Perbandingan Layanan Mobile Banking 4 Bank Terbesar Indonesia

Perbandingan Layanan Mobile Banking 4 Bank Terbesar Indonesia

Layanan perbankan menggunakan aplikasi bukan lagi hal yang asing di Indonesia. Apalagi pemilik telepon pintar makin bertambah seiring dengan jangkauan internet yang makin luas.

Semua bank berusaha memberikan layanan yang praktis untuk para penggunanya. Oleh karenanya, pengadaan mobile banking juga merupakan nilai tambah bagi pihak bank itu sendiri.

Kali ini kami akan memberikan perbandingan dari beberapa layanan mobile banking dari empat bank dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) – BRI Mobile

laman aplikasi bri

Sumber : play.google.com

Bisa dikatakan BRI memiliki jaringan yang luas di Indonesia. Banyak orang di kota-kota kecil bahkan pedesaan mempercayakan uangnya untuk disimpan di bank ini. Oleh karenanya, kebutuhan akan mobile banking BRI adalah hal yang dimaklumi.

Fitur dan manfaat aplikasi

Secara fungsi, aplikasi BRI memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan. Di antaranya yaitu, mengecek saldo, mengirim dan menerima uang, serta membayar tagihan dan melakukan belanja online. Nasabah juga bisa mendapatkan informasi mengenai 5 transaksi terakhir.

Selain itu, tergantung dengan kartunya, nasabah bisa melakukan transaksi hingga Rp 1 juta per hari.

Kelemahan

Kalau Anda melihat pada komentar di laman Google Play mereka, memang ada beberapa pengguna yang mengutarakan keluhannya. Kebanyakan keluhan ini berkisar pada masalah teknisnya. Salah satunya adalah keharusan nasabah untuk aktivasi setiap kali ada update pada aplikasi.

Ada juga yang mengeluhkan pengiriman notifikasi SMS yang terlalu banyak. Hal ini karena SMS yang diterima nasabah berbayar.

Bank Mandiri – Mandiri Online

laman aplikasi Mandiri

Sumber : play.google.com

Selain BRI, Bank Mandiri juga memiliki jaringan nasabah yang luas. Selain jangkauan mereka memang cukup luas, Mandiri juga memiliki berbagai fasilitas. Salah satunya yang banyak dipakai adalah Mandiri e-money dan Mandiri E-toll Card.

Fasilitas ini memungkin nasabah untuk berbelanja tanpa tunai, bahkan bisa digunakan di mini market dan super market. Cara belanja seperti ini lebih disukai, terutama orang yang tinggal di kota, karena lebih praktis dan mereka tidak perlu menyiapkan kembalian.

Fitur dan manfaat aplikasi

Bisa dibilang fitur dari aplikasi ini cukup lengkap. Anda hanya perlu satu akun untuk menggunakan layanan mobile banking dan internet banking dari Mandiri.

Adapaun layanan yang ditawarkan adalah, mengirim dan menerima uang, berbelanja online, top up e-money dan e-toll, serta membayar tagihan.

Yang pasti, Mandiri juga memberikan informasi mengenai data transaksi Anda sesuai keinginan nasabah.

Kelemahan

Aplikasi Mandiri memang memiliki tampilan yang bagus. Namun hal ini menyebabkan aplikasi menjadi terlalu berat bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi ram yang rendah.

Kebanyakan keluhan yang dilontarkan bersifat senada, yaitu aplikasi yang terlalu berat sehingga membutuhkan waktu loading yang lama.

Selain itu, adapula fitur yang harus direfresh beberapa kali sebelum memunculkan informasi terbaru.

BCA (Bank Central Asia) – BCA Mobile

laman aplikasi bca

Sumber : play.google.com

Bagi karyawan swasta, menggunakan BCA adalah kewajiban. Hal ini karena jika dibandingkan dengan bank lain, kebanyakan perusahaan memilih BCA sebagai bank untuk melakukan pembayaran gaji karyawannya.

Oleh karena itu, banyak orang yang memang mebutuhkan layanan aplikasi perbankan BCA. Agar mereka bisa memeriksa masuknya gaji, hingga membayar semua tagihan.

Fitur dan manfaat aplikasi

Salah satu fitur yang disukai oleh pengguna mobile banking BCA adalah mereka tidak harus mengisi ulangdata rekening atau tagihan berulang-ulang. Anda cukup mengisi sekali, dan data sudah tersimpan pada aplikasi. Jadi tinggal klik nomor tagihan atau tujuan pembayaran yang diinginkan pada transaksi berikutnya. Fitur ini memudahkan bagi mereka yang harus melakukan transfer atau pembayaran tagihan rutin.

Kelemahan

Pada umumnya aplikasi perbankan BCA nyaman digunakan dan cukup sederhana, sehingga tidak membutuhkan waktu loading yang lama.

Hanya saja karena layanannya yang cukup banyak, dari ulasan pengguna, memang ada banyak kategori yang bisa membingungkan. Selain itu untuk kebutuhan penyimpanan data, Anda harus mendaftarkan nomor rekening tujuan untuk transaksi pertama.

BNI (Bank Negara Indonesia) – BNI Mobile Banking

laman aplikasi bni

Sumber : play.google.com

Bisa dibilang BNI memiliki pengguna yang juga cukup luas. Baik itu yang menjadikan BNI sebagai bank utamanya, atau sebagai bank untuk rekening tambahan.

Oleh karenanya, BNI juga ingin memberikan layanan yang praktis dan mudah digunakan oleh nasabahnya. Adanya layanan mobile banking dari BNI ini dimaksudkan agar para nasabah BNI bisa melakukan berbagai kegiatan perbankan dengan cepat dan mudah.

Fitur dan manfaat aplikasi

BNI menyediakan layanan aplikasi yang memungkinkan nasabah untuk mengecek saldonya serta melakukan transfer ke berbagai bank di mana saja.

Nasabah juga bisa melakukan penjadwalan untuk tagihan-tagihan rutin. Dengan demikian Anda akan terhindar dari biaya penalti.

Kelemahan

Aplikasi BNI memang memiliki fitur yang cukup lengkap, hanya saja tidak semua orang bisa menggunakannya. Nomor yang digunakan nasabah haruslah nomor dari provider yang terdaftar pada sistem BNI.

Selain itu, kelemahan teknis lain seperti error dan keharusan nasabah untuk memasukkan nomor ponsel yang digunakan saat aktivasi ulang.

Dalam setiap aplikasi perbankan memang memiliki kelebihan dan kelemahan. Namun yang terpenting adalah Anda sebaiknya memilih aplikasi mobile banking yang dibutuhkan. Install aplikasi perbankan dari bank utama Anda, atau yang paling sering digunakan layanannya.

Kunjungi juga artikel lainnya mengenai biaya-biaya kartu kredit yang harus Anda ketahui.

Komentar