Siapa Digital Nomad Dan Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang Jarak Jauh?

Siapa Digital Nomad Dan Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang Jarak Jauh?

Saat ini rasanya sulit untuk melepaskan internet dari kehidupan sehari-hari. Ini termasuk dalam hal pekerjaan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya internet dan perkembangan di dunia teknologi, banyak lapangan pekerjaan yang tercipta. Bahkan Anda tidak memerlukan kantor untuk melakukan pekerjaan berbasis teknologi internet ini. Hal ini juga bisa kita lihat dari makin beragamnya pekerjaan yang ditawarkan untuk para pekerja lepas. Mulai dari penulis, pekerja seni seperti para desainer, programer, data entry, dan masih banyak lagi.

Bahkan pekerjaan jarak jauh menggunakan internet ini mampu merubah pola pikir banyak anak muda saat ini. Mereka tidak lagi merasa bahwa pekerjaan tetap diperlukan karena dengan bekerja secara lepas pun, mereka mampu menghasilkan uang yang cukup untuk kebutuhan mereka.

Fenomena ini tentu makin seru dengan hadirnya para pelancong yang juga merupakan pekerja lepas. Mereka ini lah yang disebut dengan digital nomad. Mereka adalah para pelancong yang menghabiskan hampir seluruh tahun hidup berpindah-pindah untuk memuaskan keinginan mereka untuk bepergian ke banyak kota, bahkan negara, yang berbeda. Dengan gaya hidup seperti ini tidak mungkin rasanya mereka bekerja tetap di satu kantor. Oleh karenanya, mereka bekerja menggunakan internet sebagai pekerja lepas.

Belajar dari para digital nomad ini, apa yang bisa Anda lakukan sebagai orang yang memiliki pekerjaan tetap namun ingin menambah penghasilan?

Berikut ulasannya mengenai digital nomad dan bagaimana Anda bisa mengikuti jejak mereka untuk menambah penghasilan.

Apa itu digital nomad?

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, digital nomad merupakan sebutan untuk mereka yang tidak menetap di satu tempat dan bekerja secara jarak jauh menggunakan internet. Para pekerja digital ini bekerja untuk berbagai sektor bisnis hanya berbekal perangkat pintar mereka seperti telepon genggam dan laptop. Tentunya mereka harus memiliki sambungan internet untuk melakukan pekerjaannya.

Para digital nomad ini melakukan pekerjaannya dari tempat tinggalnya, baik itu hotel maupun apartemen. Namun banyak juga diantaranya yang menggunakan fasillitas kantor bersama atau co-working space. Banyak juga yang memilih untuk bekerja dari kedai kopi atau restoran sambil menikmati hidangan dan pemandangan.

Itulah kenapa jika ke tempat-tempat wisata yang banyak didatangi anak muda dari manca negara, seperti Bali, bisa dengan mudah ditemukan fasilitas wifi di hampir semua restoran, juga fasilita co-working space.

Kira-kira, kota mana saja di Indonesia yang dianggap paling nyaman untuk para digital nomad? Berikut beberapa daerah yang menjadi pilihan kebanyakan pekerja lepas di dunia digital ini.

Daerah yang nyaman untuk digital nomad

Indonesia menjadi incaran para digital nomad. Selain harga kebutuhan sehari-hari yang relatif murah, di Indonesia juga fasilitas internet berupa wifi mudah sekali didapatkan. Di banyak kota di Indonesia, restoran 24 jam yang lengkap dengan fasilitas internet sudah banyak berdiri. Jadi tidak salah kalau negeri dengan tempat pariwisata yang indah ini juga merupakan tujuan bagi para nomad.

1. Bali

Bagi wisatawan asing, Bali merupakan tempat yang nyaman. Tidak hanya untuk dikunjungi melainkan juga untuk tinggal sementara di sini. Ubud misalnya, Travel+Leisure pernah menobatkan Ubud sebagai kota yang paling ramah di dunia. Di sini juga Anda bisa menemukan banyak digital nomad yang sudah menetap selama beberapa bulan, bahkan tahun, sebelum mereka pindah ke kota berikutnya.

Bali memiliki pemandangan indah yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Para travel blogger juga sering menjadikan Bali sebagai bahan untuk tulisannya. Selain itu, di sini juga banyak ditemukan co-working space yang bisa digunakan sebagai pengganti kantor.

