Panduan Eksklusif!

Panduan Komprehensif untuk Produk, Layanan, dan Perbankan di Indonesia

Cari tahu informasi umum seputar sistem, tugas, fungsi, tujuan, produk dan layanan dari bank-bank terbesar di Indonesia.

Jasa-Jasa dan Layanan Bank – Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking

Kita semua mengetahui bahwa bank adalah tempat teraman untuk menabung ataupun meminjam uang. Selain memberikan fasilitas simpanan dan kredit, tentunya Anda juga mengetahui tentang kartu kredit. Tiga produk ini merupakan produk ternama yang paling diketahui masyarakat.

Akan tetapi, kini dengan perkembangan zaman dan deregulasi peraturan di perbankan, terdapat berbagai jasa dan layanan bank lainnya yang dapat berguna untuk nasabah. Tentu sebagian Anda telah menggunakan dan merasakan keuntungan dari jasa tersebut, tetapi jika belum maka Anda dapat memeriksa fungsi dan cara kerjanya sekarang.

Berikut jasa dan layanan umum yang dimiliki bank untuk nasabahnya.

Layanan Internet Banking / E-Banking (Electronic Banking)

Internet Banking

Layanan terpopuler di era sekarang adalah Internet Banking atau e-banking. Internet Banking adalah kegiatan melakukan transaksi atau aktivitas perbankan melalui internet dengan platform yang diberikan oleh masing-masing bank. Tujuan utama dari Internet Banking ini untuk mempermudah nasabah melakukan aktivitas perbankan tanpa harus menempuh cara tradisional, seperti mengunjungi kantor bank dan berurusan dengan petugas bank. Layanan Internet Banking akan selalu terkait dengan rekening bank nasabah, sehingga setiap kegiatan perbankan akan terefleksi secara langsung.

Dengan adanya layanan Internet Banking, pola interaksi bank dan nasabah menjadi lebih fleksibel. Nasabah dapat mengakses layanan Internet Banking selama terhubung dengan internet untuk melakukan kegiatan perbankan kapanpun dan dimanapun. Adapun jenis kegiatan perbankan yang dapat dilakukan dengan Internet Banking termasuk:

  1. Transfer Dana, termasuk transfer antar rekening, transfer antar bank domestic, daftar transfer terjadwal.
  2. Pembayaran, termasuk untuk tagihan rekening telepon, internet rumah, kabel TV, kartu kredit, rekening listrik, air, angsuran, asuransi, lain-lain.
  3. Pembelian, termasuk pulsa telepon, online shopping dan saham.
  4. Informasi Saldo Rekening, termasuk pengecekan saldo rekening seperti tabungan, GIRO atau deposito, pengecekan mutasi rekening dan pengecekan transaksi kartu kredit.
  5. Informasi Nilai Tukar, termasuk kurs valuta asing dan investasi.
  6. Fasilitas Layanan, termasuk layanan Notifikasi SMS, informasi suku bunga.

Keuntungan dan manfaat Internet Banking

Walau kelihatan sepintas Internet Banking hanya menguntungan bagi nasabah saja, sedangkan bank harus terus berupaya menjamin keaman dan kualitas layanan platform. Sebenarnya penerapan dan penggunaan Internet Banking dapat memberikan manfaat beragam untuk kedua belah pihak. Berikut manfaat dan keuntungan Internet Banking untuk pihak bank:

Keuntungan Internet Banking bagi bank

– Lebih hemat biaya. Internet Banking memberikan solusi penghematan biaya operasional untuk bank. Dengan kata lain, penggunaan Internet Banking lebih murah dibandingkan membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM. Dengan Internet Banking , bank juga dapat menghemat di biaya kertas dan telepon.

– Perkembangan bisnis. Dulunya bank harus membuka kantor cabang atau ATM di daerah tertentu untuk beroperasi. Kini dengan adanya Internet Banking, bank dapat menghilangkan batasan fisikal tersebut, sehingga bank dapat beroperasi dimana pun nasabah bertransaksi.

– Meningkatkan kesetiaan nasabah. Untuk nasabah yang perlu melakukan aktivitas perbankannya di berbagai tempat, akan lebih memilih menggunakan Internet Banking. Ini juga dapat membuka pintu peluang untuk nasabah baru yang fanatik akan Internet Banking.

