Paypal Indonesia: Kenali Cara Kerjanya, Rasakan Manfaatnya

paypal indonesia

Paypal sebagai suatu sistem pembayaran online kini telah memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Dengan Paypal, pembayaran bisnis dan transaksi jual-beli secara internasional sangat mudah dilakukan. Hampir semua merchant terutama situs jual-beli online menerima Paypal sebagai salah satu alat pembayaran mereka yang sah.

Jenis Akun Paypal

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak para pengguna Paypal, apalagi dengan semakin menggeliatnya bisnis online, baik dalam taraf lokal maupun internasional yang membutuhkan alat pembayaran yang mudah, cepat, terpercaya dan dapat diterima di mana saja. Membuat akun Paypal sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis. Ada 3 jenis pilihan akun yang dapat dipilih: Personal, Premier, dan Business. Masing-masing akun memiliki kelebihannya sendiri namun jika Anda termasuk orang yang sering melakukan transaksi secara online, ada baiknya Anda memilih akun premier atau business untuk mendukung fasilitas tersebut.

Melakukan Penarikan dari Paypal Indonesia

Paypal selain dapat digunakan untuk membeli barang dan melakukan transfer dana, juga dapat digunakan untuk melakukan withdraw atau penarikan uang tunai. Bagi pemilik akun Paypal di Indonesia, setidaknya ada 4 jenis penarikan yang umum dilakukan.

1.  Belanja Online

Cara pertama dan cara yang paling mudah dilakukan untuk menarik dana di Paypal adalah dengan melakukan pembelanjaan online atau melakukan jenis transaksi dengan pembayaran via Paypal. Cara ini dinilai lebih hemat dibandingkan dengan melakukan transaksi online via kartu debit atau kartu kredit karena berbelanja online melalui Paypal sama sekali tidak dikenai biaya tambahan.

2.  Tarik Tunai Ke Kartu Kredit atau Kartu Debit

Uang yang tersimpan di Paypal dapat langsung ditarik ke kartu kredit atau kartu debit, namun di Indonesia hal ini hanya dapat diterapkan pada jenis kartu kredit atau debit berlogo Visa. Setiap penarikannya akan dikenakan biaya 5 dolar Amerika dan jika uang Anda masih dalam bentuk dolar, akan langsung dikonversi ke dalam mata uang rupiah. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5-7 hari kerja.

3.  Tarik Tunai ke Bank di Amerika Serikat

Jika Anda memiliki rekening di salah satu bank di AS,  Anda dapat melakukan penarikan dana dengan cepat tanpa dikenakan biaya. Dana yang ditransfer tetap dalam mata uang USD jika mata uang yang Anda gunakan dalam Paypal adalah USD. Proses ini memakan waktu sekitar 3-4 hari kerja.

4.  Tarik Tunai ke Bank Lokal Indonesia

Ini merupakan fitur andalan bagi Paypal Indonesia yaitu penarikan dana langsung ke akun bank lokal Indonesia. Mata uang yang ditransfer akan langsung dikonversi ke dalam bentuk rupiah. Sebagai catatan, penarikan di atas Rp. 1.500.000,- tidak dikenai biaya sedangkan transfer dana dibawah Rp. 1.499.000,- akan dikenai biaya Rp. 16.000,-. Penarikan tunai dari Paypal dapat dilakukan di hampir ke seluruh bank lokal di Indonesia, baik konvesional maupun syariah.

Melakukan Verifikasi Paypal

Untuk dapat menikmati segala fasilitas Paypal, ada satu hal yang wajib dilakukan yaitu melakukan verifikasi akun Paypal. Sebelum tahun 2010, verifikasi Paypal dapat dilakukan dengan memasukkan nomer rekening bank lokal Indonesia, namun seiring dengan perubahan kebijakan risiko yang diberlakukan oleh Paypal, verifikasi dengan rekening bank lokal Indonesia sudah tidak dapat dilakukan lagi.

Berdasarkan survei yang dilakukan sampai saat ini, Paypal belum melakukan kerja sama secara resmi dengan pihak bank lokal Indonesia sehingga verifikasi manual melalui rekening bank lokal tidak dilakukan. Untuk melakukan verifikasi rekening, Paypal kini hanya menerima kartu debit atau kartu kredit berlogokan Mastercard, Visa, atau American Express. Sebagai catatan, kartu debit terbitan bank lokal Indonesia meskipun memiliki logo Mastercard atau Visa, belum dapat digunakan untuk verifikasi Paypal. Dengan kata lain, hanya kartu kreditlah yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi ini. Di Indonesia sendiri setidaknya ada tujuh bank lokal yang kartu kreditnya diterima untuk melakukan verifikasi akun Paypal, yaitu: HSBC, Citibank, BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan CIMB Niaga. Namun ada baiknya, sebelum mendaftar menjadi anggota Paypal, Anda menanyakan terlebih dahulu pada pihak bank apakah kartu kredit mereka dapat diterima oleh Paypal.

Selain Paypal, dunia juga mengenal pembayaran melalui kartu kredit virtual. Penjelasannya ada dalam artikel ini. Baca pula mengenai Investasi Bitcoin di pusat pengetahuan kami.

Komentar