 2. Jakarta

Tentunya Jakarta memiliki sarana yang memadai untuk mereka yang bekerja dari jarak jauh. Di kota ini, tidak sulit untuk menemukan restoran atau kafe 24 jam yang lengkap dengan fasilitas wifinya. Di sini juga ada co-working space yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Jakarta menawarkan banyak hal, mulai dari pariwisata di Pulau Seribu hingga hiburan malam berupa konser atau club malam. Kehidupan nyaman dengan fasilitas lengkap dan terjangkau, membuat Jakarta menjadi salah satu kota yang nyaman bagi para digital nomad.

 4. Yogyakarta

Satu lagi kota yang menjadi daya tarik bagi para digital nomad. Yogyakarta menawarkan kehidupan sederhana yang terjangkau namun penuh pengalaman menarik. Hal ini karena di kota ini nuansa tradisional Jawa masih kental terasa.

Sebagaimana sebuah kota besar, Yogyakarta memiliki sarana yang lengkap bagi para digital nomad. Di sini juga para pekerja lepas ini bisa menikmati destinasi wisata sejarah seperti Candi Prambanan setelah bekerja. Sebagai sebuah kota yang dikenal dengan nuansa budaya Jawanya, Yogyakarta juga gudangnya pekerja kreatif. Yogyakarta memiliki pertunjukan teater terkenal seperti Jogja Broadway, juga penerbit terkenal seperti Lkis Group. Tidak salah jika Anda memiliki latar belakang kreatif dan memilih Yogyakarta sebagai tempat mencari inspirasi sembari bekerja jarak jauh.

 5. Bandung

Bandung merupakan kota dengan banyak destinasi wisata untuk pelepas lelah. Selain itu, kota ini juga memiliki range biaya hidup yang lebih murah daripada Jakarta. Udaranya pun sejuk dan lebih dingin, sehingga nyaman untuk bekerja di luar ruangan.

Sarana untuk para pekerja lepas di Bandung juga memadai. Anda tidak perlu takut tidak mendapatkan sambungan internet yang bagus. Bahkan di sini pun banyak ditemukan kafe 24 jam untuk Anda yang suka bekerja hingga larut.

Berapa rata-rata penghasilan pekerja lepas digital ini?

Bayaran untuk pekerja lepas ada yang per jam, ada pula yang per proyek. Adapun besaran biaya tentu tergantung dari jenis pekerjaan dan beban kerjanya. Misalnya, seorang website developer bisa mendapatkan Rp 5 juta sampai Rp 25 juta per proyeknya. Juga seorang penulis lepas yang bisa menghasilkan sekitar Rp 250.000 untuk satu tulisan ringan.

Namun jika pekerjaan yang dilakukan merupakan usaha pribadi seperti digital marketer atau freelance blogger, maka penghasilannya bergantung dari usaha Anda sendiri dalam meningkatkan traffic pembaca.

Lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi beberapa website yang menyediakan pekerjaan untuk para pekerja lepas digital berikut ini. Di sini juga mereka yang membuat proyek akan mencantumkan harga serta bagaimana proses pembayarannya. Walaupun seringkali honor akan dikirimkan melalui paypal, namun jika klien Anda adalah orang lokal, maka mereka akan lebih senang mengirimkan uang Anda melalui transfer bank.

Upwrok.com

Sribulancer.com

Freelancer.com

Guru.com

Indeed.com

Bisakah Anda mendapatkan penghasilan seperti para digital nomad?

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan tetap dan ingin memiliki tambahan penghasilan dengan bekerja sebegai pekerja lepas, maka ini dia yang bisa Anda lakukan.

1. Pilih bidang yang Anda sukai

Mengerjakan pekerjaan lepas memerlukan komitmen. Oleh karenanya, pilih bidang yang Anda sukai untuk melakukan pekerjaan freelance ini. Atau, pilih pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak tenaga untuk berfikir sehingga Anda bisa mengerjakannya dengan santai. Contoh pekerjaan freelance yang cukup santai adalah data entry.

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara jarak jauh ini. Bahkan, Anda pun bisa menjadi trainer atau guru secara online. Sekarang semuanya tergantung pada minat Anda. Jika bisa menghasilkan uang dengan melakukan apa yang menjadi minat Anda, kenapa tidak?