– Keunggulan kompetitif. Dengan adanya fasilitas Internet Banking, sebuah bank akan memiliki keuntungan kompetitif lebih dibandingkan bank yang tidak memilikinya.

– Peluang model bisnis baru. Internet Banking akan membantu bank dalam penemuan dan mempercepat peluncuran bisnis model baru.

Untuk sisi nasabah, Internet Banking memiliki keuntungan dan manfaat seperti:

Keuntungan Internet Banking bagi nasabah

– Praktis dalam bertransaksi. Nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan cukup dengan modal komputer pribadi dan internet saja tanpa harus mengunjungi cabang bank.

Tidak memliki batasan waktu. Nasabah dapat mengakses rekening 24 jam setiap harinya untuk mengecek saldo atau melihat mutasi rekening, bahkan bertransaksi di luar waktu operasi bank.

– Cakupan global. Dengan Internet Banking, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dari belahan dunia manapun selama memiliki akses internet.

– Fitur layanan yang luas. Layanan yang ditawarkan dari Internet Banking berbagai macam untuk nasabah.

– Lebih ekonomis. Nasabah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi ke cabang bank dan hampir semua fitur gratis.

– Sistem perlindungan berlapis. Internet Banking memiliki sistem keamanan yang berlapis dan menggunakan token PIN.

Apakah Internet Banking Aman?

Dengan semua fitur yang tersedia dan transaksi perbankan yang dapat dilakukan dengan Internet Banking, pertanyaan berikutnya dari nasabah tentunya “Apakah Internet Banking itu aman?” Dengan sistem perlindungan berlapis dari bank, boleh dikatakan Internet Banking sebenarnya cukup aman. Setiap akun Internet Banking biasanya memiliki sistem ID dan password yang hanya diberikan kepada individual nasabah sebagai akses. Apabila ingin melakukan transaksi yang bersifat pengurangan saldo dari rekening, maka nasabah akan perlu memasukan kode PIN dari alat tertentu yang hanya dipegang oleh pemilik rekening untuk melanjutkan proses transaksi. Jadi tidak mudah untuk menembus sistem perlindungan Internet Banking.

Akan tetapi bukan berarti sistem Internet Banking tidak ada celah. Penjahat dunia maya terkadang masih juga dapat mencuri data perbankan dan melakukan transaksi dari rekening nasabah, apabila perangkat tersebut terkena virus. Inilah salah satu kekurangan dari Internet Banking. Sebagian hacker dan penipu juga sering mencari berbagai jalan untuk mendapatkan informasi akun Internet Banking nasabah dan kemudian menyalahgunakan transaksi transfer dana. Jadi pastikan perangkat Anda bersih dari virus untuk mengakses Internet Banking dengan menghindari koneksi terbuka dan jangan pernah memberikan informasi Internet Banking Anda kepada siapapun.

Tips cara aman untuk menggunakan Internet Banking

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan bertransaksi dengan Internet Banking, berikut beberapa caranya:

  • Pastikan situs yang dikunjungi benar.
  • Jangan memberikan informasi tentang Internet Banking kepada siapapun bahkan dari pihak bank sendiri.
  • Jangan gunakan perangkat umum untuk mengakses Internet Banking ataupun koneksi umum.
  • Pastikan Anti-Virus tersedia di perangkat Anda dan ter-update.
  • Selalu periksa berkala transaksi transfer dana.

Untuk informasi lebih lengkap dan spesifik Anda dapat melihat cara bertransaksi aman menggunakan KlikBCA Individual.

Apa saja Internet Banking yang tersedia di Indonesia?

