Penghasilan 5 Penyanyi Dangdut Ini Mencapai Ratusan Juta Bahkan Miliaran

Penghasilan 5 Penyanyi Dangdut Ini Mencapai Ratusan Juta Bahkan Miliaran

Walaupun sering dijuluki musik kampungan oleh banyak orang, musik dangdut merupakan industri yang meraup keuntungan besar di Indonesia. Bahkan bisa dibilang para musisi dangdut memiliki massa yang lebih banyak daripada mereka yang berkecimpung di genre musik lainnya.

Deretan penyanyi dangdut berikut ini membuktikan bahwa musik dangdut tidak sepi peminat. Apalagi dengan bervariasinya jenis dangdut yang ada saat ini, peminat genre musik ini pun makin bertambah.

Penyelenggara acara yang mengundang mereka pun sudah maklum dengan tarif yang mencapai puluhan, bahkan ratusan juta, rupiah. Selain itu, mereka juga mendapat honor lain dari royalti lagu dan endorsement. Ada beberapa penyanyi dangdut yang bisa meraup Rp 1 miliar per bulannya.

Nama-nama di bawah ini pastinya familiar dengan Anda. Yuk, simak berapa honor beberapa penyanyi dangdut ini.

Inul Daratista

inul daratista

Sumber : selebx.com

Inul merupakan penyanyi dangdut yang bisa dibilang sudah senior. Kemampuannya bernyanyi dan menari menjadi daya tarik tersendiri, dan sempat menimbulkan sensasi. Pastinya Anda masih ingat saat goyang bor dianggap terlalu vulgar hingga menimbulkan protes. Namun, seiring berjalannya waktu, makin banyak orang yang menerima gaya pertunjukan Inul.

Untuk soal bayaran, tidak diragukan lagi bahwa Inul merupakan salah satu artis dengan bayaran termahal. Dalam satu kali pertunjukan, dengan set list 10 lagu, bayaran Inul berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 300 juta tergantung jenis acaranya.

Karena statusnya sebagai penyanyi dangdut senior dengan kemampuan pertunjukan yang tinggi, Inul pun dijadikan juri dalam sebuah kompetisi dangdut D’Academy. Honornya sebagai juri di acara ini mencapai sekitar Rp 100 juta untuk sekali tampil. Jika dalam satu bulan ia tampil sebanyak 15 kali, maka Inul bisa mengantongi Rp 1,5 miliar dari acara ini.

Wanita kelahiran Pasuruan ini juga memiliki beberapa pundi uang lainnya. Sebut saja Inul Vista, sebuah usaha tempat karaoke yang saat ini memiliki 125 cabang yang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Adapun omzet Inul Vista ada di atas Rp 200 juta setiap cabangnya. Dari sini Inul sudah bisa meraup keuntungan sekitar Rp 5 miliar per bulannya.

Tentunya semua keuntungan ini belum ditambah dengan royalti lagu dan jenis usaha lainnya.

Ayu Ting Ting

ayu ting ting

Sumber : bangka.tribunnews.com

Tidak hanya terkenal karena banyak muncul di acara televisi, Ayu Ting Ting juga merupakan penyanyi dangdut dengan bayaran tinggi.

Bayaran Ayu Ting Ting untuk sekali manggung adalah sekitar Rp 50 juta. Jumlah ini kabarnya hampir sama dengan honor Krisdayanti, penyanyi pop senior Indonesia. Tentunya hal ini mencengangkan, karena jika dibanding dengan Krisdayanti, Ayu Ting Ting belum terlalu lama masuk ke industri musik Indonesia. Yaitu mulai dari tahun 2011, dimana namanya mencuat dengan lagu “Alamat Palsu”.

Penghasilan Ayu Ting Ting tentunya tidak hanya dari pertunjukan panggung saja, banyak acara televisi yang menggunakan jasanya baik untuk menyanyi atau sebagai host. Bayaran yang ia dapatkan dari berbagai acara televisi ini pun tidak sedikit. Kisaran tarifnya untuk satu episode adalah antara Rp 5 juta sampai Rp 10 juta. Jika dilihat dari keaktifannya di layar kaca, dalam sehari dia bisa melakukan shooting untuk dua acara. Artinya, penghasilannya dari acara televisi dalam sehari minimal sekitar Rp 20 juta.

Selain dari dunia hiburan, Ayu Ting Ting juga mendapatkan endorsement dari berbagai produk. Hal ini karena kepopulerannya bahkan di sosial media. Jumlah pengikutnya di Instagram sudah mencapai 26,3 juta.

Tarif yang harus dibayar untuk menggunakan akun Ayu Ting Ting sebagai endorsement adalah Rp 9 juta untuk format foto, sedangkan format video tarinya adalah Rp 15 juta. Harga ini tentunya untuk harga sekali posting di akun Instagramnya.

Cita Citata

cita citata

Sumber : kapanlagi.com

Saat ini siapa yang tidak pernah mendengar nama Cita Citata. Penyanyi dangdut kelahiran 1994 ini merupakan salah satu penyanyi dengan bayaran termahal baik off air maupun on air.

Dalam sebuah wawancara, manajer Cita Citata mengungkapkan bahwa bayaran yang dipasang untuk penyanyinya adalah Rp 70 juta sampai Rp 85 juta per pertunjukan. Walaupun angka ini tidak serratus persen masuk ke kantong Cita Citata, namun ia menyatakan bahwa sebagian besar merupakan bagian dari artis. Manajemen akan mengambil 10 sampai 15 persen dari uang yang dibayarkan penyelenggara acara.

Penghasilan Cita Citata tidak hanya dari penampilannya di panggung, ia juga memiliki berbagai jenis usaha yang berkembang. Ketenaran namanya tentu mendorong usaha-usahanya ini.

Usaha yang dijalankan Cita Citata diantaranya adalah usaha kue khas street food di Jakarta, serta kost di area Tasikmalaya.

Via Vallen

via vallen

Sumber : entertainment.kompas.com

Bagi Anda menyukai dangdut koplo pasti tidak asing dengan nama Via Vallen. Via Vallen juga merupakan salah satu penyanyi yang membawakan lagu resmi untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Dangdut koplo sendiri merupakan genre yang menggabungkan antara dangdut dan dance atau house music. Dengan lagu-lagu yang menceritakan keseharian masyarakat kelas menengah ke bawah, ditambah pengarus music Jawa yang kental, tidak heran jika banyak menyukai lagu-lagu Via Vallen.

Bayaran untuk penyanyi ini pun tidak kalah mahal jika dibandingkan dengan penyanyi papan atas lainnya. Seorang talent agent memberikan keterangan bahwa bayaran bersih Via Vallen adalah Rp 60 juta. Angka ini di luar dari kebutuhan lainnya seperti akomodasi dan transportasi saat melakukan tour.

Dari sebuah fanpage pun ditemukan bahwa Via Vallen memiliki 23 jadwal pertunjukan dalam satu bulan. Jika kita berhitung, pendapatan Via dalam sebulan berkisar di angka Rp 1,3 miliar.

Penghasilan Via Vallen juga berasal dari iklan dan endorsement serta usaha kuliner Vallens Cakes. Saat ini Via pun sedang memulai bisnis properti yang menambah penghasilan bulanannya. Ditaksir penghasilan murni dari usaha berkisar di angka Rp 1,5 miliar per bulan.

Nella Karishma

nella kharisma

Sumber : radioidolafm.com

Satu lagi penyanyi dangdut yang mencuat namanya lewat dangdut koplo. Pada dasarnya tidak ada patokan angka yang pasti untuk mengundang Nella Kharisma. Ketentuan tarifnya tergantung dari acara yang diselenggarakan.

Pada tahun 2017, honor Nella untuk satu pertunjukan adalah Rp 25 juta. Angka ini pastinya di luar biaya operasional, transportasi, serta akomodasi artis dan bandnya.

Tahun ini, kisaran untuk bayaran manggung Nella Kharisma adalah antara Rp 40 juta per jam, hingga Rp 70 juta per pertunjukan. Harga yang diminta oleh pihak manajemen Nella Kharisma disesuaikan dengan acara yang diselenggarakan, siapa yang penyelenggaranya, serta tempat acara.

Rasanya fleksibilitas inilah yang menjadikan Nella mendapatkan jadwal pertunjukan hingga 20 kali dalam satu bulan. Selain itu royalti dari beberapa label rekaman juga masuk ke kantongnya. Adapun label rekaman yang terkait dengan Nella Kharisma di antaranya adalah Panca Record dan Samudra Record. Dalam sebulan, Nella bisa mengantongi Rp 1 miliar dari semua honornya.

Fakta-fakta di atas memberikan gambaran jelas bahwa musik dangdut masih diminati banyak masyarakat Indonesia. Dengan adanya kompetisi dangdut tingkat nasional, atau bermunculannya penyanyi-penyanyi baru dari berbagai daerah di Indonesia, tidak menutup kemungkinan akan lahir jutawan dangdut yang baru.

Dalam dunia hiburan YouTube juga berperan penting. Simak bintang YouTube terkaya di Indonesia dengan penghasilan puluhan juta rupiah per bulannya.

Komentar