Panduan Eksklusif!

Panduan Umum Pinjaman Pribadi Untuk Pemula

Rangkaian informasi yang harus Anda ketahui tentang pinjaman, baik bank maupun online

Apakah Anda Sudah Siap untuk Memiliki Kartu Kredit?

Tidak hanya untuk berbelanja, makin banyak yang menyadari pentingnya pemilikan kartu kredit untuk berbagai kebutuhan. Anda bahkan bisa mendaftar asuransi, berdonasi, juga menikmati berbagai layanan seperti pusat kebugaran atau langganan internet.

Di balik semua manfaat kartu kredit ini, memang tidak semua orang bisa memilikinya. Hal ini karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi nasabah, serta penilaian dari bank yang harus dilalui.

Berikut adalah beberapa poin yang menentukan apakah Anda berhak memiliki kartu kredit atau tidak.

Memenuhi syarat pengajuan kartu kredit

Sebagaimana produk keuangan lainnya, untuk memiliki kartu kredit pun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Berikut adalah syarat umum kepemilikan kartu kredit sesuai dengan ketentuan bank Indonesia.

  1. Pemegang kartu utama berusia minimal 21 tahun, sedangkan pemegang kartu tambahan berusia minimal 17 tahun.
  2. Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta.
  3. Persyaratan untuk nasabah berpenghasilan Rp 3 juta sampai Rp 10 juta:
  • Maksimal memegang kartu kredit dari 2 bank penerbit.
  • Maksimal limit kredit tiga kali dari penghasilan bulanan.
  • Bagi yang berpenghasilan di atas Rp 10 juta peraturan dan batas kredit dikembalikan pada kebijakan bank penerbit. 

Jika syarat minimum di atas sudah dipenuhi, maka tinggal mengajukan pemilikan kartu kredit ke bank pilihan. Setelah itu, ikuti prosedur selanjutnya sesuai ketentuan bank.

Perlu diketahui, bank akan melakukan pengecekan atau survey ke kantor dan pihak keluarga untuk memastikan kebenaran informasi Anda.

Mau mencatat pengeluaran

Berikutya, Anda berhak memiliki kartu kredit kalau mau mencatat pengeluaran, atau setidaknya melacak pembelanjaan yang dilakukan dengan kartu kredit.

Memiliki kartu kredit memang memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran, terutama jika Anda berlangganan layanan tertentu. Misalnya, layanan klub kebugaran atau asuransi. Pihak penyedia layanan akan langsung mendebit dari saldo kartu kredit.

Oleh karenanya, pencatatan dan pelacakan pengeluaran dengan kartu kredit sangatlah penting.

Bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan

Banyak yang masih menganggap bahwa memiliki kartu kredit bisa membuat seseorang boros. Padahal, tanpa kartu kredit pun seseorang bisa boros jika tidak memiliki kebiasaan keuangan yang baik.

Sebaiknya Anda memiliki kartu kredit ketika sudah paham dengan manfaat dari kartu kredit yang mau dipilih. Jika Anda tidak tahu bagaimana menggunakan manfaatnya, mulai dari pemanfaatan poin, diskon, hingga alokasi penggunaannya, maka bisa dipastikan memiliki kartu kredit hanya menambah beban finansial Anda.

‹ Previous Next: Sudah Tidak Zaman Pinjam Uang Harus Punya Kartu Kredit

Leave your comment