Perusahaan Sekuritas Siap Percepat Proses Transaksi Jual Beli Dan Saham

Perusahaan Sekuritas Siap Percepat Proses Transaksi Jual Beli Dan Saham

Banyak perusahaan sekuritas di Indonesia yang menyatakan diri siap untuk mengubah sistem penyelesaian transaksi jual beli saham di pasar modal menjadi dua hari (T+2), dimana saat ini, proses jual beli memakan waktu 3 hari (T+3).

Kesiapan ini juga diungkapkan oleh Laksono Widodo, Direktur Mandiri Sekuritas, pihaknya telah menyiapkan percepatarn proses transaksi jual beli dan saham menjadi T+2 sejak tahun 2017. Menurutnya, teknologi yang dimiliki perusahaannya juga sudah siap.

Dia juga mengatakan bahwa kesiapan ini bukan dari pihak perusahaan saja, melainkan juga harus dari segi otoritas, yaitu pihak Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI).

“Karena ini kan suatu mata rantai, jadi tergantung yang lain juga,” lanjut Laksono.

Pihak MNC Sekuritas juga sudah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti rencana perbahan transaksi jual beli saham ini. Mereka juga menunggu kesiapan dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Karena kan sistemnya harus dites dulu, dari T3 ke T2. Lalu harus menunggu persiapan bank juga,” ucap Direktur Utama MNC Sekuritas, Susy Meilina.

Di kesempatan lain, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota BEI Alpino Kianjaya mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu kesiapan dari peruhaan sekuritas untuk mengubah sistem penyelesaian transaksi jual beli dan saham menjadi T+2.

“Kami sudah clear, tinggal menunggu vendor saja. Perusahaan sekuritas kan menggunakan vendor jadi mereka harus siapkan dulu perubahan,” ungkap Alpino.

 

[Source]

Komentar