Perbedaan Mendasar antara Kartu Debit dan Kartu Kredit

perbedaan mendasar antara kartu debit dan kartu kredit

Kartu debit dan kartu kredit menjadi alat pembayaran yang semakin populer, karena dengan keberadaan kedua kartu ini pembayaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa direpotkan dengan uang tunai. Meskipun keduanya bisa digunakan sebagai alat pembayaran, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kartu debit dan kartu kredit. Perbedaan tersebut terangkum dalam penjelasan berikut:

  • Lunas atau kredit

Hal inilah yang menjadi perbedaan paling mendasar antara kartu debit dan kartu kredit. Melakukan pembayaran dengan kartu debit berarti membayar belanja secara lunas (full payment). Jadi besarnya pembayaran terbatas pada besarnya saldo tabungan yang dimiliki atau limit dari kartu debit itu sendiri. Sedangkan pembayaran dengan kartu kredit sesuai namanya bersifat kredit atau pinjaman, yang juga merupakan fungsi utama kartu kredit. Nilai pembelanjaannya tidak berhubungan dengan saldo tabungan yang dimiliki karena sistem pembayarannya adalah cicilan.

  • Proses pengajuan

Kartu debit relatif lebih mudah didapatkan, cukup dengan membuka rekening tabungan di satu bank dan mengajukan pembuatan kartu debit maka dalam hitungan menit kartu sudah ada di tangan (dengan catatan tanpa cetakan nama pada kartu). Dalam pengajuan cara buat kartu kredit, banyak aspek yang akan dinilai oleh bank sebelum permohonan Anda disetujui. Besarnya gaji, jenis pekerjaan, hingga latar belakang kredit akan diselidiki oleh pihak bank. Hal ini wajar saja guna menghindari kerugian pihak bank akibat tagihan yang tak kunjung dibayar.

  • Keamanan

Dalam proses bertransaksi, kartu kredit memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kartu debit, mengapa? Karena dengan kartu debit, jika pihak tak bertanggungjawab menemukan kartu Anda dan mengetahui nomer PIN kartu tersebut, mereka dapat langsung mengosongkan tabungan Anda sekaligus di mesin ATM.

  • Alat pembayaran

Jika Anda termasuk orang yang suka berbelanja online dan berpergian ke luar negeri, kemungkinan besar Anda lebih memilih menggunakan kartu kredit, karena kartu kredit memiliki jaringan internasional yaitu Visa, MasterCard atau Discover yang memungkinkan kartu untuk digunakan di tempat-tempat yang menampilkan logo kartu tersebut. Sedangkan kartu debit, khususnya di Indonesia, memiliki keterbatasan dalam bertransaksi meskipun memiliki jaringan internasional VISA atau MasterCard ataupun jaringan lokal seperti ALTO, PRIMA.

  • Catatan transaksi

Pembelanjaan dengan kartu debit umumnya tidak memberikan rincian pembayaran karena Anda membayar lunas semua pembelanjaan. Hal ini bisa menjadi bumerang bagi orang yang kurang teliti, karena jumlah pembelanjaan dapat melebihi batas saldo tabungan, sehingga harus membayar biaya tambahan.

Pada kartu kredit terdapat rincian dalam pernyataan tagihan bulanan sehingga jika ada pengeluaran yang tak dikenal, Anda dapat langsung melakukan konfirmasi pada pihak bank.

  • Biaya tambahan

Kartu debit biasanya mengenakan biaya administratif bulanan bagi pemegangnya namun jumlah kecil dan tidak ada biaya administrasi setiap menarik uang di ATM bank penerbit kartu. Juga tidak ada biaya tambahan yang dikenakan pada setiap transaksi yang menggunakan kartu debit.

Sedangkan pada kartu kredit, banyak biaya “tersembunyi” yang jika tidak Anda perhatikan secara jeli malah membuat tagihan semakin menumpuk. Biaya ini contohnya adalah biaya administrasi, biaya keterlambatan, biaya transaksi bahkan pelunasan kredit sebelum waktunya. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah setiap pembelanjaan melalui kartu kredit akan dikenai suku bunga tertentu yang jika dibiarkan begitu saja, nominal yang harus dibayarkan untuk bunga kredit saja dapat lebih besar dibandingkan dengan nilai pembelanjaan awal. Anda sebagai pengguna kartu kredit harus waspada akan hal ini.

  • Fasilitas tambahan

Banyaknya fasilitas tambahan yang diberikan pada kartu kredit menjadi faktor plus bagi orang untuk memilikinya. Pemberian poin reward, akses VIP ke berbagai tempat seperti bandara, taman bermain, hingga diskon khusus ketika makan di restoran atau kafe merupakan sebagian kecil kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit. Tentunya setiap bank penerbit kartu kredit memiliki fasilitas tambahan yang berbeda-beda. Berbeda dengan kartu kredit, pemilik kartu debit tidak akan menerima poin reward ataupun layanan istimewa atas kepemilikan kartu.

Jika dilihat dari perbedaan di atas, baik kartu debit maupun kartu kredit memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kartu debit sangat cocok bagi Anda yang tidak suka menumpuk banyak hutang. Sedangkan bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit, pastikan menggunakan kartu dengan bijak dan membuat perencanaan keuangan agar tidak timbul masalah tagihan kartu kredit yang menumpuk.

Komentar