Pasar Properti Di Tahun 2018 Akan Sama Cemerlangnya Dengan Tahun Ini

Pasar Properti Di Tahun 2018 Akan Sama Cemerlangnya Dengan Tahun Ini

Pada tahun 2018 nanti, pasar properti akan tetap memiliki kesempatan yang cerah sebagaimana pada tahun ini. Kondisi ini merupakan hasil kontribusi dari kebijakan-kebijakan prostif yang dikeluarkan oleh pemerintah juga karena pada tahun depan sejumlah proyek infrastruktur sudah selesai.

Mendekati tahun baru 2018, sejumlah peristiwa penting yang mempengaruhi dunia properti terjadi. Diantaranya adalah BI 7-Day Repo Rate, penutupan Tax Amnesty, penyesuaian Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Paket Kebijakan Ekonomi.

Selain peristiwa-peristiwa di atas, adanya proyek pembangunan infrastruktur juga mendukung pertumbuhan potensi bisnis properti. Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan, menuturkan bahwa pasar properti di tahun depan akan lebih positif.

Ike juga menambahkan bahwa perlambatan suplai untuk properti di pertengahan 2018 nantinya terjadi karena dampak dari Idul Fitri dan Pilkada serentak 2018. Begitu juga Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019 nanti juga kemungkinan menyebabkan perlambatan suplai. Sedangkan permintaan terbesar akan datang dari rumah tipe menengah yang harganya di bawah Rp 700 juta.

“Secara umum pasar properti Indonesia di tahun 2018 mendatang akan lebih menarik dan prospektif dibandingkan tahun 2017 ini. Satu tahun sebelum tahun politik 2019, pasar properti akan sedikit lebih bergairah dan ini merupakan kesempatan yang tepat untuk membeli properti, baik untuk dihuni atau dipakai sendiri maupun sebagai sarana investasi,” jelasnya.

Selain rumah tipe menengah, permintaan akan rumah kluster juga apartemen akan meningkat di tahun 2018.

[Source]

Komentar