Tidak Ada Pungutan Biaya Pada Transaksi Menggunakan Kartu Kredit

Tidak Ada Pungutan Biaya Pada Transaksi Menggunakan Kartu Kredit

Pungutan biaya dalam transaksi kartu kredit dengan merchant (pengelola toko) tidak berlaku bagi nasabah PT Bank Central Asia Tbk. Hal ini ditegaskan oleh pihak BCA bahwa tidak adanya pungutan biaya sudah tertulis dalam perjanjian kerjasama antara BCA dengan seluruh merchantnya.

“Charge (biaya) berapapun, 2,5 persen atau 3 persen, tidak kami perkenankan walaupun kredit BCA digesek di mesin Electronic Data Capture (EDC) bank lain dan sebaliknya. Tidak ada itu,” jelas Santoso selaku Direktur BCA.

Nasabah diminta untuk lebih kritis dan tegas menolak jika transaksi menggunakan kartu kreditnya dikenakan biaya tambahan. Nasabah juga bisa melaporkan masalah ini jika terjadi.

“Kami akan tegur, bahkan bisa kami putus kerjasama dengan merchant. Tapi nasabah harus buat laporan, karena persoalan semacam ini sulit dideteksi. Kalau nasabah setuju di-charge, transaksi yang tertera sudah termasuk biaya itu,” terangnya lebih lanjut.

Hal senada juga dinyatakan oleh Achmad Baiquni, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Pihaknya melarang keras merchant untuk memungut biaya dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit.

Biaya tambahan 3 persen

Pada dasarnya biaya tambahan sebesar 3 persen memang pernah berlaku. Namun sejak 2011, Bank Indonesia (BI) sudah mengeluarkan larangan akan biaya tambahan ini. Larangan ini tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Di sisi lain, walaupun telah ada peraturan ini, masih banyak nasabah yang belum sadar akan larangan pemungutan biaya 3 persen pada transaksi menggunakan kartu. Kondisi ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh beberapa merchant yang tidak bertanggung jawab.

Tanpa minimal transaksi

Selain larangan pemungutan biaya tambahan, merchant juga tidak diperbolehkan membatasi nilai transaksi nasabah yang menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit. Menurut Santoso, pembatasan nilai transaksi akan menghambat program pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai.

“Di BCA kami mendukung cashless society. Jadi, tidak mungkin kami batasi nilai transaksi. Mungkin begini ya, merchant butuh uang kecil, sehingga kalau nilai transaksi kecil, ia mau pembayaran dengan uang tunai,” jelas Santoso.

 

[Source]

Komentar