Panduan Eksklusif!

Panduan Komprehensif untuk Produk, Layanan, dan Perbankan di Indonesia

Cari tahu informasi umum seputar sistem, tugas, fungsi, tujuan, produk dan layanan dari bank-bank terbesar di Indonesia.

Perbandingan Serta Keuntungan dari Kartu Kredit dan Kartu Debit

Zaman kini transaksi non tunai semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk yang berada di kota besar. Selain lebih aman, transaksi non tunai juga lebih praktis. Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar di dompet. Untuk itu, bank hadir dengan kartu kredit dan debit untuk mempermudah transaksi non tunai. Kedua kartu ini memiliki manfaat yang sama bagi nasabah dalam transaksi non tunai, tetapi masing-masing kartu pembayaran elektronik ini memiliki fungsi, cara kerja, dan sifat yang berbeda. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut detail dari kartu debit dan kartu kredit

Kartu debit

Kartu debit merupakan kartu pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh bank kepada nasabah yang membuat rekening tabungan. Kartu plastik ini biasanya terkait secara langsung dengan rekening tabungan nasabah dan diberikan setelah rekening tersebut tercipta. Kartu debit juga lebih dikenal sebagai kartu ATM. Dahulunya kartu ATM dan kartu debit merupakan dua kartu yang berbeda, kini kedua kartu ini telah dijadikan satu kartu. Jadi selain sebagai alat pembayaran, kartu debit/ATM memberikan nasabah kebebasan untuk menarik tunai dana dari ATM secara gratis atau melakukan transaksi perbankan lainnya di ATM.

Cara kerja kartu debit

Penggunaan kartu debit pada transaksi hampir sama dengan kartu kredit. Dimana merchant akan mengambil kartu debit nasabah untuk pembayaran transaksi, menggesek kartu debit ke mesin pembayaran, kemudian nasabah harus memasukan nomor PIN atau menandatangani slip transaksi dari merchant agar transaksi dapat selesai.

Perbedaan kartu debit dengan kredit terletak pada sistem penagihan transaksi. Dengan kartu debit, setelah transaksi terjadi maka jumlah transaksi akan dikurangkan secara langsung ke jumlah saldo rekening tabungan yang nasabah miliki. Jadi transaksi yang terjadi tidak bersifat utang atau kredit. Oleh sebab itu, limit transaksi yang dapat dilakukan oleh nasabah hanya mencapai total saldo yang dimiliki. Selama saldo nasabah mencukupi, jumlah transaksi dapat mencapai jumlah tersebut.

Perlu diketahui, kartu debit tidak memiliki biaya untuk penarikan tunai di ATM dan iuran tahunan. Penggunaan kartu debit untuk zaman kini masih cukup terbatas untuk transaksi online. Jadi sebagian besar transaksi dengan kartu debit dilakukan untuk jenis transaksi konvensional. Untuk dalam hal promo, kartu debit tidak memiliki penawaran yang banyak dengan merchant di Indonesia.

Keuntungan kartu debit

Berdasarkan keterangan diatas, dapat disimpulkan kartu debit memiliki beberapa manfaat menonjol yang dapat dirasakan nasabah. Diantaranya adalah:

– Praktis dan nyaman
Nasabah tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk berbelanja.

– Lebih aman
Apabila kartu debit dicuri maka nasabah dapat langsung memblokir kartu sebelum uang nasabah disalahgunakan.

– Bebas utang
Berhubung transaksi dengan kartu debit langsung dipotong ke saldo rekening, jadi tidak memungkinkan untuk nasabah berutang.

– Tidak memiliki bunga dan biaya tambahan
Kartu debit tidak memiliki bunga ataupun biaya lainnya dalam setiap penggesekan atau penarikan di ATM.

Kartu kredit

Kartu kredit dan kartu debit

Berbeda dengan kartu debit, kartu kredit tidak terkait dengan rekening tabungan apapun. Kartu kredit juga merupakan kartu pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh bank kepada nasabah tetapi dengan sistem pembayaran kredit. Jadi setelah transaksi terjadi, bank akan membayar kepada merchant tersebut terlebih dahulu kemudian di tanggal jatuh tempo, bank akan menagih utang transaksi tersebut. Apabila nasabah tidak dapat membayar tagihan transaksi kartu kredit maka bunga akan dikenakan pada tunggakan tagihan. Bunga kartu kredit bervariasi berdasarkan kartu kredit tersebut.

Walaupun sistem pembayarannya secara kredit, kartu kredit juga memiliki kredit limit. Jadi bukan berarti nasabah dapat menggesek sebanyak mungkin lalu membayar di tanggal jatuh tempo. Jumlah kredit limit ini tergantung pada jenis kartu kredit dan penghasilan pemegang kartu.

Berhubung kartu kredit tidak terkait rekening apapun, kartu kredit memiliki biaya dan bunga apabila penarikan tunai dilakukan di ATM. Kartu kredit juga memiliki iuran tahunan yang perlu dibayarkan. Dari biaya dan bunga inilah bank akan mendapatkan keuntungan. Untuk meminimalisasikan biaya tersebut, nasabah disarankan untuk memanfaatkan promo kartu kredit, tidak menunggak tagihan dan memilih kartu kredit terbaik yang sesuai dengan gaya hidupnya.

Jenis kartu kredit

Kartu kredit memiliki beberapa jenis seperti kartu cash back, reward, travel, petrol/bahan bakar minyak (BBM) , dining, shopping dan premium. Masing-masing kartu ini diperuntukan gaya hidup nasabah yang berbeda-beda.

1) Kartu kredit cash back: kartu kredit yang memberikan potongan dari setiap tagihan kartu kredit. Berbeda dengan promo diskon, cash back memotong jumlah tagihan kartu kredit jika persyaratannya terpenuhi. 2) Kartu kredit reward: kartu kredit yang memberikan reward point setiap penggesekan menggunakan kartu kredit. Reward point tersebut dapat ditukarkan ke berbagai hadiah, voucher ataupun barang menarik yang ditawarkan oleh bank. 3) Kartu kredit travel: kartu kredit yang memberikan kemudahan dalam pengumpulan Mileage point. Mileage point dapat ditukarkan menjadi tiket pesawat gratis atau upgrade class di penerbangan. 4) Kartu kredit petrol (bensin): kartu kredit yang menawarkan keuntungan di pembelian BBM / Bensin atau di SPBU tertentu. Keuntungan tersebut dapat berupa cash back, diskon atau reward untuk pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU. 5) Kartu kredit dining: kartu kredit yang memberikan keuntungan diskon eksklusif dan promosi di berbagai restoran. 6) Kartu kredit shopping: kartu kredit shopping yang memberikan penawaran eksklusif dan berbagai diskon menarik dari toko ternama. 7) Kartu kredit premium: kartu kredit premium menawarkan promosi dan keistimewaan pada produk dan service yang eksklusif seperti golf, fine-dining dan club eksklusif.

Dari semua kartu ini, nasabah harus membandingkan dan menentukan pilihannya. Kemudian melakukan aplikasi kartu kredit sesuai kebutuhan agar dapat memaksimalkan keuntungan kartu kredit.

Cara kerja kartu kredit

Penggunaan kartu kredit di transaksi bermulai dengan merchant akan mengambil kartu kredit nasabah untuk pembayaran transaksi. Kemudian menggesek kartu kredit ke mesin pembayaran, lalu nasabah harus memasukan nomor PIN atau menandatangani slip transaksi dari merchant. Transaksi yang dilakukan tersebut bersifat kredit, sehingga pada saat jatuh tempo bank akan menagihkan semua tagihan kartu kredit dalam satu tagihan. Jadi pikirkan pinjaman jangka pendek dimana nasabah dapat meminjam dari bank hingga tanggal jatuh tempo.

Semua transaksi yang dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo tidak dikenakan bunga, hanya jika tagihan ditunggak maka bunga akan dikenakan. Tanggal jatuh tempo ini akan tergantung dengan ketentuan bank. Bunga yang ditagihkan untuk keterlambatan pelunasan tagihan biasanya cukup besar yakni mencapai 3% dari total tagihan di bulan tersebut. Oleh sebab itu pastikan untuk tidak menunggak kartu kredit.

Kartu HSBC Platinum Cash back

Kartu HSBC Platinum Cash back

Cash back 25% untuk pembelanjaan di berbagai merchant

Persyaratan penghasilan Rp 4,5 juta per bulan saja

Keuntungan kartu kredit

Kartu kredit memiliki keuntungan yang sedikit berbeda dari kartu debit. Berikut keuntungan kartu kredit:

– Praktis dan nyaman
Sama dengan kartu debit, nasabah tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk berbelanja.

– Lebih aman
Apabila kartu kredit dicuri maka nasabah dapat langsung memblokir kartu sebelum uang nasabah disalahgunakan.

– Memiliki keuntungan tambahan
Kartu kredit menawarkan keuntungan lebih seperti cash back, reward, travel, diskon dan banyak promo kartu kredit lainnya.

– Pinjaman jangka pendek
Apabila nasabah tidak memiliki uang yang cukup dalam keadaan darurat, maka nasabah dapat meminjam terlebih dahulu dengan cepat melalui kartu kredit sebatas kredit limit.

– Pengeluaran terlacak
Semua jenis transaksi akan tercantum dalam tagihan kartu kredit.

– Mempermudah transaksi online
Kartu kredit dapat membantu nasabah dalam transaksi online dengan mudah.

Dengan panduan ini, semoga Anda dapat memahami tentang perbankan di Indonesia lebih baik.

‹ Previous

Leave your comment