Berikut daftar beberapa Internet Banking terkenal yang tersedia dari bank-bank umum di Indonesia:

BankSitus web
Bank Mandiri
https://ib.bankmandiri.co.id
BCA

https://ibank.klikbca.com/
BNI
https://ibank.bni.co.id
BRI
https://ib.bri.co.id
Bukopin
https://ib.bukopin.co.id/
Bank ANZ
https://www.anz.com/INETBANK/login.asp
Bank Danamon
https://www.danamonline.com/
Bank Mega
https://ibank.bankmega.com/individu
Bank CIMBhttps://www.cimbclicks.co.id/

Layanan Mobile Banking (M-Banking)

Mobile Banking

Mobile Banking (M-banking) adalah sebuah sistem yang diciptakan oleh bank untuk nasabah agar dapat melakukan sejumlah aktivitas perbankan melalui ponsel/Smartphone. Penggunaan fasilitas Mobile Banking membutuhkan nasabah untuk terkoneksi dengan internet di Smartphonenya. Nasabah juga perlu mengunduh (download) terlebih dahulu aplikasi Mobile Banking dari bank di app-store Smartphone. Serupa dengan Internet Banking, M-banking juga akan terkait dengan rekening nasabah untuk melakukan transaksi perbankan.

Walaupun sepintas M-banking kelihatan serupa dengan phone banking/SMS banking. Namun sebenarnya M-banking memiliki fitur yang lebih luas daripada SMS banking. Fitur layanan dari M-banking tidak jauh berbeda dengan Internet Banking, karena M-banking sebenarnya bagian dari Internet Banking yang melalui Smartphone. Fitur layanan M-banking diantaranya adalah:

  1. Transfer dana antar rekening dan antarbank
  2. Pembayaran tagihan rekening telepon, air, listrik, internet, kabel TV, kartu kredit dan lain-lain
  3. Pembelian pulsa telepon atau transaksi online shopping
  4. Pengecekan saldo rekening dan mutasi rekening untuk tabungan, deposito, kartu kredit ataupun rekening lainnya
  5. Pengecekan kurs dan suku bunga produk bank terkini

Keuntungan dan Kekurangan Mobile Banking

Berhubung kemiripan layanannya dengan Internet Banking, manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh oleh nasabah hampir sama. Dengan Mobile Banking, nasabah dapat menikmat kemudahan dalam melakukan transaki perbankan secara bebas tanpa batas ruang dan waktu. Layanan yang luas dan cakupan yang global juga membuat Mobile Banking lebih ekonomis dibandingkan transaksi secara konvensional (kunjungi bank langsung).

Namun perbedaan dari penggunaan Mobile Banking terletak pada kemudahan mengaksesnya. Konektivitas Internet Banking mungkin sedikit lebih susah karena harus tergantung pada Wi-Fi, sedangkan Mobile Banking lebih mudah mendapatkan konektivitas karena layanan internet yang sudah tersedia dari kartu SIM.

Mobile Banking juga memiliki sistem perlindungan untuk menjaga keamanan transaksi nasabah.  Untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah maka SMS akan dikirimkan oleh bank untuk konfirmasi aktivitas perubahan pada rekening nasabah, baik setoran atau transfer dana.

Kekurangan dari penggunaan Mobile Banking terletak pada tingginya jumlah hacker dan virus yang beredar. Sering kali penipuan terjadi dengan penerimaan SMS palsu dari hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan. Kemudian hacker tersebut akan menciptakan sebuah scenario palsu untuk meminta detail rekening bank nasabah. Kemudian hacker akan menyerang akun Mobile Banking tersebut dan menguras rekening. Terkadang hacker juga akan menggunakan virus untuk mencuri data akun Mobile Banking.

Layanan Phone Banking / SMS Banking

Phone/SMS banking merupakan layanan dari bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui SMS. Walaupun terdengar ketinggalan zaman dengan adanya perkembangan Internet Banking dan Mobile Banking, SMS banking masih dapat bermanfaat untuk nasabah. Keunggulan utama dari SMS banking adalah jika Anda berada di daerah yang tidak memiliki jangkauan internet sama sekali untuk Smartphone, maka SMS banking merupakan solusinya. SMS banking juga memiliki proses yang lebih praktis dibandingkan Internet Banking dan Mobile Banking. Hal ini dikarenakan sedikitnya tahapan yang perlu dilakukan untuk melakukan satu transaksi.

Aktivitas perbankan yang dapat dilakukan dengan SMS banking cukup terbatas diantaranya termasuk cek saldo, mutasi rekening, informasi kurs, pembayaran tagihan dan pembelian pulsa.

