Kebutuhan Jasa dari 4 Pekerjaan Ini Makin Meningkat Pasca Pandemi

Kebutuhan Jasa dari 4 Pekerjaan Ini Makin Meningkat Pasca Pandemi

Gaya hidup yang berubah pasca pandemi, maupun kebutuhan masyarakat meningkat akan berbagai layanan online, menjadikan permintaan untuk beberapa jenis pekerjaan juga mengalami peningkatan.

Berikut adalah empat jenis pekerjaan yang akan naik angka permintaannya saat aktivitas masyarakat kembali normal, atau saat pasca pandemi.

Web developer

Ada wabah penyakit yang mengharuskan kita untuk dapat menyelesaikan berbagai kebutuhan tanpa tatap muka, menjadikan makin banyak lembaga yang membutuhkan sarana untuk pelayanan online.

Pelayanan publik dalam bentuk online memang bukan hal yang asing. Hanya saja, pengembangan dan pengoptimalan dari layanan-layanan online ini pasti akan dibutuhkan.

Ke depannya, jumlah lembaga atau perusahaan yang membutuhkan website pastinya akan bertambah. Selain itu, akan makin banyak perusahaan yang berusaha menambah layanan onlinenya untuk menarik minat banyak orang.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah beberapa perusahaan yang saat ini tutup bisa saja kembali beroperasi ketika situasi ekonomi beranjak stabil. Sehingga, permintaan untuk jasa mereka yang saat ini menurun drastis dapat meningkat di masa mendatang.

Perusahaan-perusahaan ini pastinya akan membutuhkan tenaga web developer untuk mengoptimalkan layanan online mereka.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar mengenai dunia teknologi informasi, terutama web developer, bisa mengikuti kursus-kursus. Jadi Anda bisa belajar sambil bekerja.

Tenaga pengajar online

Ada beberapa latar belakang yang kami temukan mengapa tenaga pengajar online akan banyak dicari di masa mendatang.

Pertama, kebutuhan pendidikan formal akan semakin meningkat. Hal ini menjadikan perguruan tinggi dan universitas, mau tidak mau, harus bisa menyediakan tenaga pengajar online. Sehingga mahasiswa yang berada jauh dari gedung kampus, atau pekerja yang juga berkuliah bisa mengakses pelajaran secara online. Belum lagi penyandang disabilitas yang bisa saja kesulitan jika harus pergi ke kampus setiap hari, juga pastinya membutuhkan fasilitas pendidikan tinggi.

Pendidikan online ini sudah terbukti bisa dijalankan, karena selama pandemi kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online.

Kedua, makin banyak orang sadar bahwa mereka harus bisa mengembangkan kemampuannya. Selain itu, menggantungkan diri pada kemampuan bekerja saat ini akan berisiko di masa mendatang. Risiko yang dihadapi jika seseorang tidak mengembangkan kemampuannya adalah kehilangan pekerjaan jika jenis pekerjaan yang ia lakukan bisa diganti dengan mesin, atau karir yang tidak berkembang.

Pandemi mengajarkan pada kita bahwa kemampuan berkomunikasi menggunakan media-media online sangat dibutuhkan. Kemudian, kemampuan enterpreneurship di mana Anda dituntut untuk mencari peluang di saat situasi ekonomi terjepit. Peluan ini bisa didapatkan dengan memanfaatkan apa yang Anda miliki saat ini, seperti tenaga, waktu, dan keterampilan.

Oleh karenanya, kesadaran ini akan membuat orang tidak segan untuk berinvestasi demi pendidikan formal maupun informal. Pendidikan informal seperti kursus-kursus atau tutorial yang bisa didapatkan secara online bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Kursus dan pelatihan yang dibutuhkan pun bisa saja beragam, bukan hanya untuk mencari uang melainkan untuk pengembangan diri. Misalnya, pelatihan yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, olahraga, atau pelatihan manajemen keuangan pribadi.

Tenaga kesehatan (dokter, perawat, dan penyuluh kesehatan)

Tentu saja kebutuhan akan tenaga kesehatan akan meningkat. Makin banyak orang yang lebih sadar untuk mencari bantuan tenaga medis jika sakit. Selain itu, pemerintah pastinya ingin distribusi tenaga kesehatan yang merata. Hal ini mungkin dilakukan jika jumlah tenaga kesehatan mencukupi.

Selain itu, layanan kesehatan online juga menjadi kebutuhan. Hal ini disebabkan kesibukan orang saat pergerakan ekonomi yang mulai stabil menyebabkan mereka harus bisa mengakses layanan kesehatan secepat mungkin.

Kemudian, dokter yang ada akan kesulitan untuk melayani pasien secara offline dan online. Oleh karenanya, dokter yang khusus melayani konsultasi lewat telepon atau sarana komunikasi online akan sangat penting.

Adapun kebutuhan lulusan kesehatan masyarakat juga tidak kalah pentingnya. Penyuluhan tentang kesehatan harus dilakukan hingga ke area pedesaan. Pemerintah akan membutuhkan jasa penyuluh kesehatan untuk menyampaikan informasi kesehatan ke berbagai lapisan masyarakat.

Bidan

Bidan memang bagian dari tenaga kesehatan, namun kali ini disajikan terpisah karena kami ingin menekankan bahwa jasa bidan akan meningkat permintaannya selama atau setelah krisis pandemi ini.

Kantor berita AFP yang berbasis di Perancis melansir bahwa, diperkirakan akan ada 400.000 angka kehamilan di Indonesia selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini juga didasarkan pada pernyataan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo. Ia menyampaikan bahwa ada penurunan angka penggunaan kontrasespsi. Salah satu penyebabnya adalah banyak klinik yang tutup selama PSBB.

Salah satu ketakutan pemerintah adalah meningkatnya angka kehamilan ini juga akan berimbas pada meningkatnya angka kematian ibu dan bayi. Oleh karenanya, bantuan bidan terutama di area pedesaan akan sangat dibutuhkan.

Dengan adanya tenaga bidan yang memadai, diharapkan angka kematian ibu dan bayi dapat ditekan serendah mungkin. Selain itu, pihak BKKBN juga melakukan tindakan pencegahan dengan mendistribusikan alat kontrasepsi ke penduduk yang membutuhkan.

Perlu diketahui bahwa tugas bidan tidak hanya membantu proses kelahiran. Lebih dari itu, bidan mendampingi para ibu dari masa kehamilan, menyusui, hingga memantau perkembangan bayi.

Tentunya ada banyak pekerjaan lain yang juga mengalami peningkatan permintaan, seperti petugas pengiriman barang dan makanan. Bukan hanya karena untuk menerapkan social distancing, melainkan kebutuhan orang akan layanan yang praktis dan efektif akan meningkat.

Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi dan mendorong Anda untuk menambah kemampuan baru. Dengan memiliki kemampuan yang dibutuhkan, Anda bisa menyelamatkan keuangan saat resesi terjadi.

Berikut adalah informasi lainnya sebagai inspirasi Anda untuk bangkit kembali setelah masa pandemi berakhir.

Komentar