Berikut Beberapa Rute Ramai yang Tarif Pesawatnya Sudah Turun

Berikut Beberapa Rute Ramai yang Tarif Pesawatnya Sudah Turun

Seluruh maskapai nasional yang ada dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) telah sepakat untuk menurunkan harga tiket di sejumlah rute. Penurunan harga ini berkisar antara 20% hingga 60%.

Ketua Umum INACA Ari Askhara mengatakan bahwa rute-rute penerbangan yang harga tiketnya sudah turun antara lain Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogjakarta, Jakarta Surabaya, dan Bandung-Denpasar.

“Nantinya akan dilanjutkan dengan rute penerbangan domestik lainnya menyusul keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket dan adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para stakeholder seperti AP1, AP 2, AirNav dan Pertamina,” kata Ari di Jakarta.

Dia juga menegaskan, meskipun maskapai mengalami kesulitan saat ini, pihaknya memahami kebutuhan masyarakat. Terkait dengan penurunan harga tiket, pihaknya juga memastikan akan berkomitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional.

“Jadi nanti (harga tiket) rute-rute penerbangan seperti (dari dan ke) Bangka Belitung serta Aceh akan turun secara bertahap,” tambah Ari.

Dia menjelaskan bahwa penurunan harga tiket dapat dilakukan oleh maskapai dengan adanya penyesuaian struktur biaya layanan penerbangan, khususnya pada aspek biaya pendukung layanan kebandarudaraan dan biaya navigasi. Sehingga maskapai dapat melakukan penyesuaian struktur biaya operasional layanan penerbangan.

“Intinya penurunan tarif ini seluruh maskapai akan tetap dan terus meningkatkan safety. Penurunan yang dilakukan ini bukti kepedulian kami terhadap kebutuhan masyarakat atas accessibility transportasi udara, di tengah kesulitan maskapai nasional yang sudah cukup lama terjadi,” katanya.

Dia mengharapkan komitmen ini dapat membantu meningkatkan perekonomian nasional, mengingat layanan transportasi udara turut memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi.

Terlepas dari itu, dia pun menyarankan agar masyarakat tetap membeli tiket dari jauh hari sebelum hari keberangkatan. Dengan begitu, kata dia, masyarakat bisa mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah dan sesuai kebutuhan.

“Kalau naik lagi berarti itu belinya dekat-dekat hari penerbangan, kalau belinya jauh hari pasti akan mendapatkan harga yang murah. Itu sebetulnya sangat memudahkan hingga masyarakat tidak terbebani,” jelasnya.

 

[Source]

Komentar