Peluang Usaha Yang Menjanjikan dan Trendi Sepanjang 2018

Peluang Usaha Yang Menjanjikan dan Trendi Sepanjang 2018

Memasuki pertengahan 2018, tidak ada salahnya untuk melirik peluang usaha yang menjadi tren dan akan berkembang di tahun berikutnya. Terutama jika Anda berniat untuk memulai bisnis di tahun ini.

Peluang usaha yang akan kami ulas berikut ini, tidak hanya merupakan tren di tahun ini, melainkan juga bisa dimulai dengan modal yang tidak besar. Dimana kalau diperhatikan, banyak bisnis di tahun 2018 ini lebih menitikberatkan pada skill daripada besarnya modal yang dibutuhkan. Karena makin banyak orang yang melihat konsep penyajian selain kualitas produk sebelum membeli.

Selengkapnya, simak peluang bisnis ini untuk inspirasi Anda.

Jajanan vintage

jajanan vintage

Sebagaimana tren dalam fashion, tren makanan pun memiliki pola yang sama. Banyak orang, terutama mereka yang di usia produktif, mencari makanan ringan yang menjadi tren di tahun 80 sampai 90an. Alasannya sederhana, karena makanan-makanan ini mengingatkan mereka akan masa kecil mereka dan paling sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Jenis jajanan vintage yang kembali diburu orang diantaranya; mie lidi, kue cubit, rambut nenek, es potong, dan keripik.

Jenis-jenis jajanan ini bukan hanya milik pedagang kaki lima atau pasar tradisional, namun supermarket dan mini market juga ikut menjajakan jajanan yang sempat tren di masa kecil kita dulu. Artinya, peminat dari jajanan vintage ini masih banyak sehingga peluang bisnis Anda juga menjanjikan.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis rambut nenek dalam skala kecil misalnya, bisa melihat contoh estimasi laba berikut ini.

ItemBiaya
Total modal per bulanRp 2.200.000
Bahan baku (gula, tepung, minyak)Rp 55.000 x 30 hari = Rp 1.650.000
Plastik kemasanRp 350.000
Transportasi dan lain-lainRp 200.000

Jika diasumsikan Anda menjual 30 bungkus rambut nenek per hari dengan harga Rp 5.000 per bungkus, maka pendapatan kotor tiap bulannya adalah adalah:

Rp 150.000 x 30 hari = Rp 4.500.000

Jadi estimasi laba kotor per bulan adalah Rp 4.500.000 – Rp 2.200.000 = Rp 2.300.000

Pemasaran dari jajanan ini bisa menggunakan cara kerjasama dengan supermarket, mini market, atau toko kelontong di sekitar rumah Anda, sehingga tidak perlu membuat stan sendiri.

Adapun contoh merek jajanan kuno yang sukses adalah Makaroni Ngehe, Eat Happens (kue cubit), Kantin SD, Arum Manis Mbah Mbut, dan masih banyak tempat makan hipster yang juga menjual jajanan tempo dulu.

Laundry kiloan

mesin cuci

Bisnis laundry rasanya tidak akan sepi. Pasalnya, angka mobilisasi ke kota yang meningkat menyebabkan tingginya kebutuhan akan jasa laundry. Hal ini dikarenakan bagi mereka yang sibuk atau tidak memiliki tempat untuk mencuci baju sendiri di rumah akan memilih untuk menggunakan jasa laundry. Terutama, untuk jenis cucian yang berat seperti sprei, bedcover, sweater, jaket, atau gaun.

Harga dari jasa laundry ini bisa beragam sesuai dengan jenis layanan yang ditawarkan, seperi dry cleaning, cuci mamel, atau cuci kering plus setrika. Adapun jenis layanan laundry yang mulai bermunculan saat ini adalah coin laundry, dimana pelanggan bisa melakukan laundry sendiri.

Jika Anda berniat membuka jasa laundry, terutama di area kampus atau perkantoran, maka Anda tidak perlu takut tidak memiliki pelanggan. Lebih besar lagi peluang bisnis and jika memiliki jasa antar jemput cucian.

Sebagai gambaran, berikut ini kami berikan estimasi biaya dan laba yang didapatkan untuk jasa laundry tanpa layanan antar jemput.

Modal awal

ItemBiaya
Total modal awalRp 4.774.000
Mesi cuci + pengering (8 kilogram)Rp 3.999.000
SetrikaRp 25.000
Ember Rp 50.000
RakRp 300.000
Meja dan kursiRp 200.000
Hangar dan jepitan jemuranRp 150.000
TimbanganRp 50.000
Sumber : investasiuntung.com

Biaya operasional bulanan

ItemBiaya
Total operasional bulananRp 750.000
Detergent dan pewangiRp 400.000
Kantong plastikRp 50.000
Stationary (pena, kertas, kwitansi, dan lain-lain)Rp 150.000
Air dan listrikRp 150.000
Sumber : investasiuntung.com

Dari perhitungan di atas dapat dihitung untuk modal awal ditambah dengan biaya operasional bulan pertama menjadi Rp 5.524.000.

