilihan jual-beli. Misalnya, ada pialang dengan komisi lebih murah tapi tidak menawarkan jual-beli saham di bursa luar negeri. Untuk perbandingan layanan pialang jual-beli saham di Indonesia.

Step 3: Buka Rekening lewat Perusahaan Sekuritas

Setelah memilih perusahaan sekuritas, Anda bisa membuka rekening lewat mereka. Mirip seperti menyimpan uang di rekening bank, Anda ”menyimpan” saham di rekening perusahaan sekuritas itu.

Step 4: Putuskan Siapa yang Mengambil Keputusan Investasi

Anda bisa memutuskan sendiri tiap keputusan investasi, akan membeli atau menjual saham. Kalau ini pilihan Anda, pialang bertindak hanya sebagai penasihat. Tiap perintah Anda untuk menjual atau membeli saham, akan dilakukannya. Atau, bisa juga Anda serahkan seluruh keputusan investasi pada perusahaan sekuritas tempat Anda membuka rekening. Pialang memutuskan kapan membeli dan kapan menjual saham, tentunya untuk kepentingan Anda. Keputusan seperti ini mungkin lebih tepat kalau Anda tidak punya cukup waktu untuk investasi, dan pialang Anda memiliki reputasi dan pengalaman investasi yang baik.

Step 5: Kerjakan PR Anda

Menghasilkan uang dari investasi dan jual-beli saham memang tidak mudah. Anda harus mengerjakan PR: Mengenali perusahaan yang akan Anda tanami modalnya. Anda harus luangkan waktu untuk riset, apakah strategi bisnis perusahaan itu wajar dan bisa dijalankan, sebaik apa kualitas manajemennya, bagaimana hubungannya dengan penyedia bahan baku dan pelanggan, serta di mana posisi relatifnya di antara para kompetitor. Bahkan banyak investor saham profesional yang bekerja sangat keras untuk menghasilkan laba konsisten dalam kurun waktu lama, jadi berhati-hatilah!

 

Komentar