Jangan Terlambat! Siapkan Rencana Keuangan Ramadhan Sekarang!

Jangan Terlambat! Siapkan Rencana Keuangan Ramadhan Sekarang!

Mendekati Bulan Puasa Ramadhan, Anda pasti sudah mulai memikirkan berbagai kebutuhan. Terutama kebutuhan yang berkaitan dengan tradisi di bulan Ramadhan dan saat Lebaran. Pada masa ini juga, pengeluaran Anda jadi tiba-tiba membengkak.

Mumpung masih April, yuk antisipasi pengeluaran-pengeluaran khas Ramadhan dan Lebaran ini. Supaya lebih mudah, kami membagi pengeluaran ini menjadi tiga kategori besar seperti berikut ini.

pasar

Makanan

Bicara soal kebutuhan yang berkaitan dengan makanan saat Ramadhan memang tidak ada habisnya.  Berbagai acara atau kegiatan yang berkaitan dengan tradisi Ramadhan pasti berkaitan dengan makanan. Tidak heran kalau pada periode Ramadhan dan Lebaran, harga bahan makanan akan naik.

Hari pertama puasa

Rasanya tradisi ini masih dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Dimana setiap hari pertama puasa, orang akan menyajikan makanan special pada saat sahur dan berbuka. Bahkan pada hari puasa pertama juga dijadikan momen untuk kumpul keluarga. Jadi, bagi mereka yang masih tinggal dengan orang tua atau sudah berkeluarga, tidak akan menghadiri acara buka puasa bersama di luar rumah.

Bagi mereka yang jauh dari rumah, biasanya akan ikut buka puasa bersama di masjid-masjid. Adapun makanan buka puasa ini merupakan donasi dari masyarakat sekitar.

Nah, Anda pasti tidak asing dengan repotnya belanja bahan makanan beberapa hari sebelum Ramadhan dimulai. Jadi siapkan budget untuk tradisi spesial ini.

Buka puasa bersama dan ngabuburit

Yang ini pasti tidak bisa dihindari. Dalam 29 sampai 30 hari Ramadhan, Anda akan menghadiri beberapa undangan buka puasa bersama. Biasanya, dalam rangka kumpul teman-teman kantor, reuni almamater, atau mungkin kelompok pertemanan lainnya.

Siapkan juga budget untuk acara-acara ini. Ada baiknya, rencanakan tempat berbuka puasa dan budget per orang sebelum Ramadhan tiba. Hal ini untuk menghindari pengeluaran tiba-tiba karena ajakan yang datang tanpa rencana bersama.

Jangan sungkan untuk menolak acara buka puasa bersama jika budget Anda ketat. Anda bisa menolak undangan buka puasa bersama dari kelompok pertemanan yang tidak terlalu dekat.

Takjil

Siapa yang tidak tergoda dengan bazaar takjil saat Ramadhan. Jejeran makanan dan minuman khas Ramadhan membuat siapapun lapar mata dan ingin jajan setiap hari.

Walaupun harganya terbilang lebih murah dibandingkan makanan di restoran atau toko, tetap saja kalau Anda beli dalam jumlah banyak akan mengganggu pengaturan uang Anda.

Rasanya puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menahan dahaga dan lapar perut, melainkan juga menahan lapar mata.

Kegiatan rohani

Selama Ramadhan, biasanya lingkungan rumah Anda akan mengadakan berbagai kegiatan rohani. Nah, persiapkan diri agar bisa berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan ini.

Zakat

Poin ini harus Anda persiapkan, terutama zakat fitrah. Karena zakat fitrah adalah kewajiban yang harus dipenuhi sebelum waktu shalat Idul Fitri tiba.

Bagi Anda yang berkeluarga, biasanya kepala keluarga yang akan menghitung dan membayar zakat sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Tanyakan pada petugas zakat di lingkungan Anda jika menginginkan informasi yang lebih lengkap mengenai perhitungan dan penyalurannya.

Kegiatan sosial/ sedekah

Kegiatan sosial atau sedekah ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa sumbangan makanan untuk buka puasa di masjid, atau pemberian bantuan pada orang-orang yang membutuhkan.

Memberikan sedekah memang baik, tapi harus tetap sesuai kemampuan. Oleh karenanya, tidak apa untuk membuat budget khusus kegiatan sosial. Sehingga niat baik Anda tidak malah akhirnya memberatkan secara keuangan.

Pesantren kilat untuk anak

Bagi Anda yang memiliki anak usia sekolah, baik itu sekolah dasar atau menengah, kegiatan pesantren kilat memang umum diadakan saat bulan puasa.

Anda harus siap dengan semua kebutuhan ini. Sekolah tidak akan memberi notifikasi secara mendadak, minimal sebulan sebelumnya. Tidak hanya iurannya, Anda juga harus mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti packing pakaian, alat shalat, alat mandi, dan perlengkapan ibadah.

Lebaran

Jangan ditanya lagi, persiapan menyambut Lebaran bisa dibilang bisa menguras sebagian besar tunjangan tahunan Anda. Sebelum kebutuhan selama Ramadhan, Anda harus hitung dan sisihkan uang untuk menyambut Lebaran terlebih dahulu.

Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan dalam pengeluaran untuk Lebaran.

Ongkos mudik

Mau tidak mau ongkos mudik harus disiapkan, bahkan, beberapa bulan sebelum Ramadhan. Misalnya, membeli tiket kereta, bus, atau pesawat untuk pulang kampung.

Jika tiket sudah di tangan, Anda harus memikirkan biaya selama perjalanan. Misalnya seperti biaya angkutan dari rumah ke stasiun, terminal, atau bandara. Kemudian biaya perbekalan untuk makan, atau kebutuhan darurat selama perjalanan.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, harus menghitung biaya bahan bakar, tol, bekal, dan biaya darurat.

Perayaan Lebaran

Sebenarnya yang dimaksud dengan kebutuhan biaya Lebaran bisa jadi berbeda bagi setiap orang. Misalnya, jika Anda tidak merayakan Lebaran bersama keluarga, Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

Sedangkan bagi Anda yang merayakan bersama keluarga harus memikirkan biaya sumbangan untuk acara halal bi halal. Tidak hanya itu, saat halal bi halal Anda akan bertemu dengan anak-anak kecil yang siap menerima angpao atau uang Lebaran.

Dalam perencanaan biaya Lebaran ini, jangan jadikan penampilan sebagai kebutuhan utama. Anda harus bisa memilah-milah mana yang utama dan bisa ditunda.

Contoh budgeting sebelum Ramadhan

Tidak usah terlalu rumit saat menyusun renacana keuangan untuk Ramadhan. Gunakan kunci ini:

  1. Asumsikan harga-harga kebutuhan untuk naik sekitar 5%-6%.
  2. Kategorikan kebutuhan menjadi beberapa urutan, seperti penting, penting tapi bisa dikompromikan, dan tidak penting.
  3. Karena masih ada kebutuhan rutin lainnya, jangan sampai semua kebutuhan Ramadhan dan Lebaran menghabiskan lebih dari 70% total penghasilan (gaji dan tunjangan).

Berikut adalah contoh tabel rencana keuangan sederhana yang bisa Anda contek sebelum Ramadhan datang.

KebutuhanRincianEstimasi budget
Belanja makananMeal plan minggu 1
Meal plan minggu 2
Meal plan minggu 3
Meal plan minggu 4
Rp
Rp
Rp
Rp
Lebaran dan zakatTiket/bahan bakar
Zakat
Iuran halal bi halal
Keperluan perjalanan
Angpao
Rp
Rp
Rp
Rp
Rp
Lain-lainBuka puasa bersama
Kegiatan rohani
Baju baru
Rp
Rp
Rp

Contek tabel ini untuk ditambahkan ke budget bulanan Anda, sehingga Anda memiliki catatan rencana keuangan khusus Ramadhan yang efektif. Tambah atau kurangi item pada rincian sesuai kebutuhan.

Ingat sekali lagi, jangan sampai total pengeluaran Ramadhan dan Lebaran lebih dari 70% dari penghasilan Anda.

Bagi Anda yang sudah membeli tiket untuk pulang kampung, sekarang saatnya untuk sesuaikan kebutuhan Ramadhan lainnya.

Simak juga rangkaian panduan keuangan kami yang bermanfaat jika Anda berniat untuk mengajukan pinjaman, atau sedang dalam proses melunasi pinjaman.

Komentar