7 Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Paling Menguntungkan dan Bisa Dikerjakan di Rumah

7 Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Paling Menguntungkan dan Bisa Dikerjakan di Rumah

Punya pekerjaan tetap dan usaha sampingan merupakan keuntungan. Tandanya Anda cukup mapan karena memiliki dua sumber pemasukan. Apalagi zaman sekarang, usaha sampingan bisa menghasilkan nominal uang yang tidak sedikit. Sebenarnya memulai usaha sampingan tak harus memerlukan modal.

Anda bisa mengandalkan kemampuan serta talenta yang dimiliki untuk menjalankan usaha sampingan. Dan ini bersifat gratis alias non modal. Ibaratnya, usaha sampingan ini membutuhkan jasa Anda untuk bisa menghasilkan pundi-pundi bagi pemasukan. Berikut 7 usaha sampingan tanpa modal yang bisa Anda jalankan meski masih berprofesi sebagai karyawan.

Lebih penting lagi, semuanya bisa dilakukan dari jarak jauh, atau tanpa bertemu orang secara langsung.

1. Penulis

Doc : writer's digest

Doc : writer’s digest

Memiliki hobi menulis mumpuni memberikan keuntungan. Baik berupa pengembangan skill maupun uang. Kegemaran Anda menulis dapat dituangkan menjadi uang dengan cara menjual jasa kepada pihak ketiga yang membutuhkan. Biasanya apabila tulisan Anda disenangi oleh pihak ketiga tersebut maka jasa Anda akan dipergunakan secara berkala. Dan bukan hal mustahil mereka akan selalu mengajak Anda berkolaborasi ketika ada project teranyar.

Penghasilan seorang penulis sangat variatif. Umumnya satu tulisan dihargai minimum Rp 300.000 – Rp 500.000. Tergantung panjang tulisan serta tingkat kesulitannya. Apabila dalam seminggu Anda menerima 3 kali tawaran menulis, maka dalam sebulan usaha sampingan Anda ini menghasilkan keuntungan hingga Rp 3.600.000. Untungnya lagi memulai usaha sampingan ini sama sekali tidak butuh modal besar.

2. Tutor

Doc : nycteacherswhotutor

Doc : nycteacherswhotutor

Jiwa mendidik dan kemampuan mengajar dapat tersalurkan menjadi suatu usaha sampingan yang menguntungkan. Menjadi seorang tutor atau guru privat dapat dilakukan seusai jam kerja. Di samping itu, Anda juga bisa mengambil waktu di akhir pekan untuk menjadi tutor. Dan hebatnya saat ini menjadi tutor dapat dilakukan secara online sehingga lebih efisien dan fleksibel.

Rata-rata waktu kerja seorang tutor berkisar 1,5 – 2 jam. Anda bisa memilih pelajaran yang dikuasai secara maksimal untuk kemudian dibagikan pada anak didik Anda. Bayaran seorang tutor cukup menjanjikan. Selama 2 jam mengajar, Anda bisa mendapatkan hingga Rp 500.000 – Rp 2.000.000 dalam sebulan. Sudah bisa dibayangkan bukan betapa menggiurkan menjalani usaha sampingan ini.

3. Web Designer

Doc : PC-OS

Doc : PC-OS

Individu dengan keahlian mendesain berpotensi menjual jasanya sebagai web designer Kemampuan seorang desainer untuk menyulap tampilan website menjadi lebih hidup pantas dibayar mahal. Makanya, tak jarang seorang web designer mengantongi minimal Rp 2.000.000 untuk sekali pengerjaan. Bagi designer yang telah mengantongi puluhan bahkan ratusan portofolio, jasanya bisa dihargai lebih mahal lagi.

Peluang mendesign web ini dapat diperoleh dari UMKM. Untuk mengembangkan website miliknya dan menarik konsumen hingga mendatangkan untung, para UMKM rela mengeluarkan modal membayar web designer. Jumlah UMKM di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Dan berdasasrkan data pada tahun 2019, jumlah UMKM 57,9 juta.  Apabila Anda memanfaatkan peluang dari UMKM saja, bisa terhitung kan berapa keuntungannya.

4. Personal Shopper

Doc : Mostafazizi

Doc : Mostafazizi

Hobi belanja ternyata tak selalu berdampak negatif karena menguras kantong. Faktanya kegiatan tersebut juga mendatangkan keuntungan dan menambah penghasilan Anda. Bagaimana bisa? Bekerjalah sebagai pebelanja pribadi atau personal shopper. Kegemaran belanja kini bisa disulap menjadi pekerjaan dengan keuntungan menggiurkan. Usaha sampingan tanpa modal ini hanya membutuhkan keahlian Anda mencari barang-barang (umunya bermerk) untuk ditawarkan kepada konsumen yang membutuhkan.

Cara bekerja personal shopper biasanya dengan memotret produk-produk tertentu di pusat perbelanjaan dan mengunduhnya di akun sosial mereka, Dengan mengusung ‘jasa titip’, konsumen yang menginginkan suatu produk bisa mendapatkannya hanya dengan mengirim pesan pada si personal shopper. Jasa titip ini bervariasi harganya, ada yang mematok harga sekitar Rp 20.000-Rp25.000 sekali pembelanjaan. Untung menarik dari jasa personal shopper ini sangat beragam. Apabila telah memiliki pelanggan tetap, si personal shopper bisa mendapat keuntungan hingga Rp 2.000.000 dalam sebulan.

Namun, pada masa seperti ini, Anda tidak bisa melakukan pekerjaan ini karena wabah COVID-19. Sebagai gantinya, Anda bisa membuka toko online yang memasarkan produk dari luar negeri atau daerah lain.

5. Penerjemah

Doc : diverging path

Doc : diverging path

Keahlian menguasai dua Bahasa atau lebih adalah suatu keuntungan. Pasalnya, talenta tersebut tak dimiliki setiap orang. Fasih berbahasa asing menghantarkan Anda pada usaha sampingan tanpa modal dengan keuntungan menggiurkan yaitu sebagai seorang penerjemah. Pencari jasa ini beragam, mulai dari perusahaan media, advertising hingga perusahaan asing seiring meningkatnya kebutuhan orang atau perusahaan untuk memahami bahasa asing.

Bekerja Jadi Penerjemah, Berapa Gaji yang Bisa Didapat? Jawabannya, upah seorang penerjemah cukup menjanjikan. Minimal jasanya dihargai Rp 200.000 sekali pengerjaan dan biasanya seorang translator akan diperkerjakan secara berkala oleh perusahaan yang telah memercayai jasanya. Apabila dilibatkan dalam proyek berat, jasanya pun bisa dihargai sampai jutaan. Menjalani usaha sampingan ini sangat menjanjikan dan mumpuni menambah pemasukan Anda setiap bulannya.

Pekerjaan ini juga bisa dikerjakan secara online, dan tidak perlu bertemu dengan klien secara langsung.

6. Guru Seni

Doc : wikimedia

Doc : wikimedia

Profesi sebagai guru seni terbukti andal menjadi usaha sampingan tanpa modal selanjutnya yang menggelontorkan keuntungan. Baik seni tari atau seni musik, jasa ini dapat ditawarkan kepada sekolah tari dan sekolah musik. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa les privat secara online.

Seorang guru les musik seperti gitar biasanya dibayar Rp 500.000 sekali mengajar. Dan guru tari, jasanya dihargai Rp 500.000 ke atas. Apabila jumlah peserta didik Anda mencapai 5 anak. Maka sekali mengajar, Anda sudah mengantongi Rp 2.500.000.

Sebagaimana tutor, sebenarnya mengajarkan musik juga bisa dilakukan secara online. Platform yang mengajarkan berbagai keahlian seni secara online adalah skillshare. Tentu saja media sosial bisa menjadi tempat untuk memasarkan jasa Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai tutor pada platform seperti ini, atau menghubungi tempat kursus musik yang menyediakan online class.

7. Design Grafis

Doc : alliance abroad group

Doc : alliance abroad group

Berbeda kewajiban dengan web designer, seorang design grafis diberi tugas untuk mendesain infografis, mendesain promotion tools, hingga proses layout. Untuk tugas ringan seperti mendesain infografis upahnya minimal Rp 300.000 sekali pengerjaan. Sementara proyek yang lebih berat bisa mengantongi Rp 500.000-Rp 1.000.000, atau bahkan lebih.

Jasa seorang design grafis juga diburu banyak pihak. Pasalnya, ada beberapa perusahaan yang lebih senang memperkerjakan design grafis secara freelance ketimbang mengangkat karyawan. Nah, peluang tersebut dapat Anda manfaatkan dengan menawarkan keahlian ini kepada klien.

Mulailah menggali potensi dalam diri Anda dan jual kepada pihak yang membutuhkan. Apabila ditekuni, usaha sampingan ini malahan memberi keuntungan lebih besar ketimbang. Keunggulannya lagi, usaha di atas sama sekali tidak perlu mengeluarkan modal. Anda lebih mengutamakan modal jasa ketimbang materi jika berniat menjalankan usaha-usaha tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan invoice. Hal ini untuk kelancaran pembayaran honor atau penghasilan Anda. Apalagi jika semua transaksi pembayaran dilakukan secara online.

5 Usaha Sederhana Dengan Keuntungan Berlipat di Indonesia, yang tentunya masih berlaku di tahun 2020 ini, dan menjadi opsi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan!

Image : Neilpatel

Komentar