Kekhawatiran Negara Maju Akan Perkembangan Teknologi Indonesia

Kekhawatiran Negara Maju Akan Perkembangan Teknologi Indonesia

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti), Muhammad Dimyati menyatakan bahwa negara-negara maju sedang melakukan monitor terhadap Indonesia soal pengembangan teknologi. Menurut Dimyati, negara-negara maju cenderung khawatir jika Indonesia mencoba membuat terobosan sendiri dalam teknologi.

“Beberapa negara besar sudah mulai khawatir dengan apa yang sedang dikerjakan oleh Indonesia. Seperti yang sedang kita lakukan saat ini,” ungkapnya kepada Merdeka.com di kantor Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) di Jakarta.

Dugaan ini muncul dikarenakan pada acara kompetisi teknologi tingkat dunia yang sering diselenggarakan, negara-negara maju merasa terganggu dengan kemajuan teknologi yang diciptakan Indonesia. Mereka merasa bahwa kemajuan teknologi di Indonesia nantinya bisa menghambat rencana besar yang sudah disiapkan mereka untuk Indonesia.

“Itu informasi dari beberapa inovator dan beberapa rekan-rekan yang sering melakukan kompetisi di luar negeri,” tambahnya.

Hal ini senada dengan pernyataan yang disampaikan oleh Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Joni Hermana. Menurutnya negara-negara maju sering selalu “menggoda” inovasi teknologi di Indonesia agar sulit untuk berkembang.

“Makanya, kita bermain santai tapi selalu siap. Indonesia selalu digoda inovasi teknologinya agar sulit berkembang. Tahu sendirilah misalnya saja mobil. Di sini kan yang paling besar pemainnya siapa soal mobil, mereka itu khawatir pasar di Indonesia menurun kalau teknologi kita maju,” tuturnya.

 

[Source]

Komentar