Apa Sebenarnya Makna dari Merdeka Secara Finansial Bagi Anda?

Apa Sebenarnya Makna dari Merdeka Secara Finansial Bagi Anda?

Siapa yang tidak ingin merdeka secara finansial? Untuk membahas topik ini, kami mengajak beberapa orang dari latar belakang berbeda untuk menceritakan apa pendapat mereka tentang kemerdekaan finansial.

Apa itu kemerdekaan finansial?

Setiap orang bisa jadi memiliki pengertian yang berbeda tentang kemerdekaan finansial. Namun rasanya, kita semua bisa sepakat bahwa merdeka secara finansial artinya tidak memiliki kekhawatiran tentang pemenuhan kebutuhan hidup. Setidaknya, kebutuhan hidup yang pokok; sandang, pangan, dan papan.

Okta (@okta_sinaga789), seorang ibu rumah tangga, memberikan definisi yang sederhana saat kami tanyakan hal ini. Ia menganggap kemerdekaan finansial adalah, dia tidak perlu gelisah tentang bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari. Minimal, mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti biaya sekolah, makan, dan tagihan bulanan.

ibu dan anak sekolah

Sumber : @okta_sinaga789

Berbeda dengan Okta, seorang content creator dan makeup artist, mengatakan bahwa seseorang bisa merdeka secara finansial jika dia juga bisa mempersiapkan masa depannya. Seseorang harus memiliki asuransi dan dana pensiun disamping bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ibu yang menjalankan usahanya lewat akun @mamakmora ini menganggap bahwa jika masih ada kekhawatiran tentang masa tua, maka orang itu belum merdeka secara finansial.

Sedangkan Lily (@lilikhairi) yang berprofesi sebagai pemilik agen perjalanan Kawan Jalan, memberikan definisi yang lebih kuat. Baginya, seseorang sudah merdeka secara finansial jika dia tidak perlu bekerja keras untuk memenuhi semua kebutuhan hidup.

Lalu apa definisi merdeka secara finansial bagi Anda? Bisa saja Anda memiliki definisi yang berbeda dari mereka.

AturDuit pernah menerbitkan sebuah artikel mengenai ciri-ciri kemerdekaan finansial. Jika Anda memilikinya, maka sudah bisa dibilang Anda merdeka secara finansial.

Apakah mereka sudah memperjuangkannya dengan benar?

Pertanyaan ini juga kami lontarkan pada mereka, setelah mendengar definisinya tentang kemerdekaan finansial. Hal ini mengingat, tidak ada kemerdekaan tanpa perjuangan.

Sebagai seorang pengusaha, Lily menganggap bahwa mengendalikan keuangan adalah komponen yang penting. Ia membuka usaha perjalanan dengan mempekerjakan karyawan yang berkompeten.

Baginya, membangun usaha, serta mengendalikan keuangan usaha dan pribadi merupakan perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan finansial. Memiliki usaha merupakan investasi yang akan membantu keuangannya saat ini dan di masa depan.

kawanjalan

Sumber : kawanjalanmu.com

Dengan memiliki usaha, ia berpendapat bahwa dirinya sudah berada pada jalur yang tepat menuju kemerdekaan finansial.

Kemudian Elly juga menambahkan bahwa menyisihkan penghasilannya untuk mendapatkan penjaminan hari tua, asuransi kesehatan, serta tabungan merupakan perjuangan menuju kemerdekaan finansial.

Baginya kemerdekaan finansial bukanlah kenyamanan yang harus dimiliki saat ini, melainkan juga di hari tuanya nanti.

Apakah seseorang bisa merdeka secara finansial?

Sebagaimana Lily, Elly, dan Okta, kami yakin Anda pun optimis bahwa kemerdekaan finansial adalah hal yang bisa diraih siapa saja. Tentunya, setelah Anda memperjuangkannya.

Bagi Elly, jika seseorang bisa melawan diri sendiri untuk mempersiapkan masa depannya, maka kemerdekaan finansial bisa diraih.

Ia menganggap bahwa seseorang berada di jalur yang benar untuk merdeka secara finansial jika sudah memiliki produk keuangan yang tepat. Seperti asuransi, tabungan pensiun, dan tabungan pendidikan anak. Jadi semua orang, terutama para orang tua, harus mempersiapkan tiga hal ini sejak dini.

ibu dan anak

Sumber : @mamakmora

Senada dengan Elly, Okta menambahkan bahwa niat saja tidak cukup. Seseorang harus memiliki rencana finansial, dan tidak plin plan dalam menjalankannya.

Rasanya ide dari tiga narasumber kami ini memang sederhana. Tidak satu pun di antara mereka yang menganggap bahwa kekayaan berlimpah merupakan syarat kemerdekaan finansial. Namun, tidak adanya kekhawatiran akan pemenuhan kebutuhan saat ini dan masa depan sudah menandakan bahwa Anda merdeka secara finansial.

Oleh karena itu, tidak berlebihan jika mereka -juga kami- sepakat bahwa siapapun bisa meraih kemerdekaan finansial.

Untuk mendukung impian finansial pembaca kami, AturDuit menyajikan banyak informasi mengenai perencanaan keuangan, baik bagi Anda yang lajang maupun sudah menikah.

Komentar