5 Transfer Pemain Termahal Di Dunia Dalam Beberapa Tahun Terakhir

5 Transfer Pemain Termahal Di Dunia Dalam Beberapa Tahun Terakhir

Dengan Neymar da Silva Santor Júnior, atau yang biasa dikenal dengan nama Neymar, yang mendekati masa dipindahkan dari Barcelona ke Paris St-Germain (PSG) dengan nilai transfer fantastis yaitu £198 juta (sekitar Rp 3,5 triliun), kita semua melihat seberapa pentingnya kesepakatan ini bagi kedua klub. Selain itu, hal ini bisa jadi merupakan kesempatan bagi Neymar untuk memecahkan rekor dunia sebagai pemain dengan nilai transfer termahal.

Sedangkan Barcelona sendiri sepertinya tidak akan pernah mempertimbangkan untuk berpisah dengan salah satu asetnya yang paling berharga, transfer ini bisa terjadi karena Qatari sebagai pihak yang mendukung PSG manyanggupi untuk memebeli Neymar dengan harga £198 juta.

Ini artinya, pemain Brazil berusia 25 tahun ini akan mengantongi gaji, sebelum pajak, sebesar £767,223 (Rp 13.516.162,07) setiap minggunya!

Mengapa PSG akan menyetujui?

Jumlah pelepasan Neymar yang besar mungkin mengakibatkan klub lain mengurungkan niatnya untuk mengontrak Neymar dalam bursa transfer, namun dengan dukungan keuangan dan ambisi untuk memenangkan Liga Champion (terutama setelah bertahun-tahun gagal) membuat direktur klub Al-Khelaifi untuk bertindak cepat.

Tidak hanya klub ini harus membayar jumlah berlipat ganda dari transfer-transfer sebelumnya, mereka juga harus dibayar kontan (sebagaimana tertera dalam kontrak Neymar) sebelum pemain ini bisa menjadi bagian tim PSG secara resmi.

Karena kepopuleran dan nilai jual Neymar, klub ini yakin bahwa mereka akan balik modal dengan menggunakan hak image dari Neymar. Bagaimanapun juga, Neymar menghasilkan lebih banyak uang di luar lapangan melalui endrsment daripada penghasilannya saat bermain untuk Barcelona.

Di sisi lain, langkah ini juga akan berisiko bagi PSG jika tidak bisa memenuhi peraturan UEFA’s Financial Fair Play, artinya mereka sepertinya harus menjual beberapa pemainnya untuk menyeimbangkan kasnya. Para pemain seperti Veratti, Aurier, dan Angel Di Maria adalah para pemain dengan nilai tertinggi, dan mungkin yang akan dijual untuk memasukkan Neymar ke dalam tim.

Jadi, siapa yang akan dipilih Barcelona untuk menggantikan Neymar untuk digabungkan dengan Messi dan Suarez? Dengan adanya pemasukan besar-besaran dari PSG nantinya, biaya transfer tentu bukan masalah.

Kabarnya, mereka melirik Coutinho dari Liverpool meskipun Jurgen Klopp tidak akan menjualnya karena mereka ingin mempersiapkan musim English Premier League (EPL) kali ini. Pilihan lainnya, Barcelona dikabarkan mempertimbangkan Eden Hazard dari Chelsea dan Ousmane Dembele dari Dortmund.

Dengan adanya transfer Neymar yang rencanya akan selesai dalam beberapa hari, kita akan melihat lima pemain sepak bola termahal di dunia berikut.

1. Paul Pogba, 2016

www.101greatgoals.com

Transfer dari Juventus ke Manchester United
Nilai transfer: £89 juta (Rp 1,57 triliun)

Baru saja di musim panas lalu, Paul Pogba kembali ke Manchester United (sebelumnya meninggalkan klub ini untuk bergabung ke Juventus hanya untuk empat tahun) dengan bayaran termahal di dunia yaitu £89 juta. Dengan perpindahan ini, Paul Pogba dipersiapkan untuk EPL dan diharapkan bisa berkontribusi besar dalam tim ini.

2. Gareth Bale, 2015

dailystar.co.uk/sport

Transfer dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid
Nilai transfer: £85.3 juta (Rp 1,5 triliun)

Setelah memecahkan rekor transfer dunia dengan membeli Ronaldo, Real Madrid melakukannya lagi dengan mengontrak Gareth Bale. Setelah awal yang lambat dengan Los Merengues, Bale membangun kerjasama dengan Ronaldo dan Benzema dalam klub yang memenangkan Liga Champion dalam tiga tahun ini.

3. Cristiano Rolando, 2009

goal.com/en-us/news

Transfer dari Manchester United ke Real Madrid
Nilai transfer: £83.7 juta (Rp 1,48 triliun)
Para penggemar Manchester United bersedih hati saat idolanya meninggalkan klub ini untuk bergabung dengan Real Madrid dengan nilai transfer, yang saat itu, belum pernah ada. Ronaldo kemudian menjadi pemain terbaik Real Madrid setelah menyumbang skor gol tertinggi hanya dalam tujuh tahun selama berada dalam klub ini.

4. Gonzalo Higuaín, 2016

the18.com/news/gonzalo-higuain

Transfer dari Napoli ke Juventus
Nilai transfer: £75.3 juta (Rp 1,3 triliun)
Transfer Higuaín ke Juventus menjadi kontroversi karena persaingan antara kedua klub ini. Bukan hanya transfer ini akan memperkuat tim Juventus, melainkan juga akan melemahkan Napoli, saingannya. Striker ini telah mencetak gol sejak kepindahannya ke Juventus, memberikan Old Lady keuntungan dari investasinya.

5. Romelu Lukaku, 2017

express.co.uk/sport/football

Transfer dari Everton ke Manchester United
Nilai transfer: £75.3 juta (Rp 1,3 triliun)
Awal musim panas ini, kepindahan Lukuku ke Manchester United diduga akan menjadi transfer termahal, tapi Neymar menunjukkan angka yang lebih tinggi. Masih belum terlihat apakah Lukuku akan bermain di salah satu klub raksasa ini, namun kontraknya dengan Everton habis sejak beberapa musim lalu menunjukkan bahwa sang striker akan mengambil tantangan ini bersama klub barunya.

Dengan nilai transfer yang meroket tajam dalam beberapa tahun terakhir, tidak akan lama bagi “nilai transfer sepanjang masa” milik Neymar –sebagaimana dilaporkan oleh The Independent- untuk terpecahkan lagi oleh bintang sepakbola berikutnya. Namun selain dompet yang makin tebal, apalagi makna transfer ini bagi Neymar?

Pada masa keemasannya ini, Neymar dikontrak untuk bermain yang masih dianggap bukan sebagai klub utama oleh dunia. Jika kehadiran Neymar tidak dapat menaikkan status klub ini, transfer ini akan dicap sebagai kegagalannya.

Namun berdasarkan penampilannya pada dua musim terakhir, Neymar dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, dan pindah ke klub lain akan memungkinkannya keluar dari bayang-bayang Lionel Messi dan Christiano Ronaldo. Bagi Anda yang mengikuti karir Neymar, terlihat pula keraguan bahwa ia akan memberikan penampilan yang sepadan dengan harganya dan membuat namanya serta nama calon klub barunya, PSG, lebih besar lagi.

* Nilai tukar mata uang pada 3 Agustus 2017 dengan 1 GBP = IDR 17616.99
*Sumber image utama www.neymarjr.net

Komentar