Layanan pengiriman uang/Money Transfer

Jasa ini merupakan layanan dari bank untuk pengiriman dan penerimaan uang baik antar rekening, antar bank ataupun valuta asing antar negara. Seperti yang diketahui pengiriman uang antar rekening atau antar bank umumnya akan memerlukan rekening dari kedua belah pihak. Akan tetapi jika tidak memiliki rekening, nasabah masih juga dapat melakukan pengiriman atau penerimaan uang. Terumata untuk transfer uang valuta asing antar negara, sebagian bank menawarkan layanan pencairan tunai dari uang yang diterima nasabah dengan sejumlah biaya transfer. Begitu juga sebaliknya.

Layanan pembayaran tagihan

Pembayaran tagihan tidak perlu ribet lagi dengan adanya layanan dari bank. Baik tagihan listrik (PLN), telepon (Telkom), pajak, telepon seluler (Telkomsel, Satelindo dll), internet dan tagihan lainnya dari cabang sendiri, semuanya dapat dibayar melalui bank. Nasabah dapat memilih pembayaran tunai atau non tunai untuk tagihannya. Untuk non tunai, nasabah dapat menggunakan overbooking, standing instruction, warkat bank, direct debit dan ATM.

Layanan inkaso

Inkaso adalah layanan dari bank dimana nasabah memberikan kuasa kepada bank untuk penagihan pembayaran atas surat atau dokumen berharga kepada pihak ketiga. Contoh surat atau dokumen berharga tersebut adalah wesel, cek, bilyet giro, kuitansi, kupon dan dividen, promissory notes, hadian undian, nota tagihan lainnya. Keuntungan dari inkaso adalah kemudahan penagihan pembayaran atas warkat-warkat dengan biaya yang kompetitif.

Layanan Giro

Giro merupakan surat perintah yang dikeluarkan oleh pembayar atau nasabah kepada banknya untuk melakukan proses pemindahbukuan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima pembayaran. Jadi giro boleh dikatakan kebalikan dari sistem cek dimana cek memiliki kemungkinan terpental bila sang pembayar tidak memiliki jumlah uang yang cukup di rekeningnya. Sedangkan Giro tidak dapat terpental.

Layanan Investasi dan Asuransi

Dalam layanannya bank juga menawarkan investasi dan asuransi. Walaupun cakupannya tidak begitu luas, beberapa contoh investasi yang umumnya disediakan oleh bank adalah reksa dana, obligasi, sukuk, dan saham. Sedangkan untuk asuransi berupa asuransi jiwa.

Biaya jasa dan layanan bank

Dari setiap jasa dan layanan yang ditawarkan oleh bank, nasabah akan ditagihkan sejumlah biaya untuk pemanfaatan layanan tersebut. Biaya ini akan berbeda-beda dari masing-masing bank. Jadi untuk detail lengkap dari biaya masing-masing layanan dapat diperiksa dari situs bank atau petugas bank sendiri. Berikut daftar beberapa biaya yang ditagihkan untuk transaksi transfer dana antar bank:

Bank BNI

Biaya
Transfer antar bank melalui ATM
Rp 6.500

Transfer antar bank melalui Kliring Internet BankingRp 5.000
Transfer antar bank melalui RTGS Internet Banking
Rp 25.000
Pembayaran tagihan listrik
Rp 3.000
Pembayaran tagihan airRp 2.500
Bank BCABiaya

Transfer antar bank melalui ATM Rp 6.500
Transfer antar bank melalui LLG KlikBCARp 5.000
Transfer antar bank melalui RTGS KlikBCARp 25.000
Pembayaran tagihan listrikRp 5.000
Pembayaran tagihan air
Rp 3.000
Bank MandiriBiaya

Transfer antar bank melalui ATM Rp 6.500
Transfer antar bank melalui Kliring Internet BankingRp 5.000
Transfer antar bank melalui RTGS Internet BankingRp 25.000
Pembayaran tagihan listrikRp 3.500
Pembayaran tagihan air
Rp 2.000
‹ Previous Next: Suku Bunga Perbankan - Cara Kerja, Jenis dan Kalkulasi

Leave your comment