Panduan Eksklusif!

Panduan Umum Pinjaman Pribadi Untuk Pemula

Rangkaian informasi yang harus Anda ketahui tentang pinjaman, baik bank maupun online

Bagaimana Anda Menentukan Pinjaman yang Tepat?

Dengan beragamnya kebutuhan, lembaga-lembaga keuangan pun hadir dengan berbagai jenis. Ada pinjaman yang dikhususkan untuk pendidikan, kendaraan, usaha, bahkan pinjaman untuk pernikahan.

Untuk lebih mengenal mengenai berbagai jenis pinjaman, kami akan memberikan contoh dari berbagai jenis pinjaman. Mulai dari segi penjaminannya, hingga kebutuhannya. Ada KPR (Kredit Pemilikan Rumah), pinjaman pendidikan, kredit usaha. Bahkan tenornya pun berbeda-beda, ada yang beberapa minggu hingga beberapa tahun.

Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana memilih pinjaman yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Kebutuhan mendesak

Terkadang, walaupun memiliki asuransi atau tabungan, Anda mungkin menghadapi kebutuhan mendesak yang mengharuskan Anda mencari dana tambahan. Pada kondisi ini, Anda membutuhkan pinjaman dengan proses persetujuan yang cepat.

Jika Anda memiliki jaminan berupa emas, bisa langsung datang ke Pegadaian untuk menggadaikan emasnya.

Sedangkan jika Anda memilih jaminan tanpa agunan, maka ada baiknya untuk mencari pinjaman secara online. Hal ini karena pinjaman online memiliki proses persetujuan yang lebih cepat, walaupun jumlah pinjaman yang didapatkan tidak besar. Biasanya pinjaman online ini maksimal pinjaman yang diberikan antara Rp 10 juta sampai Rp 20 juta.

Usaha

Untuk keperluan yang satu ini, bisa didapatkan dari program kredit usaha yang diselenggarakan pemerintah. Hampir semua bank di seluruh Indonesia menjadi penyalur kredit usaha, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah.

Namun jika Anda mencari pinjaman sebagai modal awal membangun usaha, mungkin akan rumit. Hal ini karena biasanya program kredit usaha mengharuskan calon krediturnya untuk memiliki surat izin usaha. Dokumen izin usaha ini merupakan jaminan bahwa pihak yang didukung menjalankan usaha yang legal dan aktif.

Oleh karenanya, pinjaman pribadi sering menjadi solusi bagi mereka yang baru memulai usaha. Anda bisa menggunakan cara ini jika membutuhkan modal usaha. Supaya lebih mudah persetujuannya, ajukan pinjaman saat Anda memiliki penghasilan tetap.

Pendidikan

Banyak orang yang masih harus mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya.

Di Indonesia sendiri, pinjaman pendidikan masih baru berjalan. Salah satu situs yang menyediakan pinjaman pendidikan adalah danadidik.id.

Cara kerja pinjaman ini adalah, pemberi pinjaman akan memilih anak didik yang akan didanai. Calon penerima dana ini tentu saja sudah melalui proses verifikasi terlebih dahulu dari pihak danadidik. Sehingga tidak ada risiko penipuan pada calon investor atau donatur.

Kemudian, anak didik yang dibiayai ini akan menggantikan uang dari investor ketika sudah bekerja. Oleh karenanya, calon donatur dan investor harus membaca semua informasi yang diperlukan dengan seksama.

Selain danadidik, koinworks dan danacita juga menyediakan layanan pinjaman pendidikan.

Pinjaman dengan jangka panjang

Ada beberapa kondisi yang memang mengharuskan Anda untuk mengambil pinjaman dengan tenor yang lama, bahkan hingga tahunan.

Jenis pinjaman yang memiliki tenor lama, bisa sampai puluhan tahun diantaranya adalah; Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit usaha, kredit kendaraan, atau pinjaman lainnya dengan jumlah besar.

Untuk pinjaman berjumlah besar dengan jangka panjang, selain membeli rumah atau kendaraan, Anda harus memiliki jaminan.

Pernikahan

Sebenarnya meminjam uang untuk pernikahan ini memang berisiko karena pernikahan bukanlah hal yang bersifat produktif atau darurat. Oleh karenanya, kami sendiri, sebenarnya, tidak menyarankan Anda untuk meminjam uang dengan tujuan mengadakan pesta pernikahan.

Jika Anda hanya membutuhkan beberapa juta rupiah, maka bisa menggunakan fasilitas pinjaman tanpa agunan atau pinjaman online. Namun jika dana tambahan yang Anda butuhkan cukup besar, ada baiknya untuk menunda pernikahan agar utang tidak terlalu besar.

Kami berharap Anda bisa menyesuaikan antara kebutuhan dan kemampuan membayar Anda. Jika Kondisi pekerjaan atau penghasilan tidak memungkinkan untuk mengambil utang dalam jumlah besar, maka tundalah waktu membeli keperluan yang besar seperti rumah atau kendaraan.

Lebih bagus lagi, jika Anda memiliki tabungan berjangkan untuk mewujudkan keinginan di masa depan. Jadi jika nantinya harus berhutang, jumlah utang yang ditanggung tidak akan terlalu banyak.

‹ Previous Next: Jangan Pinjam ke Pinjaman Online Abal-Abal! Perhatikan Tips Ini!

Leave your comment