 2. Gunakan aplikasi atau sarana komunikasi untuk membantu pekerjaan

Karena Anda memiliki pekerjaan utama, maka jangan sampai pekerjaan sampingan ini malah menjadi distraksi dari penghasilan utama Anda.

Untuk mengatur jadwal dan memantau tenggat waktu, Anda bisa menggunakan Timesheet. Timesheet merupakan aplikasi untuk mengatur jadwal Anda dan bisa diunduh di Google Play.

Melakukan pekerjaan jarak jauh artinya Anda kemungkinan tidak bertemu dengan klien, apalagi jika Anda mendapatkan proyek dari luar negeri. Di dalam website penyedia pekerjaan freelance biasanya ada fitur chat. Anda bisa berkomunikasi di sini. Namun jika menginginkan komunikasi yang lebih efektif, Anda bisa menggunakan Slack atau Skype.

Satu lagi aplikasi penting yang bisa membantu pekerjaan Anda adalah Trello. Di sini Anda bisa mengatur mana pekerjaan yang sudah selesai, mana yang belum, dan tentunya status dari masing-masing tugas.

 3. Buat akun Paypal

Membuat akun Paypal adalah langkah awal sebelum Anda mengirimkan proposal ke sebuah proyek di website. Akun Paypal ini juga dibutuhkan, terutama, jika Anda berniat untuk menerima proyek dari mana saja di seluruh dunia.

Paypal sendiri merupakan sebuah platform yang memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima uang dari mana saja di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan Paypal karena tidak rumit jika dibandingkan harus transfer melalui bank ke rekening di luar negeri.

 4. Buat dan upgrade terus proposal proyek Anda

Sistem pemberian proyek atau pekerjaan pada freelancer, atau pekerja lepas, didasarkan pada pemilihan proposal yang telah dikirimkan oleh freelancer pada calon kliennya. Sistem ini berlaku jika Anda mencari proyek lewat situs freelance seperti Upwork.com atau Guru.com.

Oleh karena itu, buatlah template proposal yang bisa Anda ubah sesuai keperluan nantinya. Buatlah proposal ini dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia agar Anda bisa lebih fleksibel dalam memilih proyek. Jangan lupa untuk menautkan link portfolio Anda, misalnya blog atau website.

Update proposal Anda sesuai dengan bertambahnya portfolio atau perubahan harga dari jasa Anda. Jangan lupa juga untuk mengupdate profil Anda agar calon klien bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kemampuan dan kredibiltas Anda.

 5. Kumpulkan portfolio

Bagian ini juga tidak kalah pentingnya. Jangan lupa untuk kumpulkan portfolio Anda baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi, maupun prestasi. Dari sini juga calon klien Anda bisa melihat karakter dari karya yang ditampilkan. Jika sesuai dengan kemauannya, maka proyek pun menjadi milik Anda.

Lebih baik lagi jika semua portfolio Anda ada dalam sebuah blog atau website. Dari sini juga Anda bisa memberikan kesan bahwa Anda merupakan seseorang yang memang memiliki kemampuan dan minat di bidangnya.

 6. Pilih proyek yang bisa dilakukan saat akhir pekan atau waktu luang

Sebagai orang yang memiliki pekerjaan tetap, pekerjaan sampingan sebaiknya tidak memakan banyak waktu. Misalnya, pilih proyek yang tidak terlalu lama jangka waktunya agar bisa diselesaikan dengan cepat.

Proyek yang tidak begitu rumit juga bisa dikerjakan di sela waktu luang atau di saat akhir pekan. Sehingga Anda tidak perlu kelelahan karena harus bekerja dari Senin sampai Minggu tanpa waktu istirahat.

Berminat menghasilkan uang dengan pekerjaan para digital nomad? Anda bisa mulai sekarang untuk menyusun portfolio dan membuat akun. Kemudian yang terpenting, jangan lupa untuk selalu belajar tentang dunia digital agar Anda memahami peluang yang ada di sekitar, dan memperbarui kemampuan Anda.

Cek juga pekerjaan lepas lainnya yang bisa menghasilkan bayaran menjanjikan untuk Anda.

Komentar