Pencabutan Larangan Terbang Maskapai Indonesia Di Eropa

Pencabutan Larangan Terbang Maskapai Indonesia Di Eropa

Larangan maskapai Indonesia untuk terbang di wilayah Eropa kini sudah resmi dicabut. Kondisi ini pastinya akan mendorong kegiatan bisnis dalam negeri di sektor penerbangan. Bukan hanya peluang karena adanya pembukaan rute baru oleh maskapai, melainkan juga sektor lainnya seperti perbaikan dan pembuatan komponen pesawat.

“Di Indonesia ada 60 maintenance center. Pesawat luar bisa repair di Indonesia, itu salah satu peluang bisnisnya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso.

Agus juga mengatakan bahwa dengan adanya pencabutan larangan ini, maka kesempatan kerjasama baru untuk pembuatan komponen pesawat terbang akan terbuka. Peluang ini dapat diraih dengan kerjasama Airbus maupun Boeing yang ingin berinvestasi serta membuka tempat pembuatan komponen pesawat di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga mengungkapkan bahwa pencabutan larangan terbang ini berlaku untuk semua maskapai Indonesia sebagai bentuk dari kepercayaan masyarakat Eropa. Dengan adanya kepercayaan ini, maka industri penerbangan serta pariwisata Tanah Air diharapkan dapat lebih berkembang dan menjadi andalan devisa.

“Jadi dampaknya akan banyak sekali terhadap kemajuan maskapai dan pariwisata kita. Pemerintah Indonesia menyambut baik penawaran kerja sama selanjutnya dengan pihak Eropa untuk terus menjaga kualitas maskapai Indonesia,” jelas Retno.

 

[Source]

Komentar