Misalnya Anda mematok harga Rp 7.000 per kilogram, dan rata-rata konsumen yang datang membawa 5 kg cucian, maka estimasi pendapatan dan laba bersih dapat dihitung sebagai berikut.

Rp 7.000 x 5kg = Rp 35.000

Rp 35.000 x 7 pelanggan (dalam sehari) = Rp 305.000 per hari

Pendapatan per bulan Rp 305.000 x 28 hari (untuk bulan pertama) = Rp 8.540.000

Laba bersih bulanan : Rp 8.540.000 – Rp 750.000 = Rp 7.790.000

Artinya jika bisnis laundry Anda ramai, balik modal di bulan pertama tidaklah mustahil. Namun perlu diingat bahwa tidak setiap hari pendapatan Anda akan sama. Oleh karenanya, lakukan promosi menggunakan flyer atau pasang banner di depan rumah Anda.

Salon

penata rambut

Bisnis salon rasanya tidak akan kehilangan daya tariknya. Apalagi, saat ini urusan perawatan dan penampilan tidak hanya terbatas untuk kaum hawa. Selain itu, kebutuhan akan perawatan penampilan ini tidak mengenal batas usia. Orang yang bisa menjadi target market dari sebuah salon mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Banyak alasan untuk datang ke salon. Mulai dari sekedar potong rambut, hingga perawatan rambut dan kulit. Pada kesempatan khusus seperti hari perayaan, karnaval, atau pernikahan, tenaga kecantikan dibutuhkan untuk mempersiapkan makeup dan kostum.

Di sisi lain kesadaran masyarakat, terutama di area kota, untuk merawat penampilan makin tinggi. Hal ini mengingat banyak pekerjaan yang menuntut seseorang untuk bertemu banyak orang. Juga budaya berkumpul atau nongkrong yang mengharuskan seseorang berkumpul dengan orang-orang baru. Masih banyak faktor lainnya yang menjadikan bisnis kecantikan makin krusial.

Oleh karenanya, mereka yang tertarik di dunia kecantikan banyak yang mengembangkan bisnis dengan mendirikan salon. Baik itu salon khusus pengantin, umum, khusus pria, bahkan saat ini berkembang salon khusus anak-anak.

Untuk membuka salon dalam artian menyiapkan tempat serta segala peralatannya memang bukan hal mudah. Namun untuk awalan, Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan menerima panggilan. Anda juga bisa melakukan sistem janji pertemuan dengan pelanggan. Jika bisnis sudah berkembang, Anda bisa menyewa tempat bisnis atau menggunakan ruang kosong di rumah.

Adapun jasa yang bisa ditawarkan adalah perawatan seperti lulur dan creambath, rias pengantin atau kostum adat, lukis hena, dan potong rambut.

Kali ini mari ambil contoh misalnya Anda mau membuka salon untuk umum, dimana Anda melayani jasa perawatan dan potong rambut. Berikut adalah estimasi biaya dan peralatan yang dibutuhkan, tanpa sewa tempat karena biaya sewa tempat bisa beragam sesuai lokasinya.

Item Biaya
TotalRp 22.500.000
Peralatan salon (mesin pemanas rambut, cermin, kursi, sisir, gunting, tempat cuci rambut, pengering rambut, produk perawatan rambut, handuk, dan lain-lain)Rp 20.000.000
Biaya listrik, telepon, dan air per bulanRp 1.000.000
Biaya promosiRp 1.000.000
Biaya tidak terduga per bulanRp 500.000
Sumber : investasiuntung.com

Dari daftar di atas bisa dilihat bahwa bisnis salon membutuhkan modal awal Rp 22.500.000. Dengan biaya bulanan sekitar Rp 1.500.000. Angka ini tentunya lebih besar jika Anda memutuskan untuk sewa tempat dan mempekerjakan karyawan.

Namun dari segi keuntungan, bisa diambil estimasi sebagai berikut.

Rata-rata biaya perawatan per orang yang datang adalah Rp 40.000. Estimasi pelanggan sehari 10 orang.

Rp 40.000 x 10 = Rp 400.000

Rp 400.000 x 30 = Rp 12.000.000

Laba per bulan Rp 12.000.000 – Rp 1.500.000 = Rp 10.500.000

Dari estimasi di atas, bisa disimpulkan jika Anda mempertahankan pelayanan dengan baik dan mempertahankan jumlah pelanggan, maka dalam dua bulan Anda berpotensi balik modal.

Satu hal lagi yang perlu diingat, bahwa salon bisa saja sepi pada waktu-waktu tertentu. Oleh karenanya tetap sisihkan uang darurat per bulan untuk keperluan perawatan bisnis.

Pembuatan website

website

 

Di era digital ini, bisnis yang berkaitan dengan teknologi informasi masihlah menjadi ide yang menarik. Kebutuhan akan platform berupa website menjadikan para tenaga teknologi informasi laku di pasaran. Baik itu mereka yang bernaung dalam sebuah perusahaan atau para pekerja lepas. Dengan melihat keadaan ini, jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis yang menggiurkan di tahun 2018.

Untuk memulai bisnis ini, hal yang dibutuhkan selain kemampuan adalah portofolio. Anda harus membuat sebuah website atau blog telebih dahulu yang membuat calon pelanggan bisa percaya dengan kemampuan Anda. Lebih bagus lagi, jika Anda memiliki sertifikat dari akademi teknologi informasi. Website atau blog yang Anda buat juga bisa menjadi sarana promosi Anda nantinya.

Memulai bisnis pembuatan website ini bisa dimulai dengan membangun jaringan pelanggan sebagai seorang lepas. Alat yang Anda butuhkan hanyalah komputer PC atau laptop, dan jaringan internet yang baik. Jika dirinci untuk biaya operasionalnya, bisa jadi hanya sekitar Rp 500.000 per bulan untuk keperluan jaringan internet broadband.

Harga dari jasa pembuatan website sendiri yang dikerjakan untuk perorangan berkisar Rp 2.970.000 per proyek. Sedangkan untuk lama pembuatannya sendiri antara 2 minggu sampai 1 bulan, tergantung dari jumlah koreksi. Dengan demikian, sudah bisa dipastikan dalam sebulan Anda bisa mendapatkan laba bersih antara Rp 2.000.000 sampai Rp 2.500.000.

Yang perlu diingat dari bisnis ini adalah kepastian honor atau harga yang ditetapkan sehingga tenaga Anda tidak akan terbuang sia-sia.

Affiliate marketing

bekerja menggunakan laptop

Sekarang, siapapun bisa menjadi marketer. Anda hanya butuh blog dan akun media sosial untuk memulai bisnis ini.

Affiliate marketing sendiri berarti orang yang memiliki platform (blog atau website) dengan jumlah pengunjung yang banyak, sehingga dapat digunakan oleh perusahaan lain sebagai sarana untuk mendatangkan traffic dan penjualan.

Contohnya, Anda memiliki sebuah blog. Kemudian Anda bekerjasama dengan merek tertentu untuk mendatangkan traffic atau pengunjung juga di website mereka. Cara yang umum digunakan adalah memasang banner pada blog Anda. Nantinya Anda akan dibayar sebesar jumlah pengunjung yang berhasil didatangkan. Biasanya affiliate marketing juga menggunakan Google Adsense, kemudian mereka akan dibayar sesuai jumlah click.

Kalau dilihat dari segi waktu untuk mulai membangun jaringan hingga mendapatkan hasil memang tidak sebentar. Anda harus memastikan bahwa blog atau website yang dibangun untuk memiliki banyak pengunjung reguler untuk bisa menjadi affiliate marketing. Selain itu, Anda juga harus bisa mempertahankan kualitas konten agar banyak orang yang mau berkunjung ke blog atau website Anda.

Sekilas memang bisnis ini terkesan santai dan menguntungkan, karena dibandingkan dengan ide lainnya, menjadi affiliate marketing tidak membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu komputer PC atau laptop, serta jaringan internet yang bagus. Adapun biaya awal dari bisnis ini adalah :

ItemBiaya
Web HostingAntara Rp 500.000 sampai Rp 2.000.000 per bulan (tergantung domain yang dipakai)
Internet Rp 500.000

Namun perlu juga Anda ingat bahwa bisnis ini juga memiliki tantangannya sendiri. Setelah memiliki platform berupa website atau blog, serta media sosial, Anda harus bisa menemukan klien dan menjaga agar kualitas konten tepat berkualitas. Selain itu, Anda harus memperluas jangkauan pengunjung dengan cara rajin menyebarnya lewat media sosial.

Melakukan semua hal ini memang tidak mudah, Anda harus disiplin dan memiliki konsep serta target yang jelas.

Keuntungan dari menjadi affiliate marketing bisa dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari jumlah pengunjung atau lead (informasi kontak pengunjung) yang bersumber dari blog atau website Anda.

Tren bisnis di beberapa tahun belakangan, menunjukkan bahwa kreatifitas adalah kunci dari bisnis yang akan dijalankan. Hal ini mengingat banya orang yang menawarkan produk yang sama dengan Anda. Oleh karena itu, memberikan nilai lebih pada layanan yang Anda tawarkan sangatlah penting.

Selain lima ide diatas beserta penjelasannya, Anda juga perlu ingat bahwa untuk menjalankan bisnis, terutama laundry dan salon, haruslah dilengkapi dengan izin usaha. Simak panduan lengkap membuat SIUP untuk kelancaran bisnis Anda.